Berawal dari Kecelakaan, Ternyata Begini Asal Mula Keju Mozarella

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 7 September 2020 15:20
Berawal dari Kecelakaan, Ternyata Begini Asal Mula Keju Mozarella
Keju Mozarella punya tekstur yang lebih kenyal dan lembut daripada keju cheddar.

Keju menjadi makanan yang udah nggak asing lagi. Punya rasa asin dan gurih, keju memang udah banyak digunakan sebagai berbagai olahan makanan baik makanan berat sampai makanan ringan.

Keju juga punya berbagai macam jenis. Ada Cheddar dan ada juga keju Mozarella. Keju Mozarella merupakan salah satu keju yang cukup unik. Selain testurnya yang lebih kenyal, Keju Mozarella juga punya keunikan yakni bisa melar ketika terkena panas.

Nggak heran kalau keju Mozarella juga sering menjadi bahan pelengkap makanan seperti pizza dan lain-lain. Bahkan ada pula makanan khas Indonesia yang dipadukan dengan keju Mozarella. Seperti ayam geprek Mozarella sampai Sate Taichan Mozarella.

Nah, kenapa sih keju Mozarella bisa melar seperti itu? Bagaimana asal mulanya? Nah kali ini, diadona.id akan membahas tentang asal mula Keju Mozarella. Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Sejarah

Ilustrasi Keju Mozarella © Diadona

Ternyata, Keju Mozarella pertama kali dibuat pada abad ke-12 di kota Naples, Italia. Kota Naples di zaman itu memang terkenal banyak peternakan kerbaunya. Banyak warga kota Naples yang menggunakan susu kerbau sebagai bahan pembuatan keju Mozarella.

Warga Naples pun ternyata juga nggak sengaja membuat Mozarella ini. Ada salah satu pekerja di pabrik pembuatan keju yang secara nggak sengaja menumpahkan susu kerbau ke dalam ember berisi air panas.

Dari sinilah kemudian terciptalah keju dengan tekstur yang lembut dan melar saat dipanaskan.

Nama Mozarella juga diambil dari kata 'moze' yang berarti memotong. Sedangkan 'rella' memiliki arti alang-alang. Hal ini karena dalam proses pembuatannya keju mozarella ini dibuat dari susu yang difermentasikan dan dipotong berbentuk bulat menggunakan alang-alang.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Pizza © Diadona

Keju Mozarella dulunya memang menggunakan susu kerbau. namun, karena susu kerbau lebih mahal, para peternak mulai menggunakan susu sapi untuk bahan baku keju Mozarella.

Namun, keju Mozarella dari susu sapi memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Dalam satu ons keju mozarella mengandung 183 miligram kalsium. Nggak heran kalau keju Mozarella hingga saat ini juga masih punya harga selangit.

Nah, udah tahu kan sejarah singkat dari keju mozarella ini. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar