10 Manfaat Beras Kencur dari Masker hingga Jamunya untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan

Reporter : Sofi
Jumat, 7 Februari 2020 14:44
10 Manfaat Beras Kencur dari Masker hingga Jamunya untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan
Apakah kamu sering meminum jamu beras kencur? Atau sudah tahukah kamu manfaat masker beras kencur? Berikut manfaat beras kencur yang harus kamu ketahui.

Cita rasanya yang manis dan memberikan kesegaran ini membuat anak-anak juga bisa mengonsumsinya. Bahan utama untuk membuat jamu beras kencur adalah beras dan kencur. Kombinasi dari kedua bahan alami ini mengandung vitamin B yang bisa merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar.

Bahan lain yang digunakan sebagai campurannya adalah gula merah atau gula kelapa dan asam jawa. Menggunakan bahan utama kencur, maka banyak manfaat pada racikan jamu beras kencur ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat beras kencur yang bagus untuk tubuh, dan kecantikan kulit.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jamu Beras Kencur

Cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan manfaat beras kencur adalah dengan meminum racikan atau biasa dikenal dengan jamu dari beras kencur ini. Berikut adalah manfaat jamu beras kencur yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Beras KencurIlustrasi Beras Kencur © 2020 https://stephealthylife.wordpress.com/

Mencegah kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat antikanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Maka dari itu, manfaat beras kencur ini bisa untuk mencegah kanker.

Menyembuhkan diare

Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawab untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Manfaat beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Mengobati infeksi

Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

Menyembuhkan sariawan

Kencur sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat antibakterinya dapat meringankan sariawan. Manfaat beras kencur lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

Mengatasi flu

Manfaat beras kencur selanjutnya dapat menyembuhkan flu. Manfaat beras kencur ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini. Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

Menambah nafsu makan

Manfaat beras kencur yang sangat terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat beras kencur ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Beras Kencur

Tidak hanya dikonsumsi, manfaat beras kencur ini juga bisa digunakan dengan menggunakannya masker. Berikut manfaat beras kencur untuk kecantikan.

Ilustrasi Masker WajahIlustrasi Masker Wajah © 2019 https://www.diadona.id

Mengencangkan kulit

Setiap orang mendambakan kulit wajah yang tidak hanya putih dan mulus, tetapi juga kencang. Ketiganya merupakan satu paket yang tak terpisahkan untuk wajah terlihat cantik dan menawan. Jika kamu mengalami masalah kulit kurang kencang, cobalah untuk membuat ramuan masker wajah dengan beras kencur.

Caranya, dengan merendam beras semalaman, haluskan beras dengan cara menumbuknya hingga lembut, jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu parut kencur hingga lembut, campurkan parutan kencur dengan bubuk beras yang telah kering tadi, balurkan masker ke seluruh wajah selama 30 menit, bersihkan masker dengan tisu, bilas dengan air hingga bekas masker tidak tersisa. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuasakan.

Menghilangkan jerawat

Manfaat beras kencur yang digunakan masker ini juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Jerawat memang merupakan hal paling menyebalkan. Untuk memastikan jerawat pergi dari wajah, cara yang paling aman yaitu dengan menggunakan masker beras kencur. Kamu bisa menerapkannya sendiri di rumah baik sebagai obat jerawat maupun sebagai pencegah timbulnya jerawat baru.

Melakukan perawatan ini secara rutin, otomatis jerawat akan kempis dengan sendirinya dalam waktu yang singkat. Jika kamu khawatir terganggu noda bekas jerawat, jangan beralih dari penggunaan masker beras kencur dimana jerawat dan noda bekas jerawat hilang dalam satu langkah.

Memutihkan wajah

Tidak semua orang memiliki wajah yang putih, tetapi kamu bisa kok membuat kulit wajah putih dengan bahan alami. Ternyata manfaat beras kencur merupakan pemutih yang kamu cari karena bahan-bahan tersebut sangat akrab dengan lingkungan kita. Pemutih wajah yang satu ini memiliki kombinasi kandungan yang dapat memutihkan wajah. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot pergi membeli produk pemutih wajah sebagaimana banyak beredar di iklan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Beras Kencur untuk Kesuburan

Ilustrasi Nyeri HaidIlustrasi Nyeri Haid © https://merdeka.com/

Mengalami menstruasi setiap bulan merupakan hal biasa yang terjadi pada wanita. Tapi terkadang, ada maslaah yang terjadi pada wanita yaitu terjadi penggumpalan di dinding rahim yang menyebabkan tidak lancarnya haid tersebut. Dengan menggunakan manfaat beras kencur akan sangat efektif melancarkan haid.

Sama seperti minum jamu kunyit, ramuan beras kencur ini kerap dibuat jamu khusus buat perempuan. Efeknya sangat baik untuk membantu meluruhkan darah di dinding rahim sehingga tidak menimbulkan penggumpalan.

Jadi, apakah kamu suka meminum jamu? Jamu apa yang kamu suka? Beri jawabanmu di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar