5 Resep Cara Membuat Roti Cane Sederhana yang Manis Khas Arab, India, dan Aceh

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 15 April 2020 00:27
5 Resep Cara Membuat Roti Cane Sederhana yang Manis Khas Arab, India, dan Aceh
Bingung mau makan camilan apa? Mau keluar rumah tapi masih khawatir akan dampak COVID-19? Nggak perlu resah dan gelisah! Buat saja camilan roti cane di rumah. Yuk lihat resepnya berikut ini.

Bingung dan dilema akan memilih camilan yang enak? Barangkali kamu bisa mencoba sesuati yang lembut manis dengan berbagai varian rasa kekinian. Boleh banget tuh membuat roti cane yang simple di rumah.

Roti cane merupakan salah satu jenis roti yang dipipihkan. Hal ini karena pegolahannya dengan cara diputar hingga tipis, lalu dilipat dan kemudian dipanggang dengan minyak atau margarin. Roti ini mendapatkan pengaruh dan kebiasaan orang India, tapi roti cane kini sudah banyak ditemukan kok di Indonesia khususnya di Aceh dan Sumatra Barat.

Jika kamu pencinta olahan roti, maka wajib banget mencoba resep cara membuat roti cane ini. Cara membuatnya pun sangatlah mudah kok. Pas banget untuk kamu yang sedang menghabiskan waktu, salah satunya  adalah beraktivitas di dapur dalam masa Pandemi Corona saat ini. Nah, nggak perlu bingung, yuk langsung saja berkreasi di dapur dengan resep cara membuat roti cane yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Roti Cane Arab

Ilustrasi Roti Cane © Diadona

Jenis roti cane pertama yang bisa kamu buat adalah roti cane Arab sederhana ini. Cara membuatnya sangatlah mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan adonan lalu merendamnya terlebih dahulu dalam minyak. Setelah adonan siap, kamu tinggal memasaknya di atas teflon sederhana hingga matang. Nah, selengkapnya kamu bisa menyimak resep cara membuat roti cane Arab berikut ini.

Bahan:

- 200 gram tepung terigu
- 2 sdm susu kental manis
- 2 butir kuning telur
- 50 gram butter
- 1/4 sdt garam
- 80 ml air hangat atau bisa disesuaikan
- 60 gram butter, untuk olesan
- 1 gelas kaca belimbing minyak, untuk merendam adonan

Cara membuat roti cane Arab:

a. Campur bahan tepung terigu, susu kental manis, kuning telur, butter, dan garam. Aduk rata keludian tambahkan air sedikit demi sedikit hingga kalis dan tidak lengket. Bagi adonan menjadi bulatan sama besar. Rendam dalam minyak minimal selama 2 jam.

b. Keluarkan adonan dari minyak, pipihkan, gilas hingga tipis menggunakan roll kayu. Iris perlahan ukuran tipis menggunakan pisau. Gulung dan tarik memanjang, bentuk gulungan melingkar hingga mnyerupai obat nyamuk.

c. Diamkan gulungan adonan selama 1 jam, tutup menggunakan plastik atau serbet bersih yang basah. Pipihkan dengan telapak tangan secara manual. Panggang adonan di atas teflon dengan api kecil. Bolak balik hingga matang dan berwarna kecoklatan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Roti Cane Sederhana

Ilustrasi Roti Cane Sederhana © Diadona

Nggak perlu bigung lagi untuk embuat olahan camilan yang lembut, manis, dan enak. Yuk, jangan mager lagi! Buat saja camilan di rumah dengan resep cara membuat roti cane sederhana berikut ini. 

Bahan:
- 500 gram tepung terigu protein sedang
- 2 butir telur, kocok lepas
- 100 gram margarin cair
- 200 ml susu cair hangat
- 6 sdm minyak goreng, untuk merendam
- Garam sedikit
- Margarin untuk olesan

Cara membuat roti cane sederhana:

a. Campur bahan susu hangat, margarin cair, dan telur yang sudah dikocok, aduk rata. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.

b. Ambil adonan kira-kira 30 gram bulatkan dan tata di dalam wadah yang sudah diberi minyak goreng. Diamkan kurang lebih 1 jam dan tutup dengan kain basah.

c. Pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang. Gulung roti hingga membentuk huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan.

d. Masak di atas teflon sambil diolesi margarin. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang. Angkat dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Roti Cane India

Ilustrasi Roti Cane India © Diadona

Nggak hanya roti cane Arab, kamu juga bisa membuat roti cane khas India dengan mudah di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangatlah sederhana, cocok sekali kamu buat untuk menemani waktu bersantai di rumah. Nggak usah bingung, yuk langsung saja simak resep mudah cara membuat roti cane India di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram tepung protein sedang
- 1 butir telur
- 5 sdm mentega, cairkan
- 1 bungkus susu kental manis
- Secukupnya garam
- 1/2 gelas air hangat

Cara membuat roti cane India:

a. Campur semua bahan, kemudian uleni hingga kalis. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil masing-masing 50-60 gram. Rendam di dalam minyak selama 2 jam.

b. Ambil 1 buah bulatan adonan, pipihkan hingga tipis dan jangan sampai sobek, boleh menggunakan roller pin atau tangan manual. Olesi dengan mentega cair, untuk mendapatkan tekstur berserat atau berlapis, iris-iris dengan pisau tapi tidak sampai putus pada ujungnya. Baurkan sedikit tepung terigu diatasnya lalu gulung berlawanan.

c. Untir-untir adonan hingga sedikit meregang, kemudian gulung melingkar seperti huruf S, dan tumpuk menjadi satu. Lakukan hingga adonan habis, kemudian diamkan sebentar selama 15 menit.

d. Panaskan mentega di atas teflon, lalu pipihkan adonan tadi. Panggang dengan api kecil sampai kering. Angkat, sajikan dengan taburan gula, atau topping sesuai selera.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Roti Cane Aceh

Ilustrasi Roti Cane Aceh © Diadona

Selain roti cane Arab dan India, kamu juga bisa membuat roti cane Aceh. Secara umum, cara pembuatannya sama dengan roti cane lainnya. Cukup siapkan bahan utama tepung terigu, telur, minyak goreng, susu bubuk, gula, garam, dan minyak. Selangkapnya, kamu bisa melihat resep cara membuat roti cane Aceh berikut ini.

Bahan:
- 300 gram tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 50 ml minyak goreng
- 150 ml air hangat
- 1 sdm susu bubuk
- 1 sdt gula halus
- 1/2 sdt garam
- Secukupnya mentega
- Secukupnya minyak goreng, untuk merendam adonan

Cara membuat roti cane Aceh:

a. Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan hingga kalis dan tidak lengket.

b. Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam agar mengembang. Pipihkan adonan hingga benar-benar tipis, lalu oleskan mentega hingga merata.

c. Gulung adonan memanjang lalu buat lingkaran, dan tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang dan pipih. Tumpuk dua adonan menjadi satu, diamkan. Pipihkan adonan hingga melebar, sambil ditarik-tarik karena adonan agak liat. Ulangi langkah ini hingga bola-bola adonan habis.

d. Goreng di atas teflon tanpa minyak hingga berubah warna kecoklatan. Angkat dan sisihkan. Roti canai siap dihidangkan bersama susu kental manis atau keju dan meses sesuai selera.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Roti Cane Manis

Ilustrasi Roti Cane Manis © Diadona

Rasa roti cane yang manis serta teksturnya yang lembut sangat cocok sekali dinikmati sebagai menu camilan keluarga. Kamu bisa menambahkan bahan toping sesuai selera seperti aneka selai, coklat, dan meses. Dinikmati dengan seduhan teh hangat juga nikat, kok. Yuk, nggak boleh mager! Segera bergegas ke dapur dengan resep cara membuat roti cane manis berikut ini.

Bahan kering:
- 500 gram tepung terigu
- 2 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam

Bahan cair:
- 1 butir telur
- 1 bungkus susu kental manis
- 100 ml air hangat
- 2 sdm mentega, cairkan

Tambahan topping:
- Selai strawberry
- Selai blueberry
- Selai coklat
- Susu kental manis coklat

Cara membuat roti cane manis:

a. Campur bahan cair menjadi satu, setelah teraduk rata masukkan gula, garam, dan tepung ke dalam bahan cair, uleni hingga kalis. Bulat bulatkan adonan menjadi kecil atau sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Tata pada piring yang terdapat minyak agar adonan terendam.

b. Tutup adonan dengan plastik bening atau wrap. Diamkan selama 1 jam, pipihkan adonan, tambahkan meses coklat pada adonan yang sudah dipipihkan kemudian digulung dan bentuk S.

c. Goreng menggunakan pan yang diolesi dengan margarine, angkat adonan yang berbentuk S lalu tumpuk menjadi O. Letakkan adonan yang sudah ditumpuk menjadi O di pan, biarkan bawahnya sedikit matang, balik lalu baru di pipihkan agar roti menjadi tipis.

d. Tekan-tekan dengan spatula dan bentuk sesuai ketipisan yang diinginkan. Masak hingga kedua bagian matang dan sajikan dengan bahan topping sesuai selera.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat roti cane sederhana yang manis khas Arab, India, dan Aceh. Roti cane sederhana yang manis denga tekstur yang lembut ini memang sangat cocok sebagai salah satu pilihan menu camilan keluarga tercinta. Yuk, berkreasi di dapur dan segera persiapkan bahan resep cara membuat roti cane ini.

Beri Komentar