12 Makanan Khas Purwokerto Banyumas Jateng, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 8 Mei 2020 19:34
12 Makanan Khas Purwokerto Banyumas Jateng, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan
Selain panorama alamnya, makanan khas Purwokerto juga nggak kalah menggiurkan

Purwokerto mengalami perkembangan cukup signifikan setelah banyaknya mahasiswa dari luar kota yang datang menimba ilmu. Ini menjadi salah satu penggerak berkembangnya kota ini.

Perkembangan ekonomi di Purwokerto juga berdampak positif pada sektor pariwisata. Banyak tempat wisata yang kini mendapat perhatian, dan dioptimalkan pengelolaannya hingga menjadi tujuan wisata yang banyak diminati.

Ragam wisata bisa ditemukan di kota ini, mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata air. Dengan dijadikannya Purwokerto sebagai salah satu tujuan utama wisata, menjadikan keanekaragaman kuliner khas yang ada juga semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Purwokerto Banyumas

Makanan khas Purwokerto Banyumas memiliki cita rasa menggugah selera. Purwokerto merupakan sebuah kota yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyumas sebagai pusat pemerintahan.

Berikut rangkuman referensi makanan khas Purwokerto yang patut dicoba apabila berkunjung ke kota ini.


Gethuk Goreng

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ummu Ismail (@kncitam) on

 


Gethuk Goreng merupakan makanan manis khas Sokaraja, Banyumas. Getuk yang paling banyak ditemukan di pinggir kota Purwokerto ini terbuat dari singkong dan gula kelapa. Gethuk Goreng Sokaraja sudah melegenda dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Purwokerto dan Banyumas.

Bahkan makanan khas Purwokerto satu ini diusulkan sebagai warisan budaya nasional bukan benda (intangible) oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

 

Mendoan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Momylicious™ (@ayudiahrespatih) on

 


Purwokerto dan Banyumas terkenal akan mendoannya. Mendoan ini wajib banget kamu cicipi sebagai makanan khas Purwokerto Banyumas. Mendoan merupakan olahan tempe yang digoreng setengah matang bersama adonan tepung. Mendoan berasal dari bahasa Jawa "mendo" yang berarti setengah matang. Tempe digoreng setengah matang sehingga teksturnya masih terasa lembut.

Jenis tempenya pun khusus. Tempe yang digunakan tidak padat seperti tempe biasa. Tempe dibuat lembaran tipis dan lebar serta dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya pun bukan menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Purwokerto Jawa Tengah

Makanan khas Purwokerto Jawa Tengah wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah ini. Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang memiliki ragam budaya dan destinasi menarik.

Daerah yang terkenal dengan aksen ngapaknya ini punya kuliner khas yang patut dicoba. Yuk, intip makanan khas Purwokerto apa saja yang nggak boleh kamu lewatkan.


Nopia

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by rifana.id (@rifana.id) on

 


Nopia merupakan makanan khas Purwokerto yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah. Adonan dibuat bulat, lalu ditempelkan ke gentong yang terbuat dari tanah liat yang dibakar di atas kayu. Nopia memiliki rasa manis khas gula merah. Sekilas nopia mirip dengan bakpia khas Jogja. Hanya saja kulit nopia lebih padat sedangkan bakpia lebih berlapis.

 

Jenang Jaket

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by mirasafood (@mirasafood.id) on

 


Jenang jaket terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan. Jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan. Jenang jaket biasa dibungkus menggunakan kertas kecil dengan porsi sekali makan. Tekstur jenang jaket mirip dengan dodol atau wajik, jenang ini kerap dibalut wijen dan tidak mudah lengket saat dimakan. Makanan khas Purwokerto satu ini juga cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

Sroto Sokaraja

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Endeus.tv???? (@endeus.tv) on

 

Makanan khas Purwokerto Banyumas yang sangat terkenal adalah soto atau sroto Sokaraja. Soto ini bisa dengan mudah ditemukan di Purwokerto, khususnya di daerah Sokaraja. Berbeda dengan soto di daerah lain yang menggunakan nasi, Sroto Sokaraja diisi dengan potongan ketupat.

Potongan ketupat dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, sohun, tauge, daun bawang, dan aneka kerupuk. Campuran ini kemudian disiram kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih. Sroto Sokaraja begitu istimewa dengan tambahan bumbu kacang pada kuahnya yang memberi tekstur kental dan segar.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Purwokerto

Makanan khas Daerah Purwokerto bisa ditemui dengan mudah di tiap sudut kota. Makanan khas Purwokerto ini bahkan sudah menjadi identitas sendiri bagi masyarakat sana. Daripada penasaran, mending langsung simak aja nih rekomendasi makanan khas Purwokerto yang enaknya nggak ketulungan berikut ini.

 

Sate Bebek Tambak

 

 

      View this post on Instagram    

. SATE BEBEK PAK ENCUS #satebebek#gulebebek#satebebekpakencus #satebebektambak #kulinerbanyumas#latepost #foodphotography #instafood

A post shared by Wen_saja (@wen_saja) on

 


Purwokerto, Banyumas juga punya olahan sate yang khas. Makanan khas Purwokerto ini terbuat dari daging bebek yang lembut. Bebek yang digunakan adalah bebek yang masih muda sehingga memiliki daging yang empuk. Sate bebek Tambak biasanya menyediakan dua macam bumbu. Bumbu ini diantaranya adalah bumbu kecap dengan potongan cabai rawit pedas dan bumbu kacang yang kental.

Ada puluhan pedagang mulai dari model warung kecil, tenda, hingga restoran yang menjajakan sate bebek di sepanjang pinggir jalan utama Ibukota Kecamatan Tambak, atau jalur utama Purwokerto-Yogyakarta.


Kraca

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ian (Septian Agung) Perdana (@ianperdana28) on

 

Kraca merupakan makanan khas Purwokerto dengan olahan keong sawah yang dimasak dengan bumbu kuah pedas sepeti cabai, garam, pala, perica, bawang, lada, dan rempah lainnya. Bumbu rempah yang kuat ini memberi sensasi pedas dan panas hingga tenggorokan. Kudapan ini banyak ditemui di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas. Waktu yang paling tepat menyantap kuliner ini adalah pada malam hari karena bisa menghangatkan tubuh.


Buntil

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kartika Putri (@chejustche) on

 


Buntil merupakan makanan khas Purwokerto yang terbuat dari parutan kelapa, ikan teri, dan bumbu yang kemudian dibungkus dan diikat dengan daun pepaya, singkong, atau talas. Gulungan ini kemudian direbus dalam kuah santan. Buntil dapat dimakan bersama kuah santan yang gurih.

Sekilas buntil mirip hidangan bothok, yang membedakan adalah daun pembungkusnya yang bisa turut dimakan. Buntil dapat dengam mudah ditemukan di warung kaki lima atau restoran di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Purwokerto Jateng

Karena kelezatannya , sejumlah makanan khas Purwokerto Jateng sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Makanan khas Purwokerto Banyumas ini punya ragam jenis, mulai dari makanan berat, makanan manis, hingga camilan ringan.

Kamu bisa mencicipi makanan khas Purwokerto Banyumas ini langsung atau membawanya sebagai oleh-oleh. Mau tahu apa saja makanan khas tersebut? Simak informasinya di bawah ini ya!

 

Klanting Purwokerto

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Leti-Lindya-Andriana-ss (@letilindyaandriana) on

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nge - Meals (@sis.kitchen57) on

 


Klanting tergolong sebagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Berbentuk layaknya angka delapan, dengan tekstur yang renyah dan gurih membuat cemilan ini cukup digemari oleh kebanyakan orang. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Purwokerto.

 

Kluban Purwokerto

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nge - Meals (@sis.kitchen57) on

 

 

Kluban merupakan makanan yang mirip dengan salad. Makanan khas Purwokerto ini berfungsi sebagai pendamping nasi dan terbuat dari aneka macam sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Berbeda dengan salad, makanan ini disajikan dengan cara direbus dan kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu sambal.


Tegean

 

Tegean merupakan makanan khas Purwokerto yang biasa dimakan sehari-hari. Tegean merupakan sayur bening yang berisi bermacam-macam sayuran, diracik menggunakan bumbu sederhana. Tegean biasanya berisi bayam, kecambah, katuk, wortel, kedelai hitam, jagung. Tegean biasanya diberi bumbu awang merah dan bawang putih, beberapa ada yang dicampur daging sapi atau ayam.

 

Themlek


Themlek, themek, atau ranjem merupakan camilan khas Purwokerto, Banyumas. Makanan khas Purwokerto ini terbuat dari sisa ampas tahu yang diolah bersama bumbu rempah. Adonan themlek kemudian dibentuk bulat dan dicelup pada adonan tepung lalu kemudian digoreng.

 

enak0enak banget ya sepertinyaa. Jadi akan mencicipi makanan khas Purwokerto yang mana dulu nih? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar