Meski Tingkah Si Kecil Ada Aja, Ternyata Ini Manfaat di Baliknya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 17 Juni 2021 07:17
Meski Tingkah Si Kecil Ada Aja, Ternyata Ini Manfaat di Baliknya
Pasti ada aja tingkah si kecil yang bisa bikin jengkel kayak suka ngelempar barang, masukin benda ke mulutnya dan lain-lain.

Tingkah laku buah hati memang ada saja ya Mom, bahkan terkadang mungkin menguras emosi misalnya anak suka melempar-lempar benda yang ia temui atau lihat, anak suka memasukkan berbagai benda ke mulutnya dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, tingkah laku si kecil yang seperti ini memang merupakan hal yang wajar dalam masa perkembangannya. Oleh sebab itu, orang tua perlu memahami hal-hal tersebut secara bijak. Dilansir dari akun Instagram @ibupedia_id, berikut ini alasan di balik beberapa tingkah laku si kecil.

1 dari 4 halaman

1. Melempar-lemparkan Barang

Ilustrasi Bayi Duduk © Diadona

Anak kecil biasanya suka melempar-lemparkan atau bikin berantakan barang ya Mom, apalagi yang sudah tertata dengan rapi. Hal tersebut sebenarnya karena anak sedang mengeksplorasi berbagai benda yang ia temui dan juga bagaimana bunyinya.

Kegiatan yang satu ini pun ternyata bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik dan koordinasi mata dengan tangan saat anak melemparkan benda-benda tersebut. Meski bikin jadi berantakan ternyata ada manfaatnya ya untuk anak.

2 dari 4 halaman

2. Memasukkan Benda-Benda ke Mulut

ilustrasi bayi main © Diadona

Anak kecil biasanya suka memasukkan berbagai benda kecil yang ia temukan ke dalam mulutnya. Hal yang satu ini pun sangat wajar di fase oral buah hati. Mom hanya perlu memastikan benda-benda yang ada di sekitar anak ini dalam keadaan bersih sehingga aman meski dia masukkan ke mulutnya.

3 dari 4 halaman

3. Anak Bergerak Tanpa Henti

Ilustrasi Bayi Merangkak © Diadona

Terkadang, ada pula beberapa anak yang begitu aktif dan bergerak tanpa henti. Hal ini bisa karena anak sedang memenuhi kebutuhan geraknya atau bisa juga karena ia mempunyai energi berlebih yang perlu disalurkan.

4 dari 4 halaman

4. Berbicara Sendiri

Ilustrasi Bayi Bermain © Diadona

Sejumlah anak mungkin suka berbicara sendiri saat ia sedang bermain atau melakukan aktivitas lainnya. Sebenarnya, anak sedang menggunakan kemampuan berimajinasi dan keterampilan bahasanya.

Tak perlu terlalu cemas selama si kecil masih bisa merespons orang tua saat diajak bicara. Itulah beberapa tingkah laku anak dan alasan serta manfaat di baliknya. Kalau anak Mom melakukan tingkah laku yang mana nih?

Beri Komentar