Beberapa Ide Bermain dengan Anak untuk Ayah yang Sibuk Bekerja

Reporter : Riza Umami
Kamis, 30 Juni 2022 16:17
Beberapa Ide Bermain dengan Anak untuk Ayah yang Sibuk Bekerja
Berikut ini beberapa ide yang bisa dilakukan.

Biasanya, ayah adalah tulang punggung keluarga yang sibuk mencari nafkah untuk istri dan anak-anaknya di rumah. Hal ini pun mungkin menyebabkan ayah jadi jarang ada waktu untuk buah hati.

Bila berlangsung terus-menerus, hal ini bisa menyebabkan anak jadi kurang dekat dengan ayahnya karena ia memang jarang ada waktu untuk buah hatinya. Tentu ayah tak mau anaknya seperti itu.

1 dari 4 halaman

Lantas apa yang perlu dilakukan anak supaya dekat dengan anak? Salah satunya dengan mengajaknya bermain bersama. Berikut ini beberapa ide bermain dengan anak untuk ayah yang sibuk bekerja.

Ide bermain pertama yang bisa dilakukan bareng buah hati yaitu membacakannya buku cerita. Anak biasanya suka didongengi apalagi kalau yang membacakan cerita adalah ayahnya yang jarang ada waktu untuknya.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

Momen saat mendongengi anak ini bisa jadi waktu yang tepat untuk quality time bareng anak. Kemudian, jangan lupa membelikan buku-buku cerita baru untuk buah hati supaya ia pun makin semangat waktu dibacakan cerita oleh ayah.

3 dari 4 halaman

Ide bermain yang kedua yaitu dengan melakukan permainan kesukaan anak. Biasanya anak itu punya permainan favoritnya. Ayah bisa bertanya kepada ibu untuk mengetahui permainan apa yang disukai buah hati. Misalnya anak suka main musik, maka sesekali ayah bisa ajak anak main gitar.

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

4 dari 4 halaman

Ide bermain yang ketiga yaitu mengajak anak jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah. Buah hati biasanya suka banget kalau diajakin ke luar rumah. Biarkan anak mengeksplorasi alam dan jangan takut anak kotor. Biarkan ia main di rumput, tanah atau taman dekat rumah.

Terakhir, ayah bisa mengajak buah hati bermain air sambil membersihkan kendaraan ayah. Walau mungkin hal ini akan memakan waktu lebih banyak, tetapi ayah bisa membersihkan kendaraan pribadi sekaligus jadi lebih dekat dengan buah hati. Itulah beberapa ide yang bisa dilakukan, selamat mencoba!

Beri Komentar