Gak Melulu Negatif, Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Supaya Gadget Berguna untuk Anak

Reporter : Riza Umami
Rabu, 30 November 2022 21:00
Gak Melulu Negatif, Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Supaya Gadget Berguna untuk Anak
Apa saja ya Mom kira-kira 3 hal tersebut?

Sejumlah orang tua sengaja tidak memberikan gadget kepada anaknya karena berbagai alasan. Namun, ada pula sebagian orang tua yang terpaksa memberikan gadget kepada anaknya supaya lebih memudahkan saat mereka sedang melakukan pekerjaan rumah.

Sebenarnya, gadget tak selalu berdampak negatif kepada anak. Bila digunakan dengan baik, gadget pun bisa berguna untuk buah hati dan meringankan beban ibu saat mengasuh anak sendirian di rumah.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari laman haibunda.com (30/11), Melinda Wenner Moyer melalui bukunya yang berjudul 'How to Raise Kids Who Aren't A-------', mengemukakan bahwa orang tua dari anak-anak yang sukses tak khawatir berapa banyak waktu yang buah hatinya habiskan untuk bermain gadget.

Sejumlah orang tua itu justru mengajarkan 3 hal penting kepada anaknya supaya bisa menggunakan gadget untuk hal yang berguna dan memberi manfaat positif bagi mereka.

2 dari 4 halaman

1. Bagaimana Cara Menyevaluasi Media

Ilustrasi Anak Bermain Gadget © Diadona

Orang tua perlu cermat dalam memilih berbagai aplikasi, game atau situs web yang diakses oleh anaknya. Ajarkan buah hati mana saja media yang aman dan boleh untuk diakses oleh mereka.

Selain itu, Mom juga perlu memberikan pemahaman kepada anak situs web atau aplikasi seperti apa yang tak boleh mereka gunakan. Jelaskan hal tersebut beserta apa saja dampak negatif darinya.

3 dari 4 halaman

2. Anak Perlu Paham Batasan dalam Menggunakan Gadget

Ilustrasi Anak Bermain Gadget © Diadona

Ibu pun perlu mengajarkan anak supaya mereka paham tentang batasan penggunaan gadget. Diskusikanlah beberapa hal ini dengan anak seperti di mana saja anak bisa memainkan gadget mereka, berapa lama anak bisa main HP dalam sehari, dan beberapa hal yang lainnya. Buatlah kesepakatan bersama anak di mana kedua pihak sama-sama menyetujuinya.

4 dari 4 halaman

3. Ajari Anak Menggunakan Gadget dengan Bijak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Bila ibu membolehkan anak memakai HP, maka sebaiknya ajarkanlah anak untuk menggunakan gadget tersebut dengan bijak. Beri tahu anak bahwa teknologi bukanlah pengaruh yang buruk. Malah kalau dimanfaatkan dengan baik, gadget ini bisa digunakan untuk komunikasi, pembelajaran dan juga pertumbuhan.

Gadget pada dasarnya hanyalah sebuah alat, di mana alat tersebut bisa bermanfaat atau berbahaya tergantung dari bagaimana penggunanya. Ajarkan anak menggunakan gadget dengan cara yang sehat supaya bisa bermanfaat untuknya.

Beri Komentar