Tanda-Tanda Anak Perempuan Alami Menstruasi Pertama yang Perlu Mom Ketahui

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 17 Desember 2022 11:17
Tanda-Tanda Anak Perempuan Alami Menstruasi Pertama yang Perlu Mom Ketahui
Ini nih beberapa tandanya, Mom.

Anak perempuan yang beranjak remaja biasanya akan mengalami menstruasi yang pertama. Mungkin saat pertama kali mengalaminya, anak akan bingung dan butuh bantuan dari ibu.

Biasanya, ada beberapa tanda yang bisa terlihat saat anak perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali dalam hidupnya. Kira-kira, apa saja ya tanda-tandanya?

1 dari 4 halaman

Yang pertama, anak mungkin akan mengalami keputihan. Dilansir dari laman hellosehat.com, beberapa bulan sebelum mengalami menstruasi yang pertama, anak biasanya akan mengalami keputihan.

Keputihan ini memang salah satu gejala normal yang dialami anak perempuan yang akan mengalami menstruasi pertama. Lalu, jika sistem reproduksi anak sudah matang, ia pun akan mengalami haid yang pertama.

2 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Tanda yang kedua yaitu muncul flek. Terkadang akan muncul flek beberapa bulan sebelum seorang anak mengalami menstruasinya yang pertama. Namun, hal ini tak dialami oleh semua anak perempuan, hanya sebagian saja.

Yang ketiga yaitu anak akan mengalami perubahan emosi. Sebelum buah hati mengalami menstruasinya yang pertama, ia mungkin akan jadi lebih tegang atau emosional daripada biasanya.

3 dari 4 halaman

Anak bisa jadi lebih mudah marah atau mungkin jadi gampang menangis tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini pun sebenarnya wajar terjadi karena perubahan hormon yang dialami oleh anak saat hendak mengalami menstruasi pertama.

Tanda yang keempat yaitu anak perempuan akan mengalami perubahan fisik. Perubahan yang satu ini biasanya bisa terlihat cukup jelas. Anak yang akan mengalami haid pertama akan mengalami perubahan fisik.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

Ia akan mengalami perkembangan payudara di mana area sekitar puting susu akan membesar dan beberapa jaringan payudara akan terbentuk di bawah putih susu. Biasanya, payudara pun bakal jadi lebih sensitif daripada sebelumnya.

Itulah tanda-tanda saat anak perempuan mengalami menstruasi pertama yang perlu ibu ketahui. Dikutip dari kidshealth.org, biasanya anak perempuan mengalami menstruasi pertama kali di usia 10-15 tahun tergantung dari kematangan tiap anak. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom untuk lebih memahami kondisi anak yang akan mengalami haid pertamanya.

Beri Komentar