Anak Mulai Jerawatan, Apa yang Harus Dilakukan untuk Bantu Mereka?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 29 Januari 2021 07:37
Anak Mulai Jerawatan, Apa yang Harus Dilakukan untuk Bantu Mereka?
Kenali penyebab dan cara mengatasi jerawat pada anak.

Jerawat merupakan sebuah masalah pada kulit yang dialami oleh banyak orang. Kita tentu sering jengkel saat menemukan jerawat tumbuh di area wajah atau tubuh kita.

Hal itu juga sangat mungkin dirasakan oleh anak. Apalagi saat jerawat mulai tumbuh untuk pertama kalinya.

Biasanya hal ini terjadi pada anak yang mulai memasuki masa pubertas. Perubahan pada kulit membuat jerawat mulai muncul dan nggak jarang membuat anak jadi sulit merasa percaya diri.

1 dari 4 halaman

anak jerawatan © Diadona

Dilansir dari Parents, jerawat cukup umum muncul pada anak usia 7 dan 12 tahun. Kabar baiknya, kondisi ini bisa diobati dengan memahami penyebab dan cara terbaik menanganinya.

Jenis jerawat vulgaris menyerang sekitar 85 persen remaja dan dewasa muda. Jerawat ini biasanya lebih sering dialami oleh anak laki-laki di masa remaja mereka.

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi saat pori-pori tersumbat oleh sebum (minyak), bakteri, dan sel kulit mati. Selama masa pubertas, hormon menyebabkan produksi minyak menjadi kacau dan sel-sel kulit nggak terlepas secepat yang seharusnya sehingga memunculkan jerawat.

2 dari 4 halaman

anak jerawatan © Diadona

Pemicu spesifik dari jerawat sering kali sulit ditentukan karena bisa sangat beragam. Tapi beberapa faktor ini bisa kita perhatikan:

1. Produk perawatan kulit

Perhatikan produk perawatan kulit yang digunakan oleh anak. Sebagian besar ahli kulit menyarankan agar kita membaca label dan memahami apa yang harus dihindari untuk kulit anak.

2. Makanan

Membuat anak menghindari bebrapa jenis makanan tentu akan sulit. Namun perlu kita ketahui bahwa makanan tinggi glisemik seperti sereal yang mengandung gula dan permen bisa memicu munculnya jerawat.

3 dari 4 halaman

3. Menyentuh wajah

Menyentuh wajah akan memindahkan bakteri dari tangan ke kulit. Hal ini berpotensi menumbuhkan jerawat.

4. Cuaca

Perubahan musim juga bisa memicu munculnya jerawat. Kulit harus menyesuaikan diri saat hal itu terjadi.

4 dari 4 halaman

Pengobatan jerawat untuk anak

anak jerawatan © Diadona

Masalah kulit dan perawatan setiap anak mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis kulit mereka. Produk yang dijual bebas mungkin bisa menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Tapi penting untuk mengetahui apa yang harus dicari dan memahami bahwa beberapa produk punya kemungkinan nggak cocok saat digunakan oleh anak. Beberapa anak harus melalui perjalanan melawan jerawat yang nggak mudah.

Asam salisilat dan asam laktat merupakan dua bahan yang bekerja dengan baik saat dikombinasikan. Dua bahan itu membantu membuka pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit sekaligus melembabkan.

Meski sangat sulit tapi kunci dari mengatasi jerawat adalah kesabaran. Berikan setidaknya 10-12 minggu perawatan jerawat untuk melihat hasilnya.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar