Bagaimana Cara Melatih Kemampuan Empati Buah Hati?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 23 November 2022 07:17
Bagaimana Cara Melatih Kemampuan Empati Buah Hati?
Berikut ini Mom caranya.

Orang tua perlu membantu dalam melatih kemampuan empati buah hati. Kemampuan yang satu ini akan sangat berguna untuk kehidupannya seterusnya supaya ia menjadi pribadi yang baik saat dewasa nanti.

Ternyata, ada caranya supanya tepat sasaran ketika mengajarkan empati kepada buah hati. Dilansir dari akun Instagram @parentalk.id, stimulasi perlu dilakukan di mirror neuron anak supaya tepat sasaran.

1 dari 4 halaman

Mirror neuron sendiri adalah bagian di otak manusia yang bertanggung jawab pada kemampuan empati. Mirror neuron ini biasanya bakal teraktivasi ketika ia melihat orang lain mengalami pengalaman yang ia juga rasakan serta alami.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi mirror neuron tersebut. Cara yang pertama yaitu dengan melihat orang merasakan emosi yang sama dengan apa yang kita rasakan.

2 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © iStock

Cara yang kedua yaitu perlu adanya orang lain yang berempati terhadap emosi yang diri kita rasakan, mengenai kejadian yang sudah kita alami. Bahasa yang lebih gampang yaitu orang tua menjadi cermin untuk anak atas pengalaman emosional yang ia alami saat itu.

3 dari 4 halaman

Lantas, bagaimana cara orang tua menjadi cermin untuk anak? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Yang pertama yaitu dengan melabeli emosi yang saat itu sedang dirasakan oleh anak seperti marah, sedih, senang dan lainnya.

Yang kedua, validasi emosi itu lewat ekspresi wajah atau bisa juga dengan intonasi suara yang benar-benar bisa menggambarkan emosi yang sedang dirasakan anak pada saat itu.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak RemajaIlustrasi Ibu dan Anak Remaja © shutterstock

Yang ketiga, tetap tenang dan hadirlah sepenuhnya untuk buah hati. Hal ini pun sekaligus menjadi penanda bahwa rang tua mampu menjadi jangkar emosi untuk buah hati. Itulah cara yang bisa dilakukan. Semoga berguna, Mom.

Beri Komentar