Tips Merawat Bayi Lahir Prematur dengan Berat Badan Terlalu Kecil

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 9 Desember 2020 07:37
Tips Merawat Bayi Lahir Prematur dengan Berat Badan Terlalu Kecil
Ikuti tips merawat bayi lahir prematur yang membutuhkan perawatan khusus.

Semua ibu ingin melahirkan bayi mereka secara normal dan tepat pada waktunya. Namun terkadang banyak ibu hamil yang harus menghadapi kenyataan bahwa si kecil dalam perut sudah nggak sabar untuk melihat dunia meski belum waktunya.

Hal ini sering disebut dengan kelahiran prematur dan sudah cukup sering terjadi. Biasanya bayi yang lahir prematur cenderung memiliki berat badan yang kecil dibandingkan dengan kelahiran normal.

Kondisi ini biasanya membuat banyak ibu merasa khawatir. Dilansir dari Boldsky, bayi yang lahir prematur dengan berat badan lebih rendah bisa memiliki risiko kematian akibat infeksi, hipotermia, masalah pernapasan, atau hanya karena ketidakdewasaan beberapa organ vital mereka.

Akibatnya, bayi mungkin nggak bisa beradaptasi dengan baik setelah mereka berada di luar rahim. Inilah mengapa mereka membutuhkan perhatian dan cinta yang lebih khusus dan lebih banyak.

Berikut beberapa tips merawat bayi lahir prematur dengan berat badan terlalu kecil.

1 dari 4 halaman

Menyusui sesuai jadwal

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Menyusui disebut sebagai cara terbaik untuk merawat dan memberikan nutrisi pada bayi. Usahakan untuk memberikan ASI pada bayi yang lahir prematur dibandingkan asupan makanan lain.

Lakukan hal ini selama setidaknya 6 bulan pertama setelah kelahiran mereka. Ini akan membantu memenuhi nutrisi bayi.

2 dari 4 halaman

Kontak kulit ke kulit

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Kontak kulit ke kulit atau skin to skin sudah sering dianjurkan oleh para ahli. Hal ini memang punya banyak manfaat bagi bayi.

Menggendong bayi secara langsung di atas kulit kita membantu menjaga kehangatan tubuh mereka dengan baik. Hal ini juga akan membantu mengatur detak jantung dan pernapasan bayi.

3 dari 4 halaman

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Mengunjungi dokter memang diperlukan agar kita bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hal ini juga harus dilakukan secara teratur agar kita nggak melewatkan pemeriksaan yang penting.

Dokter akan membantu kita mengetahui kemajuan pertumbuhan dan perkembangan bayi secara menyeluruh. Masalah pun akan lebih cepat terindentifikasi dan mendapatkan penanganan.

4 dari 4 halaman

Membantu bayi berkembang

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Bayi kita harus selalu dalam keadaan sehat dan punya energi agar tumbuh dengan baik. Kita bisa membantu mewujudkan hal itu dengan memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk membantu bayi berkembang, kita harus dapat memberikan waktu kita untuk mereka. Kita harus selalu ada untuk anak dan mengenali apa yang mereka suka dan tidak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar