12 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Unik, Enak, dan Siap Menggoyang Lidahmu

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 April 2020 20:24
12 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Unik, Enak, dan Siap Menggoyang Lidahmu
Cicipi cita rasa kelezatan makanan khas Kalimantan Tengah yang siap bikin kamu ketagihan berikut ini

Makanan khas Kalimantan Tengah kebanyakan lahir melalui tangan masyarakatnya yang berasal dari Suku Banjar dan Dayak. Mereka berani menggunakan bahan-bahan yang unik dan didapat dari alam demi menghidangkan kuliner lezat.

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi terbesar di Pulau Kalimantan. Potensi alamnya yang indah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata unggulan oleh penduduk.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Kalimantan Tengah Beserta Gambarnya

Makanan khas Kalimantan Tengah bisa menjadi pilihan menu makanan yang menarik. Kalimantan Tengah merupakan sebuah provinsi di Kalimantan yang memilik ragam budaya dan sumber daya alam. Berikut kami rekomendasikan makanan khas Kalimantan Tengah beserta gambarnya.


Jelawat goreng

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Maria Fitri Mokodongan (@mariafitrimokodongan) on

 


Mungkin nama ikan ini terdengah asing bagi Toppers karena memang jenis ikan ini merupakan ikan endemik di sungai-sungai Kalimantan. Olahan makanan khas Kalimantan Tengah ini umumnya dibakar dan digoreng menggunakan bumbu-bumbu khas. Beberapa juga mengolah kuliner khas Palangkaraya ini dengan cara di Gulai.

Tekstur ikan yang lembut dan rasa bumbu yang gurih membuatnya wajib Toppers cicipi saat mengunjungi Kota Palangkaraya.

Wadi Patin

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Palangka | PKY | PLK (@kulinerpalangka) on

 


Makanan khas Kalimantan Tengah kalimantan tengah
Sumber gambar: Kompas
Selain olahan ikan Jelawat, makanan khas Kalimantan Tengah lainnya yang berbahan dasar ikan adalah Wadi Patin. Terbuat dari daging ikan patin yang difermentasi, kuliner tradisional khas Palangkaraya ini memberikanmu cita rasa asin dan asam serta kesegaran ikan patin yang menggoda.

Umumnya makanan tradisional Palangkaraya ini dimasak dengan cara digoreng dan dikukus. Ditambah dengan sambal serai dan sepiring nasi hangat, makanan khas Kalimantan Tengah satu ini dijamin akan memanjakan perutmu.

Telur Ikan Masak Kuning

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Overthinking Kills Happiness?? (@emymellisa) on

 


Kekayaan kuliner seafood di Palangkaraya tak hanya berhenti di Ikan Jelawat dan Wadi Patin saja, masih ada panganan tradisional Palangkaraya lain yang bisa jadi pilihanmu, yakni Telur Ikan Masak Kuning.

Dengan tekstur telur ikan yang kenyal dengan bumbu kuning yang gurih dan manis memberikan cita rasa unik untuk lidahmu.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Dayak Kalimantan Tengah

Salah satu suku yang mendiami daerah Provinsi Kalimantan Tengah adalah suku Dayak. Nggak heran deh kalau suku Dayak banyak menyuguhkan makanan khas yang menggugah selera. Mau tahu aoa saja makanan khas Dayak Kalimantan Tengah yang bisa kamu coba? Simak ulasannya di bawah ini ya!


Juhu Umbut Rotan

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Detektif Rasa - TRANS 7 (@detektifrasa_trans7) on

 

 

Meskipun rotan bukanlah bahan makanan yang lazim di wilayah Indonesia lainnya, namun di beberapa wilayah di Kalimantan Tengah, rotan yang masih muda menjadi salah satu bahan makanan khas Kalimantan Tengah, lho!

Dengan cita rasa sedikit pahit dan gurihnya rempah-rempah, ditambah kuah yang terbuat dari santan (atau tanpa santan) akan memberikanmu pengalaman berbeda dalam berwisata kuliner khas Palangkaraya.

Tak perlu takut tekstur dari makanan khas Kalimantan Tengah ini akan terasa keras karena rotan muda ini memiliki tekstur yang kenyal.

Keripik Kalakai

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by PADU PALITA (@padu_palita) on

 

Tanaman Kalakai adalah salah satu bahan makanan khas dari nenek moyang masyarakat keturunan Dayak sejak dahulu. Bahan makanan khas Kalimantan Tengah ini memiliki manfaat kesehatan seperti mengobati diare, menambah dasar hingga mencegah penuaan dini pada kulit.

Bahan makanan ini sendiri kerap diolah menjadi camilan berupa keripik yang sangat digemari. Dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah yang pas, makanan khas Kalimantan Tengah ini cocok menjadi makanan ringan pendamping waktu santaimu.


Bangamat

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by PADU PALITA (@padu_palita) on

 


Ingin mencoba makanan khas Kalimantan Tengah dengan bahan yang cukup unik? Bangamat bisa menjadi makanan tradisional Kalimantan Tengah yang bisa Toppers cicipi. Terbuat dari olahan daging kelelawar dan sayur hati batang pisang, tentu keunikan dari makanan khas Kalimantan Tengah ini cukup menarik untuk dicicipi.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Kalimantan Tengah Palangkaraya

Palangkaraya merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah. Ada 3 etnis yang dominan disana, yaitu Dayak, Jawa dan Banjar. Oleh karena itu makanan khas Kalimantan Tengaha dipengaruhi oleh ketiga etnis tersebut.

Perpaduan dari etnis Dayak, Banjar dan Jawa membuat makanan khas Kalimantan Tengah Palangkaraya menjadi beragam. Simak yuk apa saja makanan khas Kalimantan Palangkaraya


Kalumpe

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rasa Sayange (@rasasayange) on

 

Makanan khas Kalimantan Tengah ini juga dikenal dengan nama Karuang. Terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus, panganan tradisional Palangkaraya ini diolah dengan kuah kental yang diperkaya rempah-rempah. Disempurnakan dengan terong kecil dan ditaburi kacang tanah dan ikan teri, sayuran tradisional khas Kalimantan tengah ini sangat pas dimakan bersama nasi hangat dan pedasnya sambal terasi.

Juhu Kujang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by infokalteng (@infokalteng) on

 


Sayuran khas Palangkaraya selanjutnya yang bisa jadi teman santap siangmu adalah Juhu kujang. makanan khas Kalimantan Tengah Kalimantan Tengah ini terbuat dari keladi dan juga ikan yang dimasak dengan kuah berbumbu rempah-rempah khas setempat.

Kue Gagatas

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Matsu Kitchen (@nanny_tsuba) on

 

Terbuat dari beras ketan, Kue gagatas adalah makanan khas Kalimantan Tengaha yang banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional di Kalimantan Tengah. Dengan bentuk membulat dan lapisan gula pada bagian luar membuat camilan bercita rasa manis ini sangat pas menjadi teman menyeruput segelas kopi ataupun teh hangat di sore hari.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Kalimantan Tengah

Pergi berlibur ke suatu kota tentu tidak lengkap kalau kamu tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut, kan?

Apalagi, kuliner khas daerah bukan cuma soal urusan mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, tapi juga sangat berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki wilayah tersebut.

Karena itu, kamu yang sudah berencana akan mengunjungi Kalimantan Tengah jelas harus menikmati kuliner khas kota tersebut.

Soalnya, selain terkenal akan kawasan pesisir pantainya, sebenarnya ada banyak makanan khas daerah Kalimantan Tengah yang perlu kamu cicipi minimal sekali seumur hidup, lho!

 

 

Kenta


Terbuat dari ketan padi yang disangrai kering dan ditumbuk, makanan tradisional khas Masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang unik dan wajib Toppers coba saat mengunjungi Kota Palangkaraya.

Dilengkapi parutan kelapa, air kelapa muda, dan manis gula pasir, kamu pasti bisa membayangkan betapa unik cita rasa dari makanan khas Kalimantan Tengah satu ini bukan?

Juhu Singkah Enyuh

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ina's (@inasilvia11) on

 

Dalam bahasa setempat, Singkah Enyuh memiliki umbut kelapa. Umbut kelapa sendiri merupakan bagian ujung atau pucuk pada tunas kelapa. Bagi masyarakat Kalimantan Tengah, Singkah Enyuh ini bisa menjadi salah satu bahan makan yang lezat.

Dengan tekstur empuk dan disirami kuah dengan cita rasa gurih dari berbagai rempah-rempah pilihan, makanan khas Kalimantan Tengah ini sangat pas menjadi lauk pendamping makan siang ataupun makan malammu.

 

Wadai Apam

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kurir bangjeck banjarmasin (@kurir_bangjeck_bjm) on

 


Makanan khas Kalimantan Tengah selanjutnya yang bisa jadi teman minum kopi ataupun teh adalah Wadai apam. Kuliner tradisional khas Palangkaraya ini umum ditemukan di berbagai perayaan setempat mulai dari pernikahan, pertemuan keluarga, dan acara lainnya.

Namun, tak sulit juga untuk mendapatkan makanan khas Kalimantan Tengah ini untuk sekedar menjadi camilan sehari-hari ataupun dibawa sebagai oleh-oleh dari Palangkaraya untuk keluargamu.

Sambal Kandas Serai

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ????????????????????_???????????????????????????? (@dewie_kitchen) on

 


Buat yang suka cita rasa pedas, olahan sambal tradisional Kalimantan Tengah satu ini wajib hukumnya untuk kamu cicipi. Dibuat dari cabai dan rempah-rempah lainnya serta tentunya serai, sambal ini memiliki cita rasa unik yang akan lengkapi cita rasa makanan khas Kalimantan Tengah lainnya.

Umumnya, sambal lezat ini menjadi pelengkap olahan Ikan Jelawat, Wadi Patin, dan berbagai makanan khas Kalimantan Tengah Kalimantan Tengah lainnya.


Tak sedikit bukan ekspolari cita rasa kuliner lokal yang bisa dicicipi saat singgah ke Kalimantan Tengah? Mencicipi kekayaan makanan khas Kalimantan Tengah di Palangkaraya tentu akan buat petualanganmu di salah satu Kota Terluas di Indonesia ini makin sempurna.

Sudah siap untuk mulai petualangan kuliner khas Kalimantan Tengah?

Beri Komentar