5 Resep Cara Membuat Popcorn Caramel Manis dan Asin Aneka Rasa ala Bioskop

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 30 Januari 2020 19:56
5 Resep Cara Membuat Popcorn Caramel Manis dan Asin Aneka Rasa ala Bioskop
Popcorn merupakan olahan jagung dengan aroma manis, gurih dan tekstur renyah menyatu ketika dinikmati sambil menonton film. Simak resep cara membuatnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak tahu camilan khas beraroma sedap dengan rasa manis, gurih dan bertekstur renyah yang biasanya dinikmati saat menonton film? Yap, popcorn identik dimakan dengan minuman cola yang menyegarkan saat kamu asyik di bioskop. Apakah kamu termasuk penggemar camilan satu ini?

Tahu nggak sih, ternyata popcorn merupakan makanan ringan yang sudah dikenal masyarakat sejak sangat lama. Dilansir dari Fimela, pada abad 16 popcorn tak hanya digunakan sebagai makanan. Suku Aztec turut memanfaatkan popcorn sebagai hiasan baju, kalung, dan rambut. Wah, lucu juga ya? Bagaimana jika hal itu berlaku hingga saat ini, terbayang pasti badan kita akan didatangi semut.

Kembali lagi pada olahan popcorn yang menjadi andalan camilan di bioskop. Kamu nggak perlu melulu menonton di bioskop. Kamu juga bisa menonton film di rumah dan menikmati camilan popcorn dengan membuatnya sediri. Tenang, cara membuat popcorn nggak ribet kok. Penasaran bagaimana cara membuat popcorn sederhana di rumah? Yuk, langsung saja simak resep cara membuat popcorn di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Caramel

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Kamu yang suka olahan popcorn beraroma sedap dan manis, sajian popcorn ini bisa menjadi pilihan teman menonton film di akhir pekan. Simak resep cara membuat popcorn caramel di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram jagung popcorn
- 2 sdm margarin

Bahan honey caramel:

- 2 sdm margarin
- 2 sdm madu
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm gula merah
- 1/2 sdt vanila bubuk

Cara membuat popcorn caramel:

  1. Lelehkan margarin di atas wajan kemudian masukkan popcorn. Goyang-goyangkan penggorengan agar jagung popcorn dapat mengembang. Tutupi penggorengan karena popcorn akan meletus-meletus. Masak dengan api kecil agar popcorn tidak gosong. Masak hingga tidak ada lagi jaghung yang meletus dalam penggorengan.
  2. Lelehkan margarin dalam penggorengan, masukkan gula dan aduk hingga larut. masukkan madu dan vanili, masak dengan api kecil. Setelah jadi larutan karamel, tuang pada popcorn dan aduk rata. Popcorn caramel telah jadi fan siap menemani waktu bersantai di rumah.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Manis

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Sajian popcorn yang renyah dan manis memang sangat cocok menjadi camilan di saat bersantai manja di rumah. Selain menikmati waktu me time yang menenangkan, popcorn bisa menjadi pilihan tepat teman bercengkrama bersama sahabat. Simak resep cara membuat popcorn manis di bawah ini.

Bahan:

- 1 sdm mentega
- 1 sdm minyak kanola
- 1/4 cup sirup jagung
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdm pewarna makanan cair
- 1/3 jagung popcorn

Cara membuat popcorn manis:

  1. Lelehkan mentega, minyak, sirup, dan garam dalam wajan. Lelehkan semua bahan hingga benar-benar tercampur sambil diaduk-aduk.
  2. Tambahkan 1/4 sdt pewarna makanan cair. Gunakan sendok untuk mencampurkan pewarna makananya hingga tercampur rata. Tuangkan 1/3 gelas biji jagung popcorn ke dalam panci atau wajan, lalu aduk hingga semuanya terlapisi oleh campuran sirup yang sudah dibuat. Gunakan api sedang, lalu tutup pancinya.
  3. Goyang-goyangkan panci setiap beberapa saat selagi biji jagung dimasak dan mulai berubah menjadi popcorn. Jika suara letupan biji jagung mulai melambat, maka pertanda biji jagung sudah berubah jadi popcorn secara keseluruhan.
  4. Olahan biji popcorn akan menjadi renyah setelah dingin pada suhu ruangan. Popcorn siap disajikan dan simpan dalam wadah tertutup untuk bisa dimakan keesokan hari.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Asin

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Selain olahan popcorn caramel yang manis, kamu juga bisa menikmati dan membuatnya sendiri di rumah popcorn dengan rasa asin dan gurih. Yuk langsung saja simak resep cara membuat popcorn asin di bawah ini

Bahan:

- 75 gram jagung khusus popcorn
- Minyak sayur secukupnya
- 1 sdt garam

Cara membuat popcorn asin:

Masukkan minyak dalam panci. Jika minyak sudah cukup panas, maka masukan jagung dan jagan terlalu banyak. Masak jagung dengan menggunakan api sedang. Tunggu hingga jagung mengembang dan bunyi letupan berhenti, masukan garam kemudian aduk hingga rata. Simpan popcorn di wadah kedap udara agar bertahan lama. Popcorn siap dinikmati.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Aneka Rasa

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Popcorn secara umum dikenal dengan olahan manis dan gurih. Tapi, dengan semakin berkembangnya kebiasaan dan gaya hidup, variasi olahan rasa popcorn kian banyak yang bisa kita nikmati. Yuk langsung saja simak resep cara membuat popcorn aneka rasa di bawah ini.

Bahan:

- Biji jagung untuk popcorn
- Mentega
- Gula bubuk secukupnya
- Bumbu berbagai rasa seperti, balado, manis, asin, dan lain-lain.

Cara membuat popcorn aneka rasa:

  1. Buat sirup manis yang akan melapisi popcorn. Panaskan gula, mentega, dan sirup jagung muda di dalam panci dengan api sedang sampai mendidih. Biarkan terus merebus selama 2 menit. Matikan kompor lalu tambahkan beking soda dan vanilla ekstrak sambil diaduk.
  2. tuangkan sirup di atas popcorn dan aduk agar semua terlapisi. Sebarkan popcorn di atas loyang yang sudah diisi kertas dan biarkan hingga dingin dan mengeras. Pisahkan popcorn yang menempel dan simpan dalam wadah kedap udara. Popcorn siap untuk disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Asin ala Bioskop

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Dari ilustrasi foto di atas tentunya kamu sudah tahu bahwa popcorn memang identik dengan minuman cola dan bioskop. Yap, kamu tentunya bisa juga membuat popcorn lezat dan renyah ala-ala bioskop. Langsung saja simak resep cara membuat popcorn berikut.

Bahan:

- 1 genggam biji jagung kering (Aku pakai khusus popcorn)
- 1 sendok Mentega Asin (sesuai selera)
- 1 sendok Minyak (bisa di skip)
sejumput garam (bisa di skip)

Cara membuat popcorn asin ala bioskop:

Panaskan panci dengan Api sedang lalu masukkan mentega, minyak dan garam. Aduk hingga mentega meleleh. Kecilkan api lalu masukan biji jagung ke dalam panci dan aduk rata. Tutup panci dan unggu hingga tidak ada suara letupan. Popcorn siap dihidangkan sebagai cemilan di rumah.

Nah, itulah beberapa resep mudah dan simple cara membuat popcorn yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Lalu, bagaimana dengan pengalaman kamu menikmati camilan popcorn selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar