5 Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju dengan Tepung Roti yang Renyah

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 22 April 2020 16:44
5 Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju dengan Tepung Roti yang Renyah
Pisang goreng crispy bisa menjadi salah satu menu yang pas untuk takjil berbuka puasa. Yuk Moms coba buat sendiri di rumah!

Sudah nggak asing lagi dong dengan sajian pisang goreng? Yap, camilan sejuta umat ini memang sering kita temui dan banyak dijual oleh Abang Abang lapak dan di pasar tradisional. Tak jarang pula, banyak cafe dan restoran terkenal turut membuat sajian pisang menjadi menu camilan andalannya.

Seiring bertambahnya waktu dan kompleknya kebutuhan, semakin banyak pula yang memodifikasi sajian pisang goreng dengan berbagai varian seperti pisang geprek, crispy, kipas, dan lain sebagainya. Mereka juga menambahkan berbagai rasa dan toping kekinian seperti coklat, keju, selai buah, kopi, matcha dan masih banyak lagi.

Nah, Moms tentunya juga bisa membuat sendiri sajian pisang goreng crispy kekinain di rumah. Rasanya juga tentu nggak bakal kalah dengan yang biasa dijual. Cara membuat pisang goreng crispy pun sangatlah mudah. Cocok banget nih Moms dijadikan menu takjil berbuka puasa. Yuk Moms langsung saja deh simak resep mudah cara membuat pisang goreng crispy yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

Ilustrasi Pisang Goreng Crispy Coklat Keju © Diadona

Sajian menu pisang goreng crispy pertama yang bisa Moms coba adalah dengan bahan taburan coklat dan keju. Sudah tidak diragukan lagi, bahan coklat dan keju merupakan perpaduan pas dalam setiap olahan manis. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat pisang goreng crispy berikut ini.

Bahan:
- 10 biji pisang raja
- 100 gram tepung terigu
- Secukupnya gula pasir
- Secukupnya garam
- Tepung roti
- Minyak goreng
- Keju cheddar kraft
- Susu coklat
- Springkle dan meses

Cara membuat pisang goreng crispy coklat keju:

a. Campur tepung terigu dengan air, gula, dan garam. Masukkan pisang raja yang sudah dikupas ke dalam adonan tepung.

b. Gulung adonan pisang tadi ke dalam tepung roti hingga tertutup sempurna. Panaskan minyak goreng, masukkan adonan pisangnya.

c. Goreng pisang hingga matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Taburi atasnya dengan susu coklat, parutan keju, meses, dan juga springkle.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Pisang Goreng Keju Crispy

Ilustrasi Pisang Goreng Keju Crispy © Diadona

Jika Moms nggak suka coklat, maka juga bisa loh membuat sajian pisang goreng crispy hanya dengan keju saja. Taburan keju parut yang khas akan mendominasi toping pisang goreng ini. Yuk Moms langsung coba menu resep cara membuat pisang goreng crispy keju berikut ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang gedah/awak
- 200 gram tepung terigu
- 30 gram tepung maizena
- 50 ml susu kental manis putih
- 30 gram keju parut
- 2 sdt vanili
- 1/2 sdt garam halus
- 250 gram tepung panir
- Secukupnya air

Bahan tambahan:
- 1 lembar plastik

Cara membuat pisang goreng keju crispy:

a. Campur tepung terigu, maizena, garam, keju dan susu kental manis. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

b. Kupas pisang, letakan di plastik dan ditekan hingga agak pipih tapi jangan terlalu tipis.

c. Masukkan pisang yang sudah pipih ke dalam adonan tepung basah, baluri dengan tepung panir sambil sedikit ditekan-tekan.

d. Pisang yang sudah dibaluri siap digoreng sampai kecoklatan. Angkat dan biarkan sebentar hingga minyak berkurang dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Pisang Goreng Enak Crispy

Ilustrasi Pisang Goreng Enak Crispy © Diadona

Sudah nggak asing lagi, pisang goreng hangat menjadi sajian nikmat disore hari. Apalagi tekstur pisang crispynya bisa kamu nikmati dengan seduhan teh hangat. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pisang goreng enak cripspy berikut ini.

Bahan:
- 10 buah pisang raja ukuran besar
- 200 gram terigu protein sedang
- 100 gram terigu protein tinggi
- 25 gram susu bubuk
- 20 gram susu kental manis
- 100 gram gula pasir
- 1 butir telur
- 50 gram mentega
- 150-200 ml air
- Secukupnya pasta vanilla
- Secukupnya garam

Bahan kering:
- 250 gram terigu protein tinggi
- 20 gram maizena
- 1/2 sdt baking powder

Cara membuat pisang goreng enak crispy:

a. Potong-potong pisang sesuai selera. Siapkan wadah dan campur semua bahan kecuali bahan kering. Aduk-aduk hingga kental.

b. Campur semua bahan kering dalam wadah terpisah. Panaskan minyak dan usahakan pisang dapat tercelp di penggorengan minyak dengna sempurna.

c. Celupkan pisang dalam adonan basah, gulingkan dalam adonan kering lalu goreng hingga berwarna keemasan. Pisang goreng crispy siap untuk disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Pisang Goreng Crispy dengan Tepung Roti

Ilustrasi Pisang Goreng Crispy dengan Tepung Roti © Diadona

Moms juga bisa memanfaatkan tepung roti untuk membuat tekstur renyah dan kress pada pisang goreng. Yuk langsung saja simak dan praktikkan resep cara membuat pisang goreng crispy di bawah ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang
- 8 sdm tepung terigu
- 1 1/5 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- Secukupnya air
- Secukupnya tepung panir

Saus coklat:
- 2 sdm meises
- 1/2 sdm coklat bubuk
- 100 ml air
- 1/2 sdm gula palem
- 1/2 sdm margarine
- 1/2 sdm maizena

Cara membuat pisang goreng crispy dengan tepung terigu:

a. Kupas pisang, belah jadi dua atau sesuai selera. Campur terigu, gula, garam, dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga teksturnya pas, tidak terlalu kental dan encer.

b. Balurkan pisang ke adonan tepung terigu, lalu ke tepung panir. Lakukan hingga habis. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat.

c. Buat saus cokelatnya dengan cara masak air. Masukkan meises, cokelat bubuk, gula palem, dan margarine.

d. Aduk hingga tercampur rata, setelah mendidih masukkan maizena sambil diaduk cepat. Angkat. Sajikan pisang goreng crispy dengan lelehan saus cokelat.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Pisang Goreng Crispy dan Renyah

Ilustrasi Pisang Goreng Crispy dan Renyah © Diadona

Nggak hanya kentaki ayam saja yang bisa renyah maksimal, pisang goreng juga bisa dijadikan varian manis kres yang nikmat dan kekinian. Yuk Moms simak resep selengkapnya cara membuat pisang goreng crispy berikut ini.

Bahan:
- Pisang kepok, pisang tanduk, pisang raja, atau pisang uli (pilih sesuai selera)

Bahan pencelup:
- 6 sdm tepung trigu protein rendah
- 1 sdm tepung maizena
- Sedikit garam
- Sedikit vanili
- Secukupnya air

Bahan kremesan:
- 125 gram tepung tapioka
- 2 sdm tepung beras
- 1/2 sdt garam
- 1 1/2 sdm gula pasir
- 400 ml air
- 1 buah kuning telur
- 1/2 sdt baking powder

Cara membuat pisang goreng crispy yang renyah:

a. Campur semua bahan pencelup dan beri air sekitar 100 ml. Adonan untuk pencelup ini bertekstur kental. Dalam wadah yang berbeda, campur semua bahan untuk kremesan hingga rata. Sisihkan.

b. Panaskan minyak di wajan, tuang adonan kremesan menggunakan sendok yang tutupnya dilubangi lalu kumpulkan gorengan kremesan ke tengah.

c. Celupkan pisang ke bahan pencelup kemudian goreng pisang di atas kremesan, lipat cepat sisi kiri dan kanan kremesan, goreng hingga matang dan siap disajikan.

Nah, itulah Moms beberapa resep cara membuat pisang goreng crispy renyah yang enak dan manis berbagai topping. Cocok sekali menjadi sajian camilan keluarga atau menu takjil. Yuk Moms langsung saja segera coba buat dan menyiapkan bahan cara membuat pisang goreng crispy ini. Selamat berkreasi!

Beri Komentar