Beda Jenis Tepung Terigu Beda Juga Kegunaanya Lho, Jangan Sampai Salah Ya!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 3 Juni 2020 16:20
Beda Jenis Tepung Terigu Beda Juga Kegunaanya Lho, Jangan Sampai Salah Ya!
Ada 3 jenis tepung terigu yang ternyata punya fungsi yang berbeda-beda.

Tepung terigu adalah bahan masakan yang sering kita temui di dalam dapur. Tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat kue ataupun makanan lainnya.

Namun, biasanya kita akan melihat ada tepung terigu dengan kemasan dan nama yang berbeda. Seperti contohnya adalah tepung terigu kunci biru, ada juga tepung terigu segitiga biru, dan tepung terigu Cakra Kembat. Ternyata, ini punya fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda juga, lho.

Dari beberapa jenis tepung terigu, mungkin akan cukup sulit untuk membedakannya. Tapi hal ini sangat penting terutama bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue, moms. Kalau kamu salah tepung terigu, akan memengaruhi hasil kuenya. Terus apa aja sih perbedaanya dan kegunaanya untuk memasak? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ulasannya!

1 dari 4 halaman

Tepung Terigu Kunci Biru

Kunci Biru © Diadona

Tepung Terigu Kunci Biru adalah tepung terigu dengan protein yang rendah. Tepung terigu dengan kandungan protein di bawah 10% ini akan lebih cocok bila digunakan untuk jenis makanan yang nggak perlu memiliki tekstur kenyal dan elastis.

Hal ini dikarenakan, tepung terigu rendah protein akan memberikan tekstur renyah pada makanan. Kandungan protein yang rendah dan glutennya yang sedikit membuat masakan yang dihasilkan tepung ini akan garing, rapuh dan mudah patah.

Tepung terigu kunci biru biasanya digunakan untuk kue-kue kering seperti cookies, biskuit, dan kue-kue kering lainnya.

2 dari 4 halaman

Tepung Terigu Segitiga Biru

Segitiga Biru © Diadona

Tepung terigu ini memiliki kandungan protein sedang antara 11-13%. Karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi dibandingkan tepung Kunci, maka tepung Segitiga Biru ini juga memiliki lebih banyak kandungan gluten di dalamnya.

Tepung Terigu Segitiga Biru juga banyak dikenal sebagai tepung serbaguna. Ya, sesuai namanya memang tepung terigu ini bisa dipakai untuk dipadukan dengan jenis makanan apa aja. Karena kandungan proteinnya yang sedang, membuat teksturnya nggak terlalu lengket ataupun kering.

Tepung ini banyak digunakan untuk melapisi berbagai gorengan seperti tempe goreng dan pisang goreng. Selain itu, tepung ini cocok digunakan untuk membuat cake, waffle, pancake, martabak, dan berbagai kue basah lainnya.

Namun, beberapa resep kue kering juga tergadang menggunakan tepung terigu jenis ini sebagai campurannya. Kue kering yang menggunakan tepung segitiga biru adalah nastar dan kastengel. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat struktur adonan kue yang lebih kokoh saat sudah matang.

3 dari 4 halaman

Tepung Terigu Cakra Kembar

Cakra Kembar © Diadona

Jenis tepung terigu ini adalah yang kandungan proteinnya paling tinggi yaitu sekitar 14-16%. Dengan kandungan protein yang lebih banyak, glutennya pun juga sangat tinggi.

Kandungan gluten yang tinggi membuat adonan yang dihasilkan dari tepung Cakra Kembar menjadi lebih kenyal dan elastis. Tepung Terigu Cakra Kembar biasa digunakan untuk membuat adonan mie. Selain membuat mie, biasanya tepung Cakra Kembar juga digunakan untuk membuat jenis roti seperti donat, kue sus, roti manis, roti tawar, maupun roti untuk membuat burger, dan juga makanan yang butuh tekstur kenyal lainnya.

Beri Komentar