5 Resep Cara Membuat Coto Makassar Asli untuk Bumbu Sambal dan Kuah yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 16 April 2020 00:57
5 Resep Cara Membuat Coto Makassar Asli untuk Bumbu Sambal dan Kuah yang Enak
Hidangan dengan kuah hangat serta rasa lezat bumbu rempah memang sangat cocok sebagai menu makan keluarga, Moms, yuk coba buat coto Makassar di rumah! Simak resep berikut ini, ya.

Coto Makassar merupakan makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Sajian ini dibuat dari bahan jeroan atau isi perut sapi yang direbus hingga lunak dalam waktu lama. Rebusan jeroan ini kemudian akan diiris dan dibumbui dengan bahan rempah racikan khas dengan aroma yang sedap. 

Dilansir dari Liputan6.com, makanan tradisional coto Makassar ini sudah ada sejak berabad-abad silam. Makanan berkuah coto Makassar bahkan diyakini sudah ada sejak zaman animisme. Masyarakat pada masa itu memanfaatkan kerbau atau sapi yang menjadi hewan persembahan bagi dewa atau arwah leluhur sebagai bahan makanan.

Moms tentunya juga bisa membuat coto Makassar ini di rumah dengan mudah. Rasa kuah dengan bahan rempah yang khas berpadu dengan daging sapi serta jeroannya yang empuk sangat menggugah selera. Yuk, siapkan saja menu makan untuk keluarga dengan sajian berkuah yang lezat ini. Langung saja simak resep cara membuat coto Makasar yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Sambal Coto Makassar

Ilustrasi SambalIlustrasi Sambal © Pinterest.com/Kristygourmetcb

Aneka makanan akan semakin nikmat dengan bahan pelengkap sambal pedas. Moms bisa menyajikan sambal coto Makassar ini di rumah. Yuk langsung saja simak resep mudah cara membuat coto Makassar untuk sambalnya berikut ini.

Bahan:
- 5 siung bawang merah
- 1 sdt gula pasir
- 15 lembar daun jeruk
- 1/4 kg gula merah
- 50 biji cabe rawit
- 30 biji cabe keriting
- 20 buah cabe merah besar
- 5 siung bawang putih
- Masako
- Garam
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat sambal coto Makassar:

a. Iris semua bahan kecuali gula merah, gula pasir, masako, dan garam. Blender hingga halus, tambahkan air putih secukupnya hingga bahan setengah halus.

b. Tumis dengan minyak kira-kira 200 ml. Masukan gula merah, gula pasir, masako, daun jeruk, dan sedikit garam.

c. Masak dengan api kecil, biarkan tumisan sejenak dan aduk hingga matang dan asat. Sambal coto Makassar siap disajikan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Coto Makassar Asli

Ilustrasi Coto Makassar AsliIlustrasi Coto Makassar Asli © Pinterest.com/Berkunjungyuk

Sajain coto Makassar asli yang lezat dengan kuah sedap perpaduan bumbu rempah Indonesia memang nggak bisa ditolak. Moms pasti akan menyukai rasa dan aroma coto Makassar ini. Yuk Moms, buat sendiri sajian lezat keluarga dengan resep cara membuat coto Makassar berikut ini.

Bahan:
Bahan untuk merebus daging:
- 700 gram daging sapi untuk rendang
- Air taji atau air cucian beras
- Daun jeruk
- Daun salam
- 2 batang serai

Bumbu halus:
- 10 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 2 batang serai
- 1 biji pala
- 4 buah kemiri sangrai
- Ketumbar
- Lengkuas geprek
- Jinten
- Merica
- Kacang tanah goreng, ulek
- 2 penyedap rasa sapi

Pelengkap:
- Jeruk nipis
- Sambal
- Bawang goreng
- Daun bawang
- Seledri

Cara membuat coto Makassar asli:

a. Rebus daging sapi menggunakan air tajin. Geprek serai, daun salam, dan daun jeruk. Tunggu hingga empuk. Angkat daging, potong dadu, jangan buang airnya.

b. Tumis bumbu halus dan geprek lengkuas hingga matang dan harum, tambahkan air bekas merebus daging. Masukan kacang tanah yang sudah dulek, beri garam dan penyedap rasa. Tes rasa sesuai selera dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Bumbu Coto Makassar

Ilustrasi Bumbu Coto MakassarIlustrasi Bumbu Coto Makassar © Cookpad.com/@Annaswa

Kelezatan sajian coto Makasar ini tidak terlepas dari bahan bumbu rempah. Moms harus menyiapkan beberapa bumbu ini, ya sebelum berkreasi di dapur. Yuk langsung saja simak resep cara membuat bumbu coto Makassar berikut ini.

Bahan:
- 1 kg daging sapi, potong dadu sesuai selera
- 5 lembar daun jeruk
- Secukupnya air
- Secukupnya kaldu bubuk sapi
- Secukupnya kayu manis
- Secukupnya garam
- 3 lembar daun salam
- Seruas lengkuas, geprek
- 250 gram kacang tanah goreng, haluskan

Bumbu halus:
- 10 siung bawang merah
- 10 siung bawang putih
- Seruas jahe
- 5 butir kemiri
- 7 batang serai
- Seruas lengkuas
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt jintan
- 1 sdt merica
- 1 buah pala

Bahan pelengkap:
- Jeruk nipis
- Sambal
- Daun bawang dan seledri
- Bawang goreng


Cara membuat Bumbu coto Makassar:

a. Cuci bersih daging, rebus dengan air secukupnya hingga matang, angkat dan sisihkan. Sambul menunggu daging direbus, tumis bumbu halus hingga harum dengan minyak secukupnya. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas geprek, dan kayu manis.

b. Masak kembali air rebusan daging hingga mendidih, masukkan bumbu dan kacang halus, biarkan hingga bumbu meresap, masukkan garam dan kaldu bubuk, test rasa sesuai selera dan angkat.

c. Masukkan daging ke dalam wadah mangkok, siram dengan kuah coto, masukkan pelengkap, coto Makassar siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Coto Makassar yang Enak

Ilustrasi Coto Makassar yang EnakIlustrasi Coto Makassar yang Enak © Pinterest.com/Atika

Moms, cara membuat coto Makassar yang enak cukup mudah dipraktikkan sendiri di rumah. Kunci kelezatan dari coto Makassar ini adalah terdapat dalam bumbu rempah yang sedikit banyak ini. Tapi tenang, Moms bisa menemukan bumbu-bumbu tersebut karena banyak dijual di pasar atau warung terdekat. Yuk, berkreasi di dapur dengan resep mudah cara membuat coto Makassar yang enak berikut ini.

Bahan:
- 1/2 ekor ayam
- 2 batang daun bawang
- 2-3 buah jeruk nipis
- 1 liter air
- Secukupnya minyak goreng
- Secukupnya gula pasir dan garam
- 1/2 bulat gula merah
- 3 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk

Bumbu halus:
- 10 butir bawang merah
- 2 butir kemiri, sangrai
- 1 sdt ketumbar, sangrai
- 2 ruas kunyit, bakar
- 5 siung bawang putih

Bumbu halus:
- 5 sdm kacang tanah, goreng

Bahan tambahan lain:
- Tomat
- Sayur kol, iris halus
- Kentang goreng
- Sambal cabe
- Kecap manis
- Jeruk nipis

Cara membuat coto Makassar yang enak:

a. Cuci bersih ayam dan semua bahan, baluri ayam dengan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit, bilas lalu sisihkan. Rebus air, tunggu mendidih, masukkan ayam, masak hingga kaldu ayam keluar.

b. Haluskan bumbu, tambahkan sedikit sereh, haluskan. Haluskan juga kacang goreng. Sisihkan. Panaskan secukupnya minyak, tumis bumbu halus, masukkan bahan sereh, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Masak hingga harum, masukkan kacang, masak hingga mengental. Matikan kompor.

c. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam rebusan air, masak kurang lebih 15 menit agar ayam terasa sedikit berbumbu, lalu tiriskan ayam. Tambahkan irisan daun bawang, gula dan garam, masak hingga air sedikit menyusut, sambil sesekali diaduk, tes rasa.

d. Goreng ayam hingga kuning kecokelatan, angkat, dan tiriskan. Suir suir ayam, tambahkan sayur kol, siram kuah coto, tambahkan tomat, irisan daun bawang dan kentang goreng. Coto Makassar siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kuah Coto Makassar

Ilustrasi Kuah Coto MakassarIlustrasi Kuah Coto Makassar © Checkinjakarta.id

Selain bumbu rempahnya yang sedap, Moms akan merasakan sensasi nikmat kuah coto Makassar ini. Perpaduan kuah yang sedap dengan dagingnya yang gurih dan empuk, cocok sekali sebagai salah satu hidangan utama keluarga. Simak langsung resep cara membuat coto Makassar berikut ini.

Bahan:
- 250 gram daging sapi
- 50 gram kacang tanah
- Sedikit asam jawa
- 2 sdt garam
- 1500 ml air
- 1 sdt gula pasir

Bumbu uleg:
- 1 siung bawang putih kating
- 1 butir kemiri, sangrai
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1 butir bawang merah
- Sedikit jinten

Bumbu rempah:
- 1 batang sereh
- 2 butir cengkeh
- 1 ruas jari lengkuas, geprek
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 batang kecil kayu manis

Pelengkap:
- Lontong
- Daun bawang
- Kecap manis
- Bawang goreng
- Jeruk nipis
- Sambal

Bahan sambal:
- 20 butir cabe rawit
- 1 siung bawang putih kating
- 2 butir bawang merah
- 1 buah tomat
- 1 butir kemiri
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 sdt garam

Cara membuat kuah coto Makassar:

a. Rebus daging dengan air secukupnya hingga keluar lemaknya. Buang air dan bilas. Rebus lagi dengan 1500 ml air hingga empuk, tambahkan sedikit asam jawa.

b. Ulek bumbu, bagian sereh yang putih di uleg supaya lebih sedap. Sangrai kacang tanah lalu blender dengan air secukupnya.

c. Tumis bumbu, sisa bagian sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum. Tambahkan sedikit air rebusan daging lalu tuang ke dalam air rebusan daging. Tambahkan garam, gula dan royco. Angkat daging lalu potong kecil sesuai selera.

d. Tambahkan kacang yang sudah diblender ke dalam air rebusan daging. Tambahkan kayu manis dan cengkeh, masak sebentar, test rasa sesaui selera, lalu angkat.

e. Buat sambalnya dengan cara rebus bahan sambal hingga empuk lalu ulek/blender. Tumis dengan minyak hingga harum, tambahkan garam dan gula, angkat.

f. Sajikan, dalam mangkok masukkan lontong, potongan daging, bawang goreng, daun bawang dan kecap manis. Tuang kuah secukupnya. Sajikan dengan sambal dan jeruk nipis.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat coto Makssar di rumah. Moms, kini sudah nggak bingung lagi ya untuk menyiapkan makanan lezat keluarga. Moms tinggal persiapkan bahan-bahan dari resep mudah cara membuat coto Makaasar ini, dan siap untuk mempraktikkannya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar