Cara Jitu Mengatasi Anak yang Lagi Mogok Sekolah

Reporter : Riza Umami
Senin, 11 Juli 2022 10:17
Cara Jitu Mengatasi Anak yang Lagi Mogok Sekolah
Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Anak terkadang gak mau berangkat ke sekolah dengan berbagai alasan misalnya tak mau dijailin sama temannya, gak mau ngerjain tugas di sekolah dan masih banyak lagi alasannya. Kalau lagi mogok gini, pasti ibu pun jadi pusing gimana cara mengatasinya.

Kalau orang tua memilih cara yang kasar dengan memaksanya tetap sekolah bahkan mungkin memarahinya, tentu ini malah kurang baik untuk sang anak. Buah hati bahkan belum tentu mau mendengarkan orang tua, ia bisa saja berontak.

1 dari 4 halaman

1. Jangan Terbawa Emosi

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Dilansir dari laman parenting.co.id, ibu perlu tetap tenang dalam menyikapi sikap anak waktu mogok gak mau ke sekolah ini. Daripada ibu malah marah-marahin anak, lebih baik tenangkan dulu diri Mom supaya tidak terbawa emosi. Dengan begini, Mom pun bisa menyelesaikan masalah dengan lebih bijaksana.

2 dari 4 halaman

2. Mencari Tahu Alasan Anak Tak Mau ke Sekolah

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © iStock

Tentu ada alasan mengapa anak tak mau pergi ke sekolah. Ibu bisa menanyakan langsung kepada buah hati dengan baik-baik dan tidak pakai emosi. Namun, kalau sang anak tak mau menjawab, coba tanyakan kepada temannya atau mungkin guru kelasnya.

3 dari 4 halaman

3. Beri Anak Waktu

Ilustrasi Ibu dan Anak RemajaIlustrasi Ibu dan Anak Remaja © JTBC Drama

Terkadang sejumlah anak mungkin memang butuh waktu sampai ia mau dan siap buat sekolah lagi. Oleh sebab itulah, Mom perlu memberikan anak waktu sementara. Jangan lupa izinkan anak kepada gurunya ya Mom.

4 dari 4 halaman

4. Berikan Anak Penjelasan dan Bujuk Ia

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Terakhir, berikanlah anak penjelasan kalau mogok sekolah itu bukanlah menyelesaikan masalahnya, justru akan membuatnya lari dari masalahnya tersebut. Ajari ia bagaimana untuk bisa menyelesaikan masalahnya misalnya kalau anak sulit mengerjakan tugas, bantu anak supaya ia makin semangat. Mom juga bisa membujuk buah hati dengan cara lain misal masakan bekal kesukaannya dan lainnya.

Beri Komentar