Begini lho Evolusi Botol Coca Cola dari Awal hingga Sekarang

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 15 April 2020 17:20
Begini lho Evolusi Botol Coca Cola dari Awal hingga Sekarang
Udah pernah nyobain yang mana aja nih?

Siapa sih yang nggak kenal dengan minuman Coca Cola? Minumah ringan dengan sensasi soda dan rasa kola ini menjadi yang terlaris di sejagad dunia. Tapi, tahukah kamu bentuk awal dari botol Coca Cola itu gimana?

Nah, kali ini, diadona.id akan mengulas tentang evolusi botol Coca Cola dari waktu ke waktu. Seperti apa ya bentuknya? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Pada tahun 1894 adalah awal dari pemilik toko Joseph A. Biedenharn di Mississippi untuk memulai usaha Coca-Cola Bottling setelah terkesan dengan penjualannya. Dia menjual minuman kepada pelanggannya dalam botol kaca yang biasa disebut Hutchinson.

Botol Hutchinson Coca Cola © Diadona

2 dari 5 halaman

Kemudian pada 1916 mereka khawatir bahwa botol lurus sisi tidak cukup berbeda dengan produk lain. Akhirnya mereka kemudian mendatangi produsen kaca dengan desain yang unik untuk botol Coca-Cola. Perusahan The Root Glass dari Terre Haute, Indiana merancang bentuk kontur yang terkenal. Akhirnya botol ini diperkenalkan pada tahun 1916.

Botol Kontur Coca Cola © Diadona

3 dari 5 halaman

Kemudian, Coca-Cola kemasan 6 botol diperkenalkan untuk mendorong orang membawa pulang minuman mereka dan sukses besar. Untuk pertama kalinya di tahun 1928, penjualan Botol Coca Cola melebihi jumlah penjualan melalui curah.

Botol Coca-Cola berbentuk kontur adalah produk komersial pertama yang tampil di sampul majalah Time pada tahun 1950. Di tahun ini juga, iklan TV pertama yang menampilkan kontur botol Coca-Cola muncul dalam acara BS The Edgar Bergen Charlie McCarthy Show.

4 dari 5 halaman

Untuk pertama kalinya, pada tahun 1955 orang membeli Coca Cola dalam botol yang berbeda ukuran. Sebelumnya botol kontur dengan isi 6,5 ons, kemudian toko mulai menjual dalam kemasan lebih besar versi 10, 12, dan 26 ons.

Baru pada tahun 1960, Botol kontur dengan tulisan Coca-Cola menerima hak paten merek dagang pertama dari US Patent dan Trademark Office.

Botol Coca Cola © Diadona

5 dari 5 halaman

Evolusi Botol Coca Cola © Diadona

Pada tahun 1978, Coca Cola memperkenalkan botol PET dua liter plastik. Ini menjadi populer karena tidak bisa pecah, bisa ditutup lagi, dan bisa didaur ulang.

Setelah lama, baru pada tahun 2000, diperkenalkan botol Coca-Cola kontur ultra kaca yang dirancang untuk lebih kuat, mengurangi berat dan biaya. Botol ini bahkan 40 persen lebih kuat dan lebih ringan dari pada botol Coca Cola kontur biasa.

 

Bottle Plant Coca Cola © Diadona

Setelah itu, pada tahun 2009, sebuah inovasi baru diluncurkan bernama The PlantBottle. Wadah ini bisa didaur ulang karena 30 persen terbuat dari bahan tanaman termasuk ekstrak tebu. Bahkan, pada tahun 2011, PlantBottle tersedia dalam 9 negara dan terus berkembang hingga saat ini.

Gimana? Udah pernah nyobain yang mana aja nih?

Beri Komentar