Apa yang Bayi Lihat di Bulan Pertama Kelahirannya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 6 Desember 2020 07:37
Apa yang Bayi Lihat di Bulan Pertama Kelahirannya?
Kemampuan penglihatan bayi di bulan pertama kelahirannya.

Bayi menyimpan banyak fakta mengejutkan dalam diri mereka. Apalagi di bulan pertama kelahirannya. Di masa itu, banyak hal yang mungkin nggak sepenuhnya kita mengerti tentang bayi.

Beberapa dari kita mungkin merasa takjub dengan segala tindakan bayi di bulan pertama kelahirannya. Rasa penasaran kemudian mulai muncul dalam diri kita tentang apa yang dirasakan hingga dilihat oleh bayi.

Dilansir dari Mom.com, penglihatan bayi belum berkembang saat mereka lahir. Rabun jauh yang dialami bayi akan cepat memudar karena mereka nggak hanya mengembangkan kemampuan fisik untuk melihat lebih dekat, tapi juga mulai memahami isyarat visual dari dunia di sekitar mereka.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

dr. Benjamin Ticho dari Ticho Eye Associates mengungkapkan bahwa bayi nggak punya banyak gagasan tentang apa yang mereka lihat. Mereka juga belum punya banyak konteks untuk memahami informasi visual yang mereka terima.

Hal ini sangat normal karena dunia ini masih benar-benar baru bagi bayi. Mereka butuh waktu untuk mengasosiasikan sesuatu di sekitar mereka, termasuk wajah kita.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi bayi kembar © Diadona

Penglihatan bayi di bulan pertama terus berubah. Dalam minggu pertama, bayi hanya bisa melihat benda yang kira-kira berjarak delapan hingga dua belas inci di depannya dan hanya akan menahan pandangannya selama beberapa detik. Semuanya terlihat hitam dan putih dengan beberapa corak abu-abu yang membantu menegaskan berbagai hal.

Di akhir minggu kedua, bayi mungkin mulai mengenali wajah orang terdekat yang sering mereka lihat. Bayi masih belum siap untuk menatap dalam waktu yang lama dan akan sering mengalihkan pandangan.

3 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Pada minggu ketiga, pandangan bayi akan menjadi lebih panjang. Begitu juga dengan rentang perhatian mereka.

Bayi akan mulai mempelajari hal-hal di sekitar mereka. Mereka masih hanya bisa melihat hingga 12 inci di depan wajah mereka, tetapi akan menatap hingga 10 detik.

4 dari 4 halaman

ilustrasi bayi senyum © Diadona

Sementara pada akhir minggu keempat, bayi akan mulai melacak objek dengan matanya. Kita akan melihat mereka menggerakkan kepalanya maju mundur karena matanya masih belum bisa bergerak sendiri.

Karena bayi masih belum punya kemampuan untuk melihat terlalu jauh dan juga warna, sebaiknya kita mencipatakan lingkungan yang bisa meningkatkan koordinasi matanya. Mengecat ruangan dengan warna-warna cerah akan membantu merangsang penglihatan bayi dan memberinya sesuatu yang bisa mereka lihat dan fokuskan.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar