Perhatikan Mom, Ini Beberapa Tempat yang Kerap Jadi Lokasi Anak Tantrum

Reporter : Riza Umami
Rabu, 16 Juni 2021 07:17
Perhatikan Mom, Ini Beberapa Tempat yang Kerap Jadi Lokasi Anak Tantrum
Di mana saja ya?

Terkadang menjadi hal yang menantang ya Mom saat pergi ke tempat umum bersama anak karena kita tak tahu sewaktu-waktu anak bisa tiba-tiba tantrum di sana. Alhasil, Mom pun jadi bingung gimana untuk menenangkan anak apalagi kalau ia malah nangis terus.

Mungkin Mom sudah melakukan upaya pencegahan agar anak tak sampai tantrum di tempat umum, tetapi terkadang bisa juga terjadi sewaktu-waktu dan di mana pun tanpa terduga. Dilansir dari akun Instagram @ibupedia_id, berikut ini ada beberapa tempat yang kerap jadi lokasi anak tantrum agar Mom pun lebih berhati-hati.

1 dari 4 halaman

1. Supermarket

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Yang pertama yaitu di supermarket. Tempat yang satu ini memang sering banget jadi lokasi anak tantrum ya Mom apalagi di supermarket ini memang ada banyak barang yang mungkin menyita perhatian si kecil. Pas lagi pengin sesuatu harus dibeliin, kalau gak nanti ujung-ujungnya tantrum deh.

Oleh sebab itulah untuk mencegahnya, ibu harus memastikan dulu anak dalam kondisi kenyang sebelum berangkat dan tak mengantuk. Lalu, perhatikan kalau terlihat tanda-tanda anak capek serta hindari terlalu lama berkeliling agar si kecil tak sampai bosan.

2 dari 4 halaman

2. Playground

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Lokasi yang kedua yaitu di playground. Biasanya, kalau udah diajakin ke tempat bermain seperti ini anak betah banget dan susah diajakin pulang. Kalau dipaksa pulang pun, dia bakalan nangis dan tetep kekeh masih mau terus main.

Untuk mengatasi anak tantrum di playground seperti ini, coba untuk memberitahu 5-10 menit sebelumnya saat ingin mengajak anak untuk pulang. Kemudian saat mau siap-siap pulang, pasang wajah ceria , validasi perasaan anak saat sedih dan alihkan perhatiannya dengan cara mengobrol.

3 dari 4 halaman

3. Restoran

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Tempat yang ketiga yaitu di restoran atau tempat makan. Terkadang saat orang tua mengajak anak ke restoran, dia bisa tiba-tiba jadi tantrum apalagi kalau anak memang sedang rewel tak mau makan. Alhasil bukannya kenyang, yang ada ibu justru sibuk ngurusin anak.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anak tantrum di restoran ini misalnya yaitu dengan membawa mainan atau benda kesayangan anak yang akan membuatnya jadi tak bosan menunggu makanan datang. Lalu, carilah restoran yang kid-friendly sehingga ia bisa duduk sendiri dengan aman.

4 dari 4 halaman

4. Toko Mainan

ilustrasi anak menangis © Diadona

Tempat yang terakhir yaitu di toko mainan. Lokasi yang satu ini sering banget bikin anak tantrum karena kalau udah sampai di sana, anak biasanya jadi banyak maunya dan pengin beli mainan ini dan itu. Kalau gak diturutin, dia bisa nangis sejadi-jadinya.

Untuk mencegah hal ini terjadi sebelum berangkat ke toko mainan, ibu perlu membuat kesepakatan dengan anak tentang apa dan berapa mainan yang boleh dibeli. Kalau sampai anak melanggar, beri tahu pula konsekuensi apa yang akan dia dapatkan misalnya ibu hanya mau membelikan satu mainan saja kalau anak sampai tantrum di sana nanti.

Nah, itulah beberapa tempat yang kerap menjadi lokasi anak tantrum. Kalau si kecil tetap tantrum meski ibu sudah melakukan beberapa pencegahan, coba bawa ia ke tempat yang sepi kemudian peluk anak dan tunggu hingga tantrumnya selesai. Semoga ulasan ini membantu ya Mom.

Beri Komentar