32 Manfaat Pisang Mulai Dari Buah, Kulit, Hingga Jantung Pisang

Reporter : Sofi
Selasa, 31 Desember 2019 15:05
32 Manfaat Pisang Mulai Dari Buah, Kulit, Hingga Jantung Pisang
Pisang merupakan buah yang disukai banyak orang, bahkan anak bayi sekalipun. Manfaat yang terkandung juga sangat banyak hingga pada kulit dan jantung pisangnya. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

Pisang adalah buah yang banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak dan juga bergizi. Nutrisi penting yang terkadung dalam pisang dapat bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung dan penurunan berat badan. Pisang mengandung serat yang cukup banyak, serta beberapa antioksidan.

Setiap pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan hampir seluruhnya terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang mengandung protein yang sangat sedikit dan hampir tidak mengandung lemak. Karbohidrat berwarna hijau, pisang mentah sebagian besar terdiri dari pati dan pati resisten, tetapi ketika pisang matang, pati berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa).

Tentunya manfaat pisang tidak hanya dapat dimanfaatkan hanya pada buahnya saja. Manfaat pisang dapat diambil mulai dari kulitnya, hingga jantung pisangnya. Berikut adalah manfaat pisang yang dapat kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pisang

Pisang © Diadona

Buah pisang sangat tinggi kandungan nutrisinya. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam pisang ini sangat bagus untuk memberikan energi pada tubuh. Melihat dari kandungan nutrisi buah pisang tentu banyak manfaat buah pisang yang dihasilkan. Berikut adalah manfaat pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Memperbaiki pencernaan

Pisang mengandung serat, baik larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan, berjalan lebih pelan. Sehingga manfaat pisang ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit.

Tidak heran pisang sering dimasukkan dalam makan pagi. Pisang dapat membantu kamu memulai hari dengan lebih berenergi lebih lama.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Studi menunjukkan makan tiga pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sebuah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg kalium dan hampir bebas sodium. Manfaat pisang juga membantu untuk menetralkan efek tekanan darah meningkatkan natrium dalam makanan.

3. Membantu menciptakan sel-sel tubuh kembali sehat

Selanjutnya manfaat pisang dapat membantu menciptkaan sel-sel tubuh kemabali sehat. Pisang kaya akan vitamin B6, yang mengandung 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan orang dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial asam diperlukan untuk membuat sel-sel sehat. Hal ini juga membantu dengan produksi antibodi untuk melawan infeksi.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Asupan makanan yang tinggi serat, baik khasiatnya untuk jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Asupan diet sehat dan seimbang akan memberikan asupan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh, dengan satu atau dua pisang dapat menambahkan 4 gram serat per buah.

5. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Manfaat pisang berikutnya adalah menguatkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan mineral yang hilang setelah diare. Selain itu, pisang relatif mudah dicerna, pisang dianggap non-iritasi untuk sistem pencernaan, atau saluran pencernaan. Itulah mengapa pisang menjadi salah satu makanan padat pertama kalinya yang diperkenalkan kepada bayi.

6. Meningkatkan kinerja atletik

Jika kamu pernah bertanya-tanya mengapa banyak atlet sangat menyukai pisang, inilah alasannya. Pisang meningkatkan otot dan memberikan antioksidan dan nutrisi lainnya secara alami. Menurut sebuah studi di Appalachian State University, memakan setengah pisang setiap 15 menit selama tes time trial bersepeda sama efektifnya dengan minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Tidak heran Yohan Blake, Jamaika Olimpiade sprinter, dilaporkan makan 16 pisang sehari.

7. Menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh

Vitamin C adalah antioksidan penting yang menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan molekul atau ion yang terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh kamu. Sedangkan pisang menyediakan 15% lebih besar vitamin C dari kebutuhan harian untuk nutrisi penting ini.

8. Mengangkat suasana hati dan membantu merasa senang

Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 magnesium mg. Mineral ini dapat membantu meningkatkan mood Anda dan membantu tidur yang baik. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari, masing-masing. Jika tubuhmu kekurangan magnesium, kamu mungkin menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya.

9. Pisang menekan rasa lapar

Aroma pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan kelaparan yang datang tiba-tiba. Menurut penelitian oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang ketika kamu lapar dapat mengelabui otakmu, dan berpikir bahwa kamu sudah benar-benar makan. Pisang juga dapat membantumu menurunkan berat badan.

10. Melawan anemia

Manfaat terakhir adalah menyeimbangkan kadar glukosa darah, dan juga dapat membantu tubuh penderita anemia. Hal ini karena Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang. Selain itu pisang tinggi dengan kandungan zat besi, dan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah, serta membantu melawan anemia. Anemia merupakan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang

kulit pisang © Diadona

Selanjutnya manfaat pisang yang dapat kita rasakan adalah dari kulitnya. Kita sering kali membuang kulit pisang setelah memakan buah pisang tanpa mengetahui bahwa ternyata menfaat kulit pisang itu sangat beragam. Kulit pisang bisa diolah atau digunakan secara langsung untuk dimanfaatkan bagi tubuh kita. Salah satu contohnya adalah untuk memutihkan gigi. Berikut manfaat kulit pisang lebih lengkapnya.

1. Mengurangi kerutan

Manfaat kulit pisang yang pertama ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah. Cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu.

Kamu cukup mengambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Mengatasi jerawat

Jangan buang kulit pisang yang kamu punya atau setelah memakan buahnya. Karena ternyata kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

3. Membuat wajah lebih bersinar

Kamu bisa membuat wajahmu lebih bersinar atau lebih berseri-seri menggunakan kulit pisang. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah setiap sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Usahakan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari, agar hasil lebih maksimal.

4. Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning agar terlihat lebih cerah.

Caranya dengan menggososk kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit setelah menggosoknya. Kemudian bersihkan gigi seperti seperti biasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.

5. Menghilangkan mata panda

Ternyata kulit pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya dengan menyiapkan kulit pisang dan gel lidah buaya. Ambil bagian dalam kulit pisang, dan daging lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini lalu oleskan di sekitar mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Caranya kamu bisa membuat makser dari kulit pisang yang sudah di haluskan kemudian oleskan keseluruh permukaan kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Basuh dengan air bersih, dan lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan serat yang tinggi pada kulit pisang bisa membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Hal ini akan menyebabkan proses detoksifikasi tubuh berjalan lebih lancar dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Namun perlu diperhatikan, karena kulit pisang berada di luar sering kali terdapat kotoran hingga zat pestisida yang berbahaya. Jadi sebelum mengkonsumsi atau mengolah kulit pisang sebaiknya untuk mencuci terlebih dahulu dan memilih kulit pisang yang bersih dan tidak busuk.

8. Mencegah kanker

Kulit pisang kaya akan antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang bisa menyebabkan tumor dan kanker. Namun masih perlu adanya peneltian lebih lanjut akan manfaat kulit pisang untuk mencegah kanker dan tumor.

9. Pembentukan otot

Manfaat kulit pisang yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang adalah bisa membentuk otot. Kandungan kalium dan elektrolit dalam kulit pisang ternyata bisa memberikan kontribusi yang baik pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur asam basa di tubuh manusia.

10. Menurunkan kolesterol

Kulit pisang memiliki kadar serat yang cukup tinggi dan serat yang tinggi pada makanan bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi kulit pisang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pisang Ambon

Ilustrasi pisang © Diadona

Ada beragam jenis pisang di Indonesia. Mulai dari pisang kepok, pisang raja, pisang ambon, hingga pisang hijau. Semuanya memiliki manfaat sehat masing-masing. Salah satu pisang yang terkenal adalah pisang ambon, berikut adalah deretan manfaat pisang ambon yang perlu kamu ketahui.

1. Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsi pisang dapat mendi rekomendasi. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

2. Bermanfaat sebagai antasida alami

Pisang mengandung antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang karena manfaat pisang yang satu ini dapat mengurangi kadar asam lambung dan gas dalam tubuh.

3. Memberikan suntikan energi

Manfaat pisang yang dapat memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi. Maka dari itu buah ini digemari oleh para atlet.

4. Meningkatkan gairah seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.

5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Manfaat pisang ambon yang terakhir adalah dapat mengeluarkan racun tubuh. Pisang mengandung pektin, bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jantung Pisang

Jantung pisang © Diadona

Tidak berhenti di situ, manfaat pisang yang dapat digunakan adalah dari jantung pisangnya. Belum banyak masyarakat yang mengkonsumsi jantung pisang ini. Padahal, bagian dari pohon pisang ini bisa dibuat sayuran yang lezat. Serta manfaat jantung pisang ini juga tidak bisa diremehkan. Berikut adalah manfaat jantung pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatasi diare

Jantung pisang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Caranya memanfaatkannya cukup mudah, cuci bersih jantung pisang kemudian bakar pada arang hingga matang dalamnya. Kemudian ambil bagian dalam dan buang bagian luar dan jadikan sebagai lalapan atau campuran dari sayur urap.

2. Untuk menu diet kamu

Mempunyai berat badan yang ideal nampaknya telah menjadi impian hampir setiap orang. Bagi kamu yang sedang dalam program diet, nampaknya jantung pisang adalah " teman" yang cocok buat asupanmu. Karena kandungan serat yang tinggi tadi, jantung pisang bisa membuat perut tetap kenyang lebih lama. Selain itu kandungan lemaknya sedikit, sekitar 0,3 gram/25 gram.

3. Meningkatkan produktivitas ASI

Jantung pisang juga merupakan sumber makanan yang baik bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Kandungan gizi yang ada dalam jantung pisang dapat membantu mengaktifkan sel-sel yang bertugas untuk menghasilkan ASI. Bukan hanya itu, konsumsi jantung pisang pasca melahirkan juga akan memperlancar produksi ASI.

4. Mencegah kanker

Dalam tubuh manusia, terdapat sel-sel kanker yang belum aktif dan kapan saja bisa berkembang. Tentu saja aktifnya sel kanker ini sangatlah berbahaya. Kandungan flavonoid dan zat methanol yang terdapat dalam jantung pisang dapat mengurangi efek radikal bebas sehingga risiko aktifnya sel kanker dapat dicegah.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

Indeks glikemik yang rendah pada jantung pisang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, jantung pisang juga dapat mengikat kolesterol dan lemak jahat yang nanti akan di keluarkan bersama kotoran, sehingga bermanfaat juga bagi sistem pencernaan.

6. Mencegah stroke

Manfaat jantung pisang juga dipercaya dapat mencegah penyakit stroke. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yaitu satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

7. Mengobati malaria

Manfaat lain dari jantung pisang adalah mengobati malaria yang disebabkan oleh nyamuk. Caranya dengan mengupas bagian luar jantung pisang dari pisang ambon. Lalu timbun dalam bara api kurang lebih 30 menit, kemudian haluskan dan peras. Beri sedikit asam pada air perasan tersebut, minum pagi hari sebelum sarapan. Lakukan pengobatan ini sehari satu kali untuk mengobati malaria.

Menurut kamu apakah ada manfaat pisang yang belum disebutkan di atas? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar