6 Resep Cara Membuat Rainbow Cake Gulung Mini yang Simple dengan Cara Dipanggang dan Dikukus

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 3 April 2020 10:43
6 Resep Cara Membuat Rainbow Cake Gulung Mini yang Simple dengan Cara Dipanggang dan Dikukus
Nggak perlu ribet jika ingin membuat olahan kue di rumah. Yuk, buat saja rainbow cake penuh warna ini. Nggak boleh malas! Yuk segera persiakan bahan-bahannya ya.

Rainbow cake adalah kue berlapis dengan perpaduan warna pelangi. Kue rainbow cake saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang menyukai cake. Selain memiliki rasa yang enak, tampilan rainbow cake sendiri sangatlah cantik, dengan warna pelangi.

Cara membuatnya secara umum sama dengan membuat cake lainnya. Perbedaan pada cake ini adalah menggunakan lebih banyak jenis pewarna makanan untuk memunculkan warna beragam khas pelangi. Jika kamu pencinta olahan cake, maka cocok banget membuat olahan ini di rumah dengan mudah dan bahan sederhana. Nah, nggak perlu dibikin ribet, yuk langsung saja persiapkan bahan cara membuat rainbow cake yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 6 halaman

1. Cara Membuat Rainbow Cake Mini

Ilustrasi Rainbow Cake Mini © Diadona

Bahan:
- 8 butir telur
- 270 gram gula
- 10 gram ovalet/sp
- Sejumput vanilla bubuk
- 270 gram tepung protein sedang
- 2 bungkus susu kental manis
- 200 ml minyak goreng
- Pewarna rainbow

Cara membuat rainbow cake mini:

a. Mixer bahan gula, telur, emulsi, dan vanilla bubuk hungga soft peak selama 10 menit dengan kecepatan tinggi. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.

b. Masukkan susu dan minyak goreng, aduk balik menggunakan spatula hingga benar-benar rata Bagi adonan menjadi 6 bagian, dan beri pewarna berbeda sesuai selera.

c. Siapkan loyang ukuran 20x20 tinggi 7 cm alasi dengan kertas roti dan jangan dioles apapun. Kukus adonan ungu selama 10 menit dalam kukusan yang sudah mendidih,. api cenderung kecil

d. Setelah 10 menit buka kukusan tekan pelan-pelan, jika sudah matang maka baru masukkan adonan biru, ratakan, hentakkan loyang pelan agar nantinya tidak bergelembung. kukus lagi 10menit. Lakukan cara ini hingga seluruh adonan selesai.

e. Setelah masuk adonan terakhir, kukus selama 20 menit. Setelah matang segera keluarkan dari kukusan Iris tipis-tipis selagi kue masih hangat. Gulung dengan isian bisa buttercream atau selai sesuai selera.

2 dari 6 halaman

2. Cara Membuat Rainbow Cake Panggang

Ilustrasi Rainbow Cake Panggang © Diadona

Bahan:
- 4 butir telur
- 190 gram gula pasir
- 1 sdt emulsifier/sp
- 150 gram tepung kunci/segitiga
- 3/4 sdt vanili crystal
- 1 bungkus susu bubuk
- 150 gram minyak goreng
- 1 bungkus susu kental manis putih
- pewarna merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu

Butter cream:
- 200 gram mentega putih
- 100 gram mentega asin
- 100 gram gula cair
- 2 sdm susu kental manis

Cara membuat rainbow cake panggang:

a. Kocok telur, gula, dan emulsifier hingga kental berjejak. Masukan campuran tepung terigu dan susu bubuk bergantian dengan campuran minyak sayur dan susu kental manis, masukan vanili.

b. Matikan mixer, aduk balik menggunkan spatula hingga merata, bagi adonan menjadi 6 mangkok sama rata, tambahkan 3 tetes pewarna masing-masing dan aduk merata.

c. Siapkan 6 loyang kuran 18cm, olesi loyang dengan margarine, lapisi kertas roti dan olesi margarine lagi, tuang adonan ke dalam loyang dan panggang engan suhu 170 derajat celsius selama 15 menit.

d. Setelah matang balikkan loyang di atas kertas roti, biarkan hingga dingin Olesi perlayer dengan butter cream dan beri topping sesuai selera.

Cara membuat butter cream:

Mixer mentega putih dan asin hingga lembut, kemudian perlahan-lahan masukkan gula cair, aduk rata dan masukkan susu kental manis.

3 dari 6 halaman

3. Cara Membuat Rainbow Cake yang Simple

Ilustrasi Rainbow Cake Simple © Diadona

Bahan:
- 200 gr tepung terigu
- 2 butir telur
- 130 gr gula pasir
- 250 ml santan
- 1/2 sdt ovalet
- 1/2 sdt vanili bubuk
- Pewarna makanan (biru, hijau,ungu)
- Buttercream
- Keju

Cara membuat rainbow cake yang simple:

a. Mixer dengan kecepatan tinggi bahan telur, gula pasir dan ovalet hingga kental berjejak. Matikan mixer, masukkan terigu, santan dan vanili bubuk, berselang seling hingga habis, sambil diaduk menggunakan spatula.

b. Bagi adonan menjadi 3, beri pewarna ungu, hijau, dan biru atau sesuai selera. Beri dasar loyang kertas roti, kemudian olesi dengan mentega. Kukus tiap warna selama 10 menit.

c. Setelah dingin olesi tiap layer menggunakan buttercream, susun cake. Olesi permukaan menggunakan buttercream dan beri keju parut.

4 dari 6 halaman

4. Cara Membuat Rainbow Cake Kukus

Ilustrasi Rainbow Cake Kukus © Diadona

Bahan:
- 5 telur
- 200 gram terigu segitiga biru
- 200 gram gula pasir
- 2 bungkus skm putih
- 1 sdm SP
- 1 bungkus santan kara
- 50 gram margarin
- 50 ml minyak sayur
- 1 sdm vanili cair
- Sedikit pewarna

Bahan topping:
- 200 gram butter cream
- 150 gram keju
- Secukupnya springkel

Cara membuat rainbow cake kukus:

a. Masukkan telur, gula pasir dan sp, kocok hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan santan, susu kental manis dan vanili cair secara bergantian, mixer dengan kecepatan rendah.

b. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu. Lalu masukkan juga margarin yang sudah dilelehkan dan minyak sayur, mixer sebentar saja. Bagi adonan menjadi 4 bagian dengan takaran yang sama, olesi loyang dengan margarin.

c. Masukkan adonan pertama dan kukus selama 7 menit, lakukan hal itu sampai adonan habis, setelah adonan terakhir kukus kurang lebih 15 menit, setelah selesai angkat dan dinginkan dulu sebelum dihias.

5 dari 6 halaman

5. Cara Membuat Bolu Rainbow Cake

Ilustrasi Bolu Rainbow Cake © Diadona

Bahan:
- 4 butir telur
- 150 gram gula
- 1 sdm SP
- 1/4 sdt vanili
- 150 gram trigu
- 1 susu kental manis
- 1 bungkus santan instan
- 1 bungkus susu bubuk
- 150 ml minyak
- Sesuai selera Pewarna makanan

Cara membuat bolu rainbow cake:

a. Kocok dengan kecepatan tinggi telur, gula, sp, dan vanili hingga kental pucat. Kecilkan mixer, masukkan terigu, susu bubuk, dan santan, lalu aduk rata kemudian masukkan minyak dan skm. Aduk balik sampai bener rata.

b. Panaskan kukusan. Olesi loyang dengan mentega, alasi kertas roti. Bagi adonan menjadi 6 warna, setelah panas tuang 1 layer pertama masukan pengukus. Alasi tutup kukusan degan kain bersih agar air tidak menetes ke kue.

c. Tunggu 5 menit kemudian tuang lg layer kedua dan lakukan sampai habis. Setelah penuangan layer terakhir kukus selama 15-20 menit agar matang.

6 dari 6 halaman

6. Cara Membuat Rainbow Cake Gulung

Ilustrasi Rainbow Cake Gulung © Diadona

Bahan:
- 4 butir telur
- 150 gram gula pasir
- 1 sdm SP
- 1 bungkus vanili
- 1/2 sdt garam
- 150 cc mentega cair
- 1 bungkus susu kental manis
- 1 bungkus susu bubuk
- 150 gram tepun terigu segitiga
- 1 sdt baking powder double acting
- Pewarna makanan
merah, kuning muda, hijau, biru, dan ungu

Bahan butter cream chesee:
- 200 gram mentega putih
- 3 bungkus SKM
- 5 sdm gula halus
- 50 gram keju chedar parut

Cara membuat rainbow cake gulung:

a. Campur bahan kering berupa tepung terigu segitiga, susu bubuk, garam, baking powder dan vanili. Di wadah lain campur telur, gula, SKM, dan SP lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih dan kental.

b. Masukkan bahan kering sedikit demi sedikit, campur dengan kecepatan rendah, hingga tercampur rata. Masukkan minyak goreng aduk balik dengan spatula.

c. Bagi rata adonan menjadi 5 bagian dan beri masing-masing warna, siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti, tuang adonan warna ungu.

d. Panaskan kukusan, masukkan loyang, lalu tutup, jangan lupa tutupnya di beri kain/serbet bersih supaya air uapnya tidak jatuh di atas kue.

e.Kukus selama 7 menit, kemudian masukkan lagi adonan warna biru, kukus lagi skitar 7 menit, lakukan hal yg sama hingga adonan habis, terakhir kukus hingga 25 menit lalu angkat. Potong cake sekitar 1/2 cm, olesi butter cream chesee, lalu gulung.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat rainbow cake yang simple dan anti ribet dan tentunya bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Cocok sebagai salah satu menu camilan manis keluarga. Yuk, segera bergegas, berkreasi dengan resep cara membuat reainbow cake ini. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Baca juga yuk: 8 Cara Membuat Pizza Rumahan Dengan Teflon Dan Oven Yang Enak Dan Mudah Tanpa Ragi

Beri Komentar