15 Makanan yang Mengandung Vitamin E, Bermanfaaat untuk Kesehatan Kulit

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 14 Februari 2020 10:44
15 Makanan yang Mengandung Vitamin E, Bermanfaaat untuk Kesehatan Kulit
Vitamin R sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin E memiliki banyak sekali manfaat dalam kaitannya menjaga kesehatan tubuh, pun mengatasi berbagai penyakit yang menghinggapi tubuh. Untuk merasakan manfaat vitamin E, kamu bisa mendapatkannya melalui sejumlah buah dan makanan yang mengandung vitamin E. Lantas, apa saja buah dan makanan yang mengandung vitamin E? Simak terus informasinya di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Kesuburan

Salah satu fungsi vitamin E untuk kesehatan manusia adalah menjaga kesuburan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, maka antioksidan yang ada didalamnya akan membantu menjaga kesuburan kandungan. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin E untuk kesuburan? Berikut informasinya untukmu.

Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang menjadi makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin E, sehingga kontribusinya besar dalam mencukupi kebutuhan vitamin E harian.

Selain vitamin E, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Paprika

Ilustrasi Paprika © Diadona

Makanan yang mengandung vitamin E juga bisa ditemukan pada paprika. Paprika menyumbang sekitar 10 persen dari jumlah total kebutuhan vitamin E harian.

Vitamin E yang dikandung paprika bersifat antioksidan, sehingga efektif dalam menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan zeaxantin menjadikan paprikan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan jantung, mengonsumsi paprika juga diklaim mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2 (diabetes melitus), pun melindungi mata dari risiko penyakit katarak dan kerusakan retina.

Alpukat

Buah yang kerap dijadikan jus ini juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin karena kaya akan kandungan vitamin E, yakni sebesar 21 persen dari total kandungan nutrisi di dalamnya. Ini menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung.

2 dari 4 halaman

Makanan yang banyak Mengandung Vitamin E

Kebutuhan vitamin E per hari 15 miligram (mg) dianggap cukup untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak membutuhkan 4 sampai 11 mg vitamin E setiap harinya. Untungnya, banyak makanan yang mengandung vitamin E sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan asupan harian kamu.

Jadi apa saja sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E? Simak infonya di bawah ini.

Tomat

Tomat © Diadona

Tomat adalah salah satu buah dan makanan yang mengandung vitamin E. Manfaat tomat dengan vitamin E-nya tersebut antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Selain itu, tomat juga dinilai efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sementara itu, tomat juga berperan sebagai fitonutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Telur Ayam

Makanan yang mengandung vitamin E yang bisa kamu konsumsi selanjutnya adalah telur. Kandungan vitamin E pada telur ayam mencapai 1,03 mg atau 7 persen dari total kandungan nutrisi yang dimiliki. Mengonsumsi telur ayam secara rutin dalam jumlah yang ideal tentu akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh, termasuk melindungi tubuh dari risiko penyakit-penyakit kronik.

Biji Bunga Matahari

Ilustrasi Biji Bunga Matahari © Diadona

Biji bunga matahari atau biasa kita sebut ‘kuaci’ juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh. Bahkan, setengah gelas biji bunga matahari sanggup menyumbang 82 persen dari angka total kebutuhan vitamin E harian.

Selain itu, mengonsumsi biji bunga matahari atau kuaci juga bisa menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah penyakit radang sendi (arthritis). Kendati hanya sebagai camilan, siapa sangka ternyata manfaat biji bunga matahari sangat besar, bukan?

3 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sundried tomato © Diadona

Sebetulnya ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin E di sekitar kamu. Dari muali buah-buahan, sayuran-sayuran,biji-bijian, bisa kamu manfaatkan sebagai makanan yang mengandung vitamin E. Untuk kamu yang masih belum tahu tentang berbagai makanan yang mengandung vitamin E, simak contoh makanan yang mengandung vitamin E beriku ini ya.

Kacang Almond

Jenis kacang yang sering dijadikan komposisi tambahan pada cokelat maupun kue ini ternyata juga menyimpan manfaat sebagai makanan yang mengandung vitamin E. Ya, satu gelas kacang almond mengandung sekitar 26,2 mg vitamin E. Manfaat kacang almond ada banyak, mulai dari mencegah penuaan dini, mengatur kadar kolesterol, hingga melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Udang

Kamu suka mengonsumsi udang? Jangan salah, makanan laut satu ini ternyata juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E. Udang mampu memenuhi 18 persen kebutuhan vitamin E harian. Mengonsumsi udang secara rutin dapat membuat kamu merasakan berbagai manfaat vitamin E, seperti merawat kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah.

Selain itu, udang juga memiliki zat antioksidan karotenoid yang bertugas untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh bebas dari kerusakan sel.

Kiwi

24 Manfaat Buah Kiwi Hijau dan Kiwi Gold Untuk Diet dan Kesehatan © Diadona

Selain kaya akan vitamin C, kiwi ternyata juga juga menjadi jenis buah yang termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin E. Ya, sebuah kiwi menyimpan sekitar 1 mg vitamin E yang bermanfat untuk kulit agar awet muda, juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya vitamin C dan E, kiwi juga diperkaya dengan sejumlah zat bergizi lainnya seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Kulit

Vitamin E merupakan pelembap alami yang dibutuhkan kulit agar senantiasa kenyal, halus, dan awet muda. Vitamin ini juga bisa memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet matahari. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin E untuk kulit lembab dan sehat? Yuk, simak infonya berikut ini.

Brokoli

jus brokoli © Diadona

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat kamu. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat berigizi, termasuk menjadi makanan yang mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Minyak Zaitun

Jika selama ini kamu menggunakan minyak kelapa sawit untuk menggoreng masakan, cobalah untuk menggantinya dengan minyak zaitun. Kendati harganya lebih mahal dari minyak biasa, namun minyak zaitun cenderung minyak sehat dan memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin, salah satunya vitamin E. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun mencapai 18 persen dari total kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak yang berasal dari buah zaitun ini. Minyak zaitun berkhasiat untuk menangkal stres oksidatif yang menjadi awal timbulnya sel kanker. Jadi jangan ragu lagi ya akalau minyak zaitun juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin E.

Wortel

Wortel © Diadona

Wortel yang identik dengan vitamin A ini ternyata merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E. Satu buah wortel mengandung 5,6 persen vitamin E di dalamnya. Wortel juga diperkaya dengan serat alami sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel membantu tubuh untuk memerangi kanker, penyempitan pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung.

Ikan Salmon

Makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan yang biasa ditemukan pada makanan khas Jepang, sushi ini memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Bahkan, konsumsi 3 ons ikan salmon sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian bagi tubuh.

Ikan salmon juga diperkaya zat antikoksidan yang berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif yang memicu pertumbuhan sel kanker, juga meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Labu

Ilustrasi Labu Kuning © Diadona

Jangan lupa juga untuk memasukkan labu ke dalam menu sehat makanan yang mengandung vitamin E. Mengonsumsi labu mampu memenuhi 6 persen asupan vitamin E harian kamu. Labu efektif dalam membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar LDL, dan memperlancar sistem pencernaan oleh karena labu juga kaya akan serat.

Tahu

Sebagai masyarakat Indonesia, tahu sudah jadi makanan yang hampir kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini adalah makanan yang mengandung vitamin E, tepatnya 5,3 persen untuk setiap 100 gr-nya.

Mengonsumsi tahu secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kamu, seperti menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan kulit.

Itu dia daftar makanan yang mengandung vitamin E untuk kamu ketahui. Perlu diingat juga bahwa asupan vitamin E juga harus diimbangi oleh asupan vitamin dan zat berigizi lainnya. Selain itu, aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup juga diperlukan guna memaksimalkan perawatan kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar