6 Perbedaan Antara Mentega dan Margarin, Ternyata Masih Banyak yang Keliru nih!

Reporter : Nasa
Rabu, 9 September 2020 11:16
6 Perbedaan Antara Mentega dan Margarin, Ternyata Masih Banyak yang Keliru nih!
Padahal manfaat dan fungsinya beda juga

Siapa nih yang samapai sekarang masih belum bisa bedain mana mentega mana margarin? Wahh kalau belum bisa bedain, jangan coba-coba bikin roti atau kue dulu deh. Soalnya kemungkinan besar kue atau roti yang kamu buat bakalan gak maksimal jadinya.

Nah, biar kamu bisa bikin roti atau kue dengan sukses, mending pelajari dulu ya perbedaan antara mentega dan margarin. Sekilas sih bentuknya serupa. Tapi ternyata banyak sekali perbedaan dan fungsinya. Ini dia 6 perbedaan antara mentega dan margarin :

1 dari 6 halaman

1. Nama

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Banyak yang masih belum tahu, kalau mentega dan margarin bukanlah nama sinonim. Mentega kalau dalam bahas Inggris disebut dengan butter, sedang margarin dalam bahasa Inggris adalah margarine. Jadi mentega adalah butter, dan margarin sama dengan margarine.

2 dari 6 halaman

2. Bahan Pembuatan

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Jika mentega terbuat dari lemak hewani, margarin justru terbuat dari lemak nabati. Lemak hewani mentega biasanya berasal dari susu sapi atau susu dari hewan lain. Sedang mentega beradal dari lemak nabati, yakni dari minyak tumbuh-tumbuhan.

3 dari 6 halaman

3. Tekstur

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Kalau mentega teksturnya lebih mudah meleleh, sedang margarin justru cenderung lebih padat. Mentega mudah meleleh pada suhu di bawah 30 derajat Celcius. Makanya kalau mentega lebih baik disimpan di dalam kulkas.

4 dari 6 halaman

4. Kandungan Lemak Jenuh

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Mentega yang berasal dari lemak hewani memang dikenal dengan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Sedang margarin yang berasal dari lemak nabati miliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang jauh lebih rendah.

5 dari 6 halaman

5. Tipikal Fisik

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Mentega disebut lebih harum ketimbang margarin. Sedang warna mentega justru lebih pucat, dan warna margarin lebih terang. Lalu mentega disebut mengandung lebih banyak air, sedang margarin kandungannya air lebih rendah.

Margarin juga miliki daya emulsi yang lebih baik yang bisa membuat kue jadi lebih lembut dan tak mudah hancur saat disentuh.

6 dari 6 halaman

6. Fungsi

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Sebenarnya baik mentega maupun margarrin memiliki fungsi yang sama. Namun mentega biasnaya lebih sering digunakan untuk campuran kue, karen tekstur dan aromanya yang lebih pas ketimbang margarin.

Kalau margarin biasanya digunakan sebagai pengganti minyak untuk menumis atau juga untuk olesan roti. Nah itu dia 6 perbedaan antara mentega dan margarin yang wajib kamu ketahui. Jangan sampai keliru lagi ya.

Beri Komentar