13 Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bau, Bisa Empuk Maksimal Secara Mudah!

Reporter : Nasa
Rabu, 31 Agustus 2022 18:57
13 Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bau, Bisa Empuk Maksimal Secara Mudah!
Cara memasak jengkol agar tidak bau bisa kamu lakukan dengan sederet tips berikut ini..

Jengkol adalah bahan makanan khas Indonesia yang dikenal lezat namun memiliki bau khas. Banyak kandungan nutrisi yang ada dalam jengkol yang mampu memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, jengkol adalah tanaman dari kelas fabaceae atau polong-polongan yang sudah lama ditanam di kebun atau lahan rumah masyarakat Indonesia.

Kandungan gizi dan nutrisi baik yang terdapat pada jengkol sangatlah beragam. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkoid, minyak arsiri, steroid, gilkosida, tannin, dan saponin.

Jengkol dapat diolah menjadi makanan yang dimasak dengan berbagai bahan bumbu rempah, seperti halnya semur, rendang, gulai, sampai dengan dijadikan sebagai keripik. Namun, terdapat tips atau cara tersendiri untuk mengurangi aroma khas dari jengkol.

Ini dia deretan tips memasak jengkol agar tidak bau dan bisa empuk maksimal secara mudah:

1 dari 6 halaman

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bau © Diadona

Deretan tips untuk mengurangi bau khas atau menyengat pada jengkol bisa kamu mulai saat membeli jengkol yang tepat. Kemudian lanjut dengan proses pembersihan yang tepat juga, sampai dengan penggunaan bahan bumbu campuran yang tepat.

1. Pilih jengkol dengan benar

Yang paling pertama dan utama, kamu harus memilih jengkol dengan benar. Kamu bisa memilih jenis jengkol sesuai selera. Apabila kamu senang dengan jengkol yang agak pahit dan umum dipakai untuk lalapan silahkan gunakan jengkol muda.

Jika kamu senang dengan tekstur jengkol yang lembut maka pilihlah jengkol tua. Hindari jengkol berlubang sebab itu pertanda bahwa jengkol sudah busuk.

2. Kupas kulit jengkol

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk membuat jengkol empuk dan tidak bau yaitu dengan mengupas kulit jengkol terlebih dahulu sebelum direndam dan dimasak. Hal itu dilakukan supaya jengkol menjadi bersih serta menghilangkan rasa pahit.

2 dari 6 halaman

3. Cuci jengkol dengan air beras

Cara yang ketiga sebelum memasaknya ada baiknya jengkol direndam menggunakan air beras. Hal itu dilakukan supaya bau jengkol dapat menghilang dan jengkol menjadi bersih.

4. Rendam jengkol semalaman

Setelah dicuci barulah kamu rendam jengkol tanpa campuran apapun. Gunakan air biasa untuk merendam jengkol dan lakukan semalaman. Tidak hanya direndam saja, sebaiknya mengganti air rendaman jengkol tersebut beberapa kali.

3 dari 6 halaman

5. Rebus jengkol

Setelah dicuci dan direndam semalaman, barulah kamu merebus jengkol tersebut tanpa menggunakan campuran apapun. Hal ini dilakukan supaya membuat tekstur jengkol menjadi lembut dan empuk. Rebuslah kurang lebih 10-15 menit.

6. Goreng jengkol

Tidak hanya direbus saja, jengkol juga perlu digoreng. Saat menggoreng pastikan jengkol tidak boleh sampai gosong. Patokannya yakni goreng sampai minyak tersebut abis meresap ke dalam jengkol.

4 dari 6 halaman

7. Rebus jengkol pakai kopi

Sebelum dimasak dan ditaburi bumbu ada baiknya kamu rebus jengkol menggunakan kopi bubuk. Hal ini dilakukan untuk tujuan mengurangi bau jengkol. Rebus menggunakan kopi dan tunggulah dalam waktu satu jam dengan menggunakan api kecil.

8. Rebus jengkol menggunakan daun jambu biji

Tidak hanya dengan kopi saja, jengkol juga dapat direbus menggunakan daun jambu biji. Tujuannya sama, yaitu untuk mengurangi bau aroma menyengat jengkol yang tidak enak tersebut.

5 dari 6 halaman

9. Geprek jengkol

Selanjutnya, barulah kamu bisa geprek jengkol hingga gepeng. Cara ini bertujuan supaya jengkol dapat menyerap bumbu secara maksimal nantinya.

10. Masak jengkol dengan bumbu

Setelah jengkol digeprek, Celeb Hitz bisa membumbui jengkol tersebut. Gunakan resep bumbu terbaikmu supaya jengkol dapat dikonsumsi dengan nikmat.

6 dari 6 halaman

11. Masak gunakan api kecil

Setelah sudah dibumbui dengan merata barulah kamu bisa memasak jengkol tersebut. Baiknya masak dengan menggunakan api kecil. Hal ini bertujuan untuk dapat memasak lebih lama supaya jengkol dapat berbumbui serta meresap lebih kuat.

12. Tambahkan air saat menumis jengkol

Dalam memasak jengkol ada baiknya kamu tuang dan tambahkan air saat hendak menumisnya. Sebab cara ini dilakukan supaya bumbu dapat merasap sempurna serta tekstur jengkol menjadi lebih empuk.

13. Tambah bawang putih atau jahe

Dalam memasak jengkol ada baiknya kamu gunakan bumbu tambahan berupa bawang putih maupun jahe. Aroma kuat dari bumbu tambahan tersebut digunakan untuk melawan bau jengkol yang semerbak.

Nah itu dia deretan tips memasak jengkol agar tidak bau yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semakin banyak poin tips yang kamu lakukan, maka semakin besar kemungkinan bau menyengat pada jengkol akan hilang. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar