Anak Dapat Komentar Negatif di Medsos, Bagaimana Sebaiknya Respons Mom?

Reporter : Riza Umami
Senin, 4 Juli 2022 21:49
Anak Dapat Komentar Negatif di Medsos, Bagaimana Sebaiknya Respons Mom?
Jangan keburu kepancing emosi Mom.

Ketika ibu membagikan foto atau video sang anak di media sosial, terkadang hal ini mengundang komentar dari orang lain. Biasanya komentar tersebut berupa pujian dan hal yang positif.

Namun, mungkin sesekali Mom akan mendapatkan komentar negatif dari orang lain terutama bila cara parenting Mom dengan ilmu yang terbaru berbeda sama yang biasanya di masyarakat.

Saat melakukan hal yang tak biasa ini Mom terkadang akan dapat komentar yang tak mengenakkan tentang anak. Kalau udah menyangkut anak, biasanya orang tua jadi lebih sensitif dan mudah terpicu emosi. Lantas bagaimana ya cara merespons komentar negatif orang lain yang ditujukan pada anak?

1 dari 4 halaman

1. Jangan Terpancing Emosi

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © digitaltrends.com

Ada beberapa hal yang bisa Mom lakukan. Yang pertama yaitu dengan tidak terpancing emosi akan komentar negatif tentang anak tersebut. Kalau Mom terlanjur emosi, sebaiknya tunda dulu untuk membalas komentar tersebut sampai ibu jadi lebih tenang.

2 dari 4 halaman

2. Respons Seperlunya

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © freepik.com

Saat ibu mendapatkan komentar negatif tentang anak, lebih baik dijawab seperlunya saja dan tidak perlu dipermasalahkan panjang lebar karena nanti ujung-ujungnya hanya bikin makin stres atau nambahin beban pikiran.

3 dari 4 halaman

3. Tak Usah Dihiraukan

ilustrasi hpilustrasi hp © unsplash/Paul Hanaoka

Bila komentar tersebut terlalu menyakitkan, sebaiknya tak usah dihiraukan saja dan Mom cuma perlu menganggapnya angin lalu saja. Kalau terlalu dipikirin nanti hanya bakal bikin Mom sakit hati.

4 dari 4 halaman

4. Tutup Kolom Komentar

Ilustrasi HPIlustrasi HP © liputan6.com

Ada baiknya kalau Mom kerap dapat komentar negatif tentang anak yang menyakitkan, sebaiknya tutup saja kolom komentar. Ketikan netizen zaman sekarang bisa tajam banget bahkan sampai menghina.

Beri Komentar