Takut Kandungan Nutrisi Hilang, Ini lho Tips Memasak Brokoli Agar Tetap Segar

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 1 Desember 2020 14:41
Takut Kandungan Nutrisi Hilang, Ini lho Tips Memasak Brokoli Agar Tetap Segar
Brokoli adalah salah satu sayuran yang kandunganya mudah terurai ketika terkena suhu panas.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Selain banyak mengandung nutrisi dan vitamin, Brokoli juga memiliki rasa yang sangat enak dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Karena rasanya yang enak ini, sayur brokoli termasuk sayuran yang bisa diolah dengan berbagai cara memasak. Seperti menumis, merebus, menggoreng, memanggang dan lain sebagainya. Seperti sayuran lainnya, sebagian nutrisi dalam sayuran akan hilang ketika dimasak atau terkena suhu panas. Dan, jika tak dimasak dalam suhu yang tepat, maka brokoli justru akan kehilangan banyak nutrisi.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memasak brokoli? Nah, kali ini, diadona.id akan memberikan tips bagaimana memasak brokoli dengan cara yang tepat. Apa saja itu? Yuk kita simak.

1 dari 3 halaman

Menumis

Ilustrasi Brokoli © Diadona

Menumis adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah brokoli. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah cara menumis. Mengutip dari klikdokter, kuncinya adalah hindari brokoli mengalami over-cook atau terlalu matang. Tumis brokoli kurang lebih selama 5 menit saja.

2 dari 3 halaman

Memanggang dengan Microwave

Ilustrasi Brokoli © Diadona

Memasak brokoli menggunakan microwave adalah cara yang paling mudah. Namun, kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi dan tekstur yang masih segar jika memanggangnya tak lebih dari 3 menit. Penelitian yang dilakukan Thornalley dan Song, memasak brokoli menggunakan microwave selama 3 menit atau kurang tak akan mengakibatkan kandungan glucosinolates pada brokoli menjadi berkurang secara signifikan.

3 dari 3 halaman

Mengukus

Ilustrasi Brokoli © Diadona

Mengukus adalah cara yang paling direkomendasikan untuk mengolah Brokoli. Selain cepat, mengukus dapat mempertahankan warna dan tekstur dari brokoli. Melansir dari Journal of Food Additive & Contaminants, mengukus brokoli akan menignkatkan kadar glucosinolates, peningkatan kadar senyawa antioksidan dan beta karoten,serta lutein, alpha dan gamma-tocopherol.

Dengan kata lain, mengukus adalah cara yang paling baik untuk memasak brokoli. Mengukus brokoli menjadi cara terbaik untuk tetap menjaga kandungan vitamin C dibandingkan dengan metode memasak lain. Melansir dari Huffington Post, mengukus brokoli juga bisa membuat rasa dan teksturnya tetap terjaga dan ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Beri Komentar