12 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Kamu Hindari

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 1 April 2020 14:20
12 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Kamu Hindari
Hindari makanan penyebab darah tinggi agar kadar darah tinggi dalam tubuh tetap aman.

Apakah kamu menderita penyakit darah tinggi? Tahukah kamu jika ada jenis makanan penyebab darah tinggi? Termasuk makanan-makanan yang kerap disajikan saat di rumah. Karenanya, penting untuk mengurangi konsumsi makanan ini.

Darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

1 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi

Orang yang memiliki penyakit darah tinggi tentu harus menghindari konsumsi makanan penyebab darah tinggi. Tidak hanya untuk kamu yang memiliki darah tinggi tinggi, orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab darah tinggi. Apa saja sih jenis makanan penyebab darah tinggi tinggi yang harus dihindari? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Jeroan


Jeroan hewan, misalnya ati (hati), jantung, ampela, otak, babat, limpa, usus, dan paru adalah makanan penyebab darah tinggi tinggi.

Jeroan mengandung protein yang ketika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan banyak tambahan purin di dalam aliran darah. Sebagai contoh, 100 gram ati ayam saja sudah mengandung 243 mcg purin.

Jadi, jelas mengapa jeroan termasuk sebagai makanan penyebab darah tinggi yang harus ditinggalkan.

Seafood

 

Ilustrasi Seafood © Diadona


Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita darah tinggi tinggi, karena kandungan darah tingginya yang tinggi.

Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg darah tinggi. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng, tentu tingkat darah tingginya akan semakin tinggi. Yuk, batasi asupan makanan penyebab darah tinggi dan darah tinggi dari makanan laut.

Daging


Daging juga termasuk sebagai makanan penyebab darah tinggi dn darah tinggi tinggi sehingga harus dijauhi oleh penderita darah tinggi dan darah tinggi tinggi. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan darah tinggi yang tinggi.

Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut. Disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

2 dari 4 halaman

Kumpulan Makanan Penyebab Darah Tinggi

Salah satu cara menjaga kadar darah tinggi tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Termasuk juga dengan menghindari makanan penyebab darah tinggi. Lalu apa saja kah kumpulan makanan penyebab darah tinggi yang harus kamu hindari? Simak ulasannya di bawah ini.

Makanan Cepat Saji

 

Ilustrasi Fried Chicken Renyah © Diadona


Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, termasuk ke dalam makanan penyebab darah tinggi karena mengandung 85-180 mg darah tinggi dalam satu porsinya. Belum lagi jika ditambah minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi bersamaan.

Kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah darah tinggi tinggi.

Es krim


Satu cup es krim mengandung lebih banyak darah tinggi dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar darah tinggi dalam tubuh.Hati-hati dengan es krim ya, karena ternyata es krim juga termasuk dalam jenis makanan penyebab darah tinggi dan kolestero lyang harus kamu tinggalkan.

Steak

 

Steak medium rare © Diadona


Steak daging sapi adalah salah satu makanan penyebab darah tinggi. Meski tinggi darah tinggi dan lemak jenuh, bukan berarti kamu tidak dapat mengonsumsi steak daging sapi sama sekali.

Jika ingin makan steak, pilihlah daging tanpa lemak yang kadar darah tingginya lebih rendah, seperti bagian perut sapi (beef flank). Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg darah tinggi. Kamu juga bisa mengganti daging sapi dengan daging domba dengan kandungan darah tinggi lebih rendah, yaitu sekitar 100 - 150 mg.

3 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi akan berefek pada rasa nyeri di bagian kepala yang sangat menyiksa dan mengganggu bagi penderitanya. Serangan darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi baik pada hitungan bulan maupun hari. Kalau sewaktu-wakltu kambuh pasti akan sangat menyiksa penderitanya, makanya penederita harus menjaga diri dari makanan penyebab darah tinggi kambuh. Kira-kira apa saja makanan penyebab tekanan darah tinggi kambuh? berikut informasinya untukmu.

Bayam

 

Ilustrasi Bayam © Diadona

Biasanya jenis sayuran hijau seperti bayam dijadikan sebagai bahan maasakan karena mengandung manfaat yang luar biasa bagus untuk tubuh, namun ternyata bayam juga bisa menjadi makanan penyebab darah tinggi. Sebenarnya bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau darah tinggi, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

Asparagus

 

Asparagus adalah sayuarn yang memliki kandungan asam folat dan kalium yang tinggi. Setelah dimasak asparagus dapat dimakan baik panas atau dingin. Asparagus juga merupakan salah satu sayur yang menjadi makanan penyebab darah tinggi, karena kandungan purinnya tinggi. Menurut AcuMedico, kandungan purin 23 gram per 100 gram asparagus.

Kembang Kol

 

Ilustrasi Kembang Kol © Diadona


Kembang kol adalah sayuran silangan yang tidak sering ditemukan di dalam makanan lain, tetapi seringkali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dengan jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satu makanan penyebab darah tinggi. Menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

4 dari 4 halaman

Makanan Minuman 6Penyebab Darah Tinggi

Bagi kamu yang sudah menderita penyakit darah tinggi, kamu harus menghindari makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Makanan dengan jumlah lemak jenuh yang tinggi akan memicu peningktan jumlah darah tinggi dalam tubuh. Lalu apa saja makanan minuman penyebab darah tinggi naik? simak informasinya di bawah ini.

Jamur

 

 

Jamur kancing putih © Diadona

Jenis makanan yang juga sering dikonsumsi sebegai bahan masakan adalah jamur. Jamur sering diolah menjadi makanan dengan berbagai macam rasa yang menggugah selera. Namun, jamur ternyata mempunyai jumlah purin dengan kisaran 12-17 gram purin per 100 gram jamur. Menurut AcuMedico, jamur termasuk juga ke dalam sayuran yang harus dihindari sebagaai makanan penyebab darah tinggi tinggi.

Minuman Manis

 


Minuman manis tidak mengandung purin, tapi tinggi fruktosa (gula dari sirup jagung). Tubuh Anda memecah fruktosa dan menghasilkan purin.

Menurut sebuah penelitian dari BMJ Open, minuman bersoda yang dibuat dengan fruktosa berisiko tinggi memicu darah tinggi tinggi. Penelitian tersebut menemukan risiko darah tinggi tinggi naik sektar 85% pada pria yang minum lebih dari 2 porsi soda per hari, dibanding yang hanya minum satu gelas minuman manis dalam sebulan. Dari penjelasan tadi, sudah jelasya bahwa minuman manis juga termasuk dalam makanan penyebab darah tinggi. oleh karenanya, harus dihindari.

Alkohol

 

Minuman beralkohol © Diadona


Sama dengan minuman manis, miras dan alkohol seperti bir juga menjadi makanan penyebab darah tinggi makin tinggi selain makanan di atas. Hal tersebut diamini oleh sebuah penelitian tahun 2014 dari Boston University School of Medicine. Semakin banyak alkohol yang diminum, semakin besar risikonya, kata para peneliti.

Yuk, tetap jaga kesehatan badan dengan senantiasa berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu tubuh kita akan terhindari dari penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Beri Komentar