5 Resep Mudah Cara Membuat Sambal Tomat Mentah dengan Teri, Terasi, dan Bawang yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 15 April 2020 01:36
5 Resep Mudah Cara Membuat Sambal Tomat Mentah dengan Teri, Terasi, dan Bawang yang Enak
Makan nasi putih hangat dengan lalpan akan sangat nikmat dengan sajian sambal tomat sederhana. Apalagi rasa pedasnya bikin nempol di lidah. Yuk, coba resepnya di bawah ini.

Sambal merupakan salah sati istilah untuk mengartikan saus pedas kuliner Indonesia. Secara umum, sambal berbahan utama cabai yang dihaluskan sehingga muncul sari cabe. Selain itu, untuk menambahn cita rasa sedap, diberi bahan seperti garam dan terasi.

Nah, sambal ini sendiri merupakan salah satu unsur hidangan khas Indonesia. Banyak sekali jenis sambal dan memiliki perbedaan di setiap daerah Nusantara seperti sambal mata, bawang, terasi, bajak, tomat, dan lain sebagainya.

Kali ini Diadona akan mengulas resep mudah cara membuat sambal tomat mentah dengan teri, terasi, dan bawang yang enak. Dijamin kamu pasti akan suka dengan sensasi pedas serta sedap nikmatnya. Cocok banget dinikmatidengan sepiring nasi hangat serta lalapan atau kulupan bayam dan tempe. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sambal tomat sederhana ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Sambal Tomat Mentah

Ilustrasi Sambal Tomat Mentah © Diadona

Olahan sambal tomat pertama yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah adalah sambal tomat mentah. Nggak perlu khawatir, rasanya juga nggak kalah enak dengan sambal tomat matang, kok. Cara membuat sambal tomat mentah ini sangatlah praktis. Cocok banget untuk kamu yang sedang buru-buru, apalagi dikejar dengan rutinitas tinggi dan padat. Yuk langsung saja simak resep mudah cara membuat sambal tomat mentah berikut ini.

Bahan:
- 10 cabai rawit
- 4 tomat kecil
- 4 bawang merah
- 1/2 sdt garam
- 1-2 cm terasi bakar

Cara membuat sambal tomat mentah:

1. Haluskan semua bahan di atas cobek hinga halus, koreksi rasa. Kamu juga bisa menambahkan penyedap rasa sesuai selera.

2. Sajikan dengan bahan lauk atau kulupan seperti bayam, tempe goreng. Selamat menikmati.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Sambal Teri Tomat

Ilustrasi Sambal Teri Tomat © Diadona

Sambal tomat akan semakin enak dengan campuran bahan ikan teri. Dijamin kamu pasti akan suka dengan perpaduan sedap, pedas, dan gurihnya ikan teri yang dicampur menjadi satu ini. Yuk, simak saja langsung resep mudah cara membuat sambal teri tomat yang nikmat berikut ini.

Bahan bumbu:
- 100 gram cabe kering
- 150 gram bawang merah
- 80 gram bawang putih
- 2 butir kemiri
- 1 sdt terasi bubuk

Bahan utama:
- 200 gram teri medan
- 4 buah tomat merah
- 50 ml air asam jawa
- 200 ml minyak goreng
- Garam sesuai selera
- 2 sdm gula
- 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat sambal teri tomat:

a. Gunting kecil cabe kering lalu rendam di air panas selama 15 menit, buang bijinya, cuci dan tiriskan. Kupas bahan bawang dan blender bersama cabe hingga halus, sisihkan.

b. Cuci teri sekali saja, goreng teri setengah matang lalu angkat dan tiriskan, tumis bumbu menggunakan minyak bekas menggoreng teri, tumis hingga harum.

c. Blender kasar tomat merah, masukkan ke dalam tumisan bumbu cabe, masukkan juga air asam jawa dan teri, tambahkan garam, gula dan kaldu jamur, test rasa, masak teri hingga minyaknya keluar. Sambal teri tomat siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Sambal Bawang Tomat

Ilustrasi Sambal Bawang Tomat © Diadona

Apakah kamu termasuk pecinta bawang? Jika demikian, maka cocok sekali bagi kamu membuat olahan sambal bawang tomat sederhan ini di rumah. Kamu akan merasakan sensasi makan pedas dengan rasa khas bawang yang sedap. Dijamin kamu bakal nggak berhenti ngunyah. Yuk, langsung saja deh simak langsung resep cara membuat sambal bawang tomat berikut ini.

Bahan:
- 10 buah cabe rawit merah
- 5 buah bawang merah
- 1 buah bawang putih
- 1 buah tomat merah kecil
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula merah

Cara membuat sambal bawang tomat:

a. Goreng tomat, bawang merah, dan bawang putih terlebih dahulu hingga sedikit layu.

b. Masukkan cabe rawit, angkat lalu ulek. Tambahkan garam dan gula. Sambal siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Sambal Tomat Terasi

Ilustrasi Sambal Tomat Terasi © Diadona

Selain menggunakan bahan campuran teri, kamu juga bisa menikmati olahan sambal tomat dengan terasi. Cara membuatnya sangatlah mudah kok. Terasi yang akan digunakan sebelumnya harus kamu bakar dulu, ya. Selengkapnya, simak resep cara membat sambal tomat terasi berikut ini.

Bahan:
- 5 buah cabe Mmrah
- 10 buah cabe rawit
- 3 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 2 buah tomat
- 100 ml minyak goreng

Bumbu pelengkap:
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula pasir
- Secukupnya penyedap rasa
- 1 sdt terasi udang

Cara membuat sambal tomat terasi:

a. Iris kasar semua bahan cabe, bawang putih, bawang merah dan tomat, sisihkan. Panaskan minyak goreng, goreng semua irisan bahan hingga layu, angkat dan tuang dalam cobek

b. Tambahka bumbu pelengkap kemudian uleg hingga halus. Siapkan penggorengan, tuang sambal dan goreng kembali hingga harum.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Sambal Tomat Enak

Ilustrasi Sambal Tomat Enak © Diadona

Jika kamu dalam masa diet, mungkin kamu harus bisa mengontrol asupan makan kamu kali ini jika menggunakan sambal tomat. Yap, olahan sambal tomat enak ini memang sangat cocok sekali dengan menu aneka lalapan. Kamu mungkin akan merasakan ketagihan sehingga nggak akan terasa jika kamu sudah menghabiskan banyak porsi. Apalagi sensasi pedas yang bikin nempol di lidah. Bakal susah deh buat menolak kelezatannya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sambal tomat enak di bawah ini.

Bahan:
- 13 buah cabe rawit
- 7 buah cabe merah besar
- 1 tomat ukuran sedang
- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 sdt terasi
- Secukupnya garam dan gula


Cara membuat sambal tomat enak:

Goreng semua bahan, ulek, koreksi rasa sesuai selera. Sambal tomat enak siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat sambal tomat mentah dengan teri, terasi, dan bawang yang enak. Yuk, jangan mager! Buat saja langsung resep sederhana cara membuat sambal tomat di rumah. Cocok sekali untuk melengkapi hidangan sebagai menu makan keluarga. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Beri Komentar