16 Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 3 Februari 2020 13:24
16 Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil, dan Kesehatan
Hampir semua orang tahu apa itu coklat. Tapi apakah tahu tentang manfaat di balik lezatnya coklat? Berikut manfaat coklat yang harus kamu tahu.

Banyak orang mengidolakan coklat ini karena rasanya yang enak. Selain itu, manfaat coklat juga sangat banyak untuk tubuh kita. Tapi tidak sembarang coklat dapat kita konsumsi.

Mungkin yang kamu tahu adalah coklat yang biasa ada di supermarket dengan kandungan gula yang tinggi. Jika kamu mengonsumsi coklat dengan kandungan gula yang tinggi, tentu akan menjadi boomerang bagi tubuhmu sendiri. Coklat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah coklat yang mengandung cacao tinggi.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang, termasuk kandungan antioksidannya, dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Semua berkat kandungan flavonoid yang hadir di dalamnya membuat pembuluh darah lebih elastis. Hal ini akan membuat tekanan darah manusia tetap dalam batas normal. Dari beberapa sumber, sudah dirangkum untuk menjelaskan manfaat coklat yang mengesankan untuk kamu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat coklat ini bisa dirasakan untuk ibu hamil juga lho! Tidak hanya ibu yang mengandung, bayi yang dikandung pun juga bisa mendapatkan manfaat ini. Berikut manfaat coklat untuk ibu hamil.

Membuat bayi lebih bahagia

Temuan penelitian di New Scientist Magazine menyatakan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih banyak cokelat hitam melahirkan bayi yang lebih bahagia. Para peneliti secara acak memilih beberapa ibu yang memiliki bayi berusia enam bulan dan bertanya seberapa sering mereka mengonsumsi cokelat dalam kehamilan mereka. Mereka disuruh menilai kebahagiaan bayi mereka.

Ibu yang sering mengonsumsi cokelat dalam kehamilannya memberikan skor kebahagiaan yang lebih tinggi daripada bayi mereka daripada ibu yang tidak minum cokelat secara teratur. Namun, alasan pastinya tidak diketahui mungkin karena cokelat yang melewati plasenta ke dalam ASI atau peningkatan kebahagiaan ibu dari cokelat yang membuat bayi bahagia. Ibu yang makan cokelat menunjukkan tingkat stres yang rendah dan memiliki bayi yang sehat.

Resistensi insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh berhenti merespons hormon insulin. Resistensi insulin dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi secara tidak normal, yang dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2017 Journal of Community and Hospital Internal Perspectives Medicine, flavonoid dalam dark chocolate ditemukan untuk mengurangi stres oksidatif, yang menurut para ilmuwan adalah penyebab utama resistensi insulin.

Sebuah studi 6 bulan dari 2018 meneliti hubungan antara konsumsi cokelat hitam biasa dan kadar glukosa darah di antara individu-individu Hispanik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa makan 48 gram cokelat hitam 70% setiap hari dapat membantu menurunkan kadar glukosa puasa dan mengurangi resistensi insulin. Maka dari itu, manfaat coklat ini adalah menjaga resistensi insulin pada ibu hamil.

Lancarkan aliran darah

Manfaat coklat selanjutnya adalah melancarkan aliran darah. Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan nitric oxide (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri untuk bersantai, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan karenanya mengurangi tekanan darah.

Banyak penelitian terkontrol menunjukkan bahwa coklat dan coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya biasanya ringan.

Turunkan tingkat stres

Manfaat coklat berikutnya bisa menurunkan tingkat stres yang dialami ole ibu hamil Antara hormon dan tubuh yang berubah, kehamilan bisa menjadi situasi yang sangat menegangkan. Cokelat hitam ditemukan untuk meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan kadar endorphin dan serotonin di otak. Para peneliti menemukan bahwa makan cokelat hitam setiap hari secara signifikan mengurangi tingkat stres

Menurut ulasan dalam edisi 2009 dari " Journal of Proteome Research" American Chemical Society, konsumsi 1 1/2 ons coklat hitam setiap hari selama dua minggu menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres). Flavanol mengurangi kelelahan dan merefleksikan tingkat stres.

Dukung perkembangan janin

Satu porsi coklat hitam 1,5 ons mengandung 31 miligram kalsium, dan jumlah cokelat susu yang sama mengandung 83 miligram. Kalsium penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi. Cokelat juga mengandung antioksidan, yang melindungi kekebalan ibu dan bayi serta mengurangi risiko komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker.

Sifat antioksidan dari dark chocolate memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung dan, karenanya, mendukung sistem kardiovaskular. Semakin gelap dan semakin tinggi kualitas cokelat, semakin baik untuk jantung.

Cokelat hitam mengandung gula dan lemak rendah. Juga, flavonoid yang ada di dalamnya meningkatkan kadar kolesterol baik, mengurangi oksidasi kolesterol jahat dan mengatur kadar gula darah.

Cokelat hitam menurunkan risiko preeklampsia

Manfaat coklat untuk ibu hamil selanjutnya adalah menurunkan risiko pre-eklampsia. Pre-eklampsia adalah salah satu penyebab persalinan prematur dan ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kadar protein dalam urin selama kehamilan. Ketika tekanan darah meningkat, ini akan menyebabkan kejang dan juga dapat menyebabkan pembekuan darah dan kerusakan hati.

Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Annals of Epidemiology, kandungan theobromine kakao membantu meringankan kondisi tersebut. Para peneliti di Universitas Yale menemukan bahwa asupan cokelat menurunkan risiko pre-eklampsia hingga hampir 70%. Mengonsumsi cokelat hitam sekitar lima porsi seminggu, efektif dalam mencegah preeklampsia terutama pada trimester ketiga.

2 dari 3 halaman

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Ilustrasi Wanita Tua © Diadona

Manfaat coklat juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat coklat bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat coklat yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat cokelat bisa untuk melancarkan aliran darah dan juga menurunkan kolesterol jahat adalah salah satu alasannya. Jika sistem peredaran darah berjalan dengan baik dan kadar kolesterol juga normal, maka risiko seseorang untuk terkenal penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan juga stroke juga akan berkurang.

Membantu memulihkan otot

Manfaat coklat yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah membantu pemulihan otot lebih cepat. Setelah latihan, otot membutuhkan waktu untuk pemulihan sebelum dapat dilatih kembali. Manfaat coklat dipercaya dapat memulihkan otot dengan lebih cepat sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh atlet atau kamu yang sedang melalukan latihan intensif untuk membantuk tubuh.

Melindungi kulit

Manfaat coklat juga dapat dirasakan bagi kesehatan kulit. Coklat yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar UV. Coklat juga melancarkan aliran darah ke kulit sehingga kulit pun lebih sehat dan tentunya terlihat lebih cantik.

Membantu turunkan berat badan

Jika coklat selama ini identik dengan membuatmu menaikkan berat badan, tapi tidak untuk coklat jenis tertentu justru dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Coklat diserap oleh tubuh dalam waktu yang lama sehingga akan memberikan efek kenyang yang juga lebih lama. Jadi jika kamu sedang menurunkan berat badan, tidak perlu takut untuk konsumsi coklat.

Tentunya bukan coklat sembarangan yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Pilihlah coklat yang tidak memiliki kandungan gula dan susu agar kandungan kalorinya tetap terjaga.

Mencegah diabetes

Manfaat coklat selanjutnya adalah dapat mencegah diabetes. Penyebab diabetes adalah adanya gangguan pada kerja hormon insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, dark chocolate yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Jika sensitivitas insulin meningkat maka kadar gula darah pun akan menjadi normal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Makan Coklat

Ilustrasi Makan Coklat © Diadona

Cara yang paling baisa digunkaan untu kmendapatakan manfaat coklat adalah dengan makan coklat tersebut. Berikut adalah manfaat makan coklat yang harus kamu ketahui.

Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan juga dipercaya sebagai salah satu Manfaat coklat jika dikonsumsi secara rutin. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa coklat mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Coklat juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, salah satu pemicu penuaan dini. Wajar saja jika coklat dipercaya dapat membuatmu tetap awet muda.

Membuat bahagia

Manfaat coklat untuk membantu memperbaiki mood memang sudah banyak menjadi pembahasan. Kandungan senyawa dalam cokelat dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin dalan otak. Kedua hormon ini memiliki peran memberikan rasa senang dan nyaman.

Jadi manfaat coklat yang dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih bahagia memang ada benarnya dan bukan merupakan mitos. Namun efek ini juga bisa berbeda pada setiap orang.

Menjaga saluran pencernaan

Banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang yang memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung sebaiknya menghindari coklat. Namun di sisi lain, coklat juga memiliki manfaat untuk pencernaan. Manfaat coklat memiliki kandungan probiotik yang baik untuk menjaga sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat coklat berikutnya adalah menurunkan tekanan darah. Antioksidan yang terkandung dalam coklat mampu untuk merangsang terbentuknya nitrat oksida dalam tubuh. Senyawa yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam hal mencegah penyumbatan pembuluh darah. Tekanan darah pun akan tetap normal.

Mengatur kadar kolesterol

Manfaat coklat yang terakhir adalah dipercaya dapat mengatur kadar kolesterol. Coklat yang mengandung antioksidan polifenol dalam bentuk flavonoid ini dipercaya dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, coklat juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Maka dari itu, coklat disebut dapat mengontrol kadar kolesterol.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat coklat di atas? Jadi hidangan coklat apa yang kamu sukai? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar