12 Makanan Rendah Lemak Tinggi Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 5 Maret 2020 11:32
12 Makanan Rendah Lemak Tinggi Protein yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol
Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. termasuk dengan mengonsumsi makanan rendah lemak

Gaya hidup seseorang tentu akan mempengaruhi kesehatannya. Apa yang dimakan dan bagaimana pola hidupnya tentu sangat mempengaruhi kondisi tubuhnya. Bagaimana dengan kamu, pola hidup seperti apa yang kamu terapkan?

Pada zaman serba instan ini semua orang ingin serba cepat. Saking sibuknya terkadang makanan cepat saji menjadi pilihan. Nikmat dan mengenyangkan dalam waktu singkat namun tentu memiliki akibat buruk jika terus dikonsumsi setiap hari.

Namun, saat ini memang yang paling baik adalah mengonsumsi makanan rendah lemak. Sesibuk apa pun, kita tetap saja harus sedikit memilih dalam hal makanan. Ini merupakan salah satu kunci hidup sehat yang tak bisa dielakkan.

1 dari 4 halaman

Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak

Ilustrasi Telur © Diadona

Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan rendah lemak punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Apa aja sih makanan rendah lemakyang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya!

Telur

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia? Selain menjadi makanan rendah lemak, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Dilansir dari Healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur, tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

Kacang Almond

Ilustrasi kacang almond © Diadona

Selain menjadi makanan rendah lemak, kacang almond juga kaya akan antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda, serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.

Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

Dada Ayam

kalau kamu sedang menjalani program diet sehat dan ingin memgonsumsi makanna tinggi proteiun untuk menuurunkan berat badan, kamu bisa banget nih cobain dada ayam sebagai menu maknaan rendah lemak.Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget, yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.

Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

2 dari 4 halaman

Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Untuk melakukan diet rendah lemak, tentu kamu butuh makanan yang tepat. Pilihlah bahan makanan yang rendah kalori. Kandungan vitamin dan mineral makanan rendah lemak dan kalori bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Makanan ini juga mengandung air yang banyak. Jadi, kamu bisa makan makanan ini dalam jumlah yang cukup banyak. Llau apa saja makanan rendah kalori dan lemak yang bisa kamu konsumsi? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Cumi-Cumi

Makanan rendah lemak yang pertama adalah cumi-cumi. Dalam satu porsi cumi-cumi yaitu 45 gram, hal itu setara dengan satu ekor cumi-cumi ukuran kecil, hanya terdapat 2 gram lemak.

Udang

Ilustrasi Udang rebus © Diadona

Udang adalah makanan rendah lemaklainnya yang bisa kamu konsumsi. Dalam satu porsi udang segar yang setara dengan 5 ekor sedang atau 35 gram, kandungannya lemaknya tergolong rendah.

Ikan

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam satu porsinya yaitu sekitar 20 gram atau setara dengan 1/3 gelas, hanya mengandung 2 gram lemak. Pada dasarnya, ikan adalah makanan rendah lemakyang baik untuk membantu penyakit kardiovaskular.

Beberapa jenis ikan yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung yakni tuna dan salmon. Salmon memiliki kandungan lemak yang sedikit lebih tinggi, namun salmon adalah sesuatu yang baik untuk kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 nya.

Sementara tuna mengandung vitamin D, vitamin B12, selenium dan niacin yang baik untuk kesehatan kamu secara keselurahan.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Rendah Lemak

Ada berbagai jenis makanan rendah lemak dan kalori yang perlu kamu ketahui, agar dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan menu makanan yang baik untuk kesehatan, sekaligus membantu menjaga berat badan yang ideal. Adapun daftar makanan rendah lemak atau kalori antara lain, sebagai berikut:

Hati sapi

Ilustrasi Hati Sapi © Diadona

Selain ayam sapi juga bisa dijadikan sebagai makanna rendah lemak yang baik untuk tubuh. Hati sapi memiliki kandungan lemak yang rendah jika dikonsumsi sesuai porsinya yaitu 1 potong sedang atau 50 gram. Kandungah protein yang tinggi dalam hati sapi mampu menjaga kestabilan pembentukan otot sehingfa tubuh semakin kuat.

Produk olahan susu


Keju, yoghurt dan susu adalah sumber protein yang terbaik. Ketiga produk olahan susu tersebut mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim untuk menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadona

Kacang tanah atau kacang almond adalah salah satu makanan rendah lemak yang aman untuk dikonsumsi. Kacang almond diperkaya dengan vitamin E, mangan dan serat, sementara kacang tanah mengandung magnesium dan serat. Kandnga tersebutlah yang akan membantu tubuh untuk membentuk otot dengan baik

4 dari 4 halaman

Makanan Rendah Lemak dan Kolesterol

Ilustrasi Spirulina © Diadona

Bagi kamu yang memiliki masalah kolesterol namun tetap imgin menjaga berat badan, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan rendah lemak yang sehat dan bergizi. Dengan begini, kamu tak perlu takut kadar kolesterol akan naik. Langsung simak saja ulasan tentang makanan rendah lemak dan kolesterol berikut ini.

Spirulina

Mungkin nama ini asing di telingamu. Makanan rendah lemak yang sering disebut sebagai ganggang hijau ini juga punya kandungan kalori yang tinggi. Bahkan spirulina yang telah dipotong kecil-kecil dan dikeringkan bisa menjadi makanan alternatif pengganti telur. Sebabnya, spirulina mengandung delapan gram protein untuk 40 kalorinya. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurnya dengan salad.

Biji labu kering

Ilustrasi Biji Labu © Diadona

Saat memakan labu biasanya bijinya akan dibuang dan hanya memakan daging buahnya saja. Padahal itu keliru, biji labu ternyata juga punya banyak manfaatnya sebaagai makanan rendah lemak yang alami, apalagi jika sudah dikeringkan. Satu cup kecil biji labu kering mengandung 10 gram protein.

 

Yuk, tetap jaga kesehatan badan kita dengan mengonsumsi makanan sehat yang ada di sekitar kita.

Beri Komentar