12 Makanan Khas Kediri Jawa Timur yang Siap Menggugah Seleramu

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 6 Mei 2020 11:33
12 Makanan Khas Kediri Jawa Timur yang Siap Menggugah Seleramu
Yakin nih nggak mau nyobain?

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang juga menjadi kabupaten. Kota yang terletak sekitar 130 km dari pusat kota Surabaya ini ternyata mampu menarik minat para wisatawan untuk tidak melewatkan pesona keindahan Kediri. Tak hanya itu saja, Kediri ternyata juga terkenal sebagai kota pusat perdagangan rokok yang ada di Indonesia.

Di Kediri, kamu juga bisa menemukan tempat wisata yang cukup popular yaitu Simpang Lima Gumul dimana tempat ini juga menjadi ikon kota Kediri. Jika dilihat sekilas, bangunan tersebut hampir menyerupai L’Archde Triomphe yang ada di Paris. Jadi, apabila anda datang ke kota ini maka jangan sampai lewatkan untuk tidak mengunjungi monumen ikon Kediri tersebut.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Kota Kediri

Selain banyaknya daftar tempat unik yang ada di Kediri, hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika datang ke kota ini adalah mencicipi aneka macam makanan khas yang dimiliki oleh Kediri. Berikut ini makanan khas Kediri yang wajib untuk anda coba dan melengkapi wisata akamu ke Kediri. Yuk, cicipi lezatnya cita rasa makanan khas koa Kediri berikut ini.


Sate Bekicot

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rosa "ocha" Marina (@ocha_marina) on

 


Bagi sebagian besar bekicot atau sejenis siput ini menjadi hewan berlendir yang menjijikan tetapi bagi masyarakat Kediri, Bekicot bisa diolah menjadi makanan yang lezat yakni menjadi sate bekicot. Jangan buru-buru merasa jijik, pasalnya ternyata bekicot memiliki kandungan yang cukup baik untuk tubuh kamu. Bekicot juga menjadi salah satu makanan favorit di Perancis.

Untuk bisa menemukan olahan makanan khas Kediri ini maka datanglah ke desa Djengkol yang tidak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul kurang lebih 10 km. Selain bisa menemukan sate bekicot, kamu juga bisa menemukan olahan bekicot yang lainnya seperti tumis bekicot, siput krengsengan hingga keripik. Jangan khawatir, harganya juga cukup terjangkau.


Stik Tahu

      View this post on Instagram      

A post shared by Asahid & tehYung (@asahid_tehyung) on

 

Makanan khas Kediri yang berikutnya adalah stik tahu. Tak bisa dipungkiri apabila kota Kediri ini sendiri memiliki julukan sebagai kota Tahu karena banyaknya para penjual yang bisa kamu temukan di kota ini. Di Kediri, kamu juga bisa menemukan berbagai macam olahan yang terbuat dari tahu.

Stik tahu menjadi salah satu olahan yang wajib untuk kamu coba. Stik tahu yang berasal dari Kediri ini terbuat dari bahan kedelai yang berkualitas tinggi dan kaya akan rempah-rempah.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Kediri Jawa Timur

Main ke Kediri, gak lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka kulinernya yang siap menggoyang lidah. Kediri memang dikenal sebagai Kota Tahu.

Namun, ada banyak kuliner lezat khas Kediri lainnya yang wajib kamu coba. Contohnya seperti deretan makanan khas Kediri Jawa Timur berikut ini:


Soto Kediri

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ocha Chupid (@ocha_chupid) on

 

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, Kedirii juga memiliki soto khas yang tidak boleh kamu lewatkan apabila kamu sedang berkunjung ke kota ini. Soto yang ada di Kediri ini tentu berbeda dengan soto Betawi.

Makanan khas Kediri tersebut disajikan dengan menggunakan santan, tauge,, ayam, mie dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Soto Kediri ini sangat nikmat apabila disantap dengan sambal dan nasi hangat dilengkapi dengan emping mlinjo pasti akan membuat kamu semakin ketagihan.


Nasi Goreng Arang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by gunculinary (@gunculinary) on

 


Mendengar namanya, kamu pasti sudah berfikir jika nasi goreng khas Kediri ini terbuat dari bahan campuran arang bukan? Tapi tunggu dulu. Yang dimaksud disini adalah proses memasaknya yang masih menggunakan kompor arang dan bukannya kompor gas.

Yang menarik dari makanan khas Kediri ini walaupun tanpa menggunakan bumbu tetapi rasanya sangat lezat. Terlebih lagi ada campuran daging ayam.

3 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Kediri

Berkunjung ke kota Kediri, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul. Pasalnya monumen ini pun dikatakan memiliki kemiripan dengan Monumen Arc de Triomphe yang berada di Paris. Selain itu, Anda pun juga tak boleh melewatkan makanan dan minuman khas yang ada di kota ini. Untuk itu, kali ini terdapat beberapa rekomendasi makanan ringan khas Kediri. Mari simak ulasannya!


Sate Emprit

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Jastipsue (@jastipsue) on

 

Selain sate bekicot, makanan khas Kediri yang berikutnya adalah sate Emprit. kamu pastinya masih asing dan bingung dengan nama makananan ini bukan? Ya, sesuai dengan namanya, sate ini sendiri terbuat dari burung yang bernama Emprit.

Dan di Kediri, burung tersebut diolah menjadi sate dengan cita rasa yang lezat. kamu juga akan merasakan kelembutan daging emprit saat menyantapnya. Akan lebih lezat lagi, apabila sate Emprit tersebut dilengkapi dengan sambal kacang.


Carang Mas

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

 

Jika di Jakarta, kamu bisa menemukan kerak telur, maka ketika kamu datang ke Kediri, kamu akan menjumpai makanan tradisional yang tidak kalah lezatnya yakni Carang Mas. Carang Mas ini sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ubi jalar.

Biasanya makanan khas Kediri yang satu ini disajikan sebagai camilan yang lezat. Tak hanya itu saja, makanan yang memiliki cita rasa manis ini juga cukup murah meriah dan bisa menjadi oleh-oleh kamu untuk keluarga tercinta di rumah. Sudah ada banyak toko ataupun pusat oleh-oleh khas Kediri ini bisa kamu temukan. Makanan ini biasanya akan ditaruh pada wadah kedap udara agar teksturnya tetap terjaga.


Tahu Takwa

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Viva Hotel Kediri by Azana (@viva_hotel_kediri) on

 

 


Tak hanya stik tahu saja, Tahu Takwa juga menjadi olahan makanan khas Kediri yang juga wajib untuk kamu cicipi, Olahan yang satu ini awalnya dikenalkan oleh seorang pengusaha yang berasal dari Cina sejak 1912.

Pengambilan namanya sendiri berasal dari bahasa Mkamurin yang memiliki arti aroma. Nah, untuk aromanya, tahu ini sangat gurih dan menggoda tanpa ada rasa masam. Selain itu, keunikan lainnya dari tahu ini adalah ketika digoreng, bagian kulit luarnya akan crispy.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Kediri yang Terkenal

Pariwisata di kota Kediri terdiri dari wisata alam, sejarah, keluarga, religi, dan kuliner. Kalau sekarang kamu sedang berada di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Tahu ini, jangan lupa untuk berwisata kuliner mencicipi sejumlah makanan khas Kediri yang pastinya enak dan bisa bikin ketagihan. Berikut telah tim Diadona rangkum daftar makanan khas Kediri yang terkenal yang bisa kamu coba.


Cenil

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kolmimamak (@a1_makveesa0220_anwar) on

 

Ketika kamu mengunjungi sebuah kota termasuk Kediri, memang rasanya belum lengkap apabila kamu tidak sekalian mencicipi makanan khas yang dimilikinya. Dan makanan khas Kediri berikutnya ini juga recommended untuk kamu coba. Cenil memiliki tekstur layaknya kue klepon tetapi tanpa isian.

Biasanya cenil memiliki bentuk persegi panjang ataupun kotak. Cenil memiliki berbagai macam warna karena dicampur dengan pewarna makanan sesuai dengan selera yang membuat. Sama seperti klepon, jajanan yang satu ini juga akan ditaburi dengan kelapa dan biasanya juga akan dicampur dengan cairan gula jawa sehingga rasanya akan semakin nikmat.

Makanan ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp5000an.


Nasi Pecel Tumpang Jalan Dhoho

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo) on

 


Pecel menjadi salah satu sajian makanan khas Indonesia yang juga tidak pernah lekang oleh waktu. Dan di Kediri, kamu juga bisa menemukan penjual nasi pecel khas Kediri terutama apabila kamu tengah datang ke Jalan Doho. Nasi pecel tumpang sendiri merupakan makanan khas Kediri yang dijamin akan menggugah selera.

Biasanya akan disajikan dengan saus yang saling tumpang tindih, nasi putih dan berbagai macam sayuran. Selanjutnya, akan diberikan sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan hasil dari fermentasi tempe. Untuk melengkapi santap kamu, peyek bisa menjadi teman makan kamu.

Penyajian makanan ini juga masih menggunakan daun pisang sehingga menambah kesan unik tersendiri dari makanan ini.


Klepon

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Susi Agung (@susie.agung) on

 

 

Seperti yang telah diulas sebelumnya, klepon juga menjadi salah satu makanan khas Kediri yang wajib untuk kamu cicipi juga. Walaupun belum ada kejelasan dari manakah kue ini berasal, tapi banyak yang mengatakan jika kue ini berasal dari Kediri.

Kue ini sendiri memiliki bentuk bulat dengan warna khas hijau muda yang dilengkapi dengan isian gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa. Dijamin gula di dalamnya akan lumer didalam mulut kamu.

Demikian 10 makanan khas Kediri yang tidak boleh kamu lewatkan ketika tengah berkunjung ke kota ini. Ayo, segera persiapkan diri kamu untuk liburan kesini.

Beri Komentar