5 Hal Ini Sebenarnya Bukan Tanggung Jawab Buah Hati pada Orang Tua

Reporter : Riza Umami
Kamis, 15 Desember 2022 21:37
5 Hal Ini Sebenarnya Bukan Tanggung Jawab Buah Hati pada Orang Tua
Bukan tanggung jawab anak tetapi kerap dibebankan orang tua kepadanya, apa saja ya Mom?

Terkadang, sejumlah orang tua memberikan beban yang terlalu berat kepada anak mereka baik disadari maupun tidak. Padahal, anak semestinya masih bersenang-senang dengan teman-temannya tanpa harus memikirkan terlalu banyak hal.

Ekspektasi orang tua yang terlalu muluk kepada anaknya kerap malah jadi bumerang baginya. Anak jadi tertekan bahkan beberapa malah berontak kepada orang tuanya sendiri. Dilansir dari akun Instagram @parentalk.id, berikut ini 5 hal yang sebenarnya bukan tanggung jawab buah hati.

1 dari 5 halaman

1. Mengasuh Adik

Ilustrasi Kakak Adik © Diadona

Orang tua seringkali menugaskan anaknya yang lebih besar untuk membantu mengasuh adiknya. Kalau nanti adiknya nangis, pasti yang disalahkan adalah kakaknya. Padahal, tugas mengasuh adik sebenarnya bukanlah tanggung jawab anak tetapi itu adalah keharusan orang tua.

2 dari 5 halaman

2. Jadi Penengah Konflik Orang Tua

Ilustrasi Orang Tua Bertengkar di Dekat Anak © Diadona

Saat orang tua sedang berantem dan diem-dieman satu sama lain, terkadang anak malah dijadikan penengah konflik mereka. Buah hati disuruh menyampaikan pesan karena orang tua sedang malas ngomong langsung. Padahal, ini pun bukan tanggung jawab seorang anak.

3 dari 5 halaman

3. Memenuhi Keinginan Orang Tua yang Belum Terpenuhi

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Sejumlah orang tua terkadang memaksakan cita-cita mereka yang tak sempat diraih kepada anaknya. Mereka memaksa buah hatinya untuk memenuhi keinginan mereka tersebut seperti ingin anaknya jadi dokter, tentara atau yang lainnya. Padahal, setiap anak berhak memilih profesi apa yang ia ingin jalani dalam hidupnya.

4 dari 5 halaman

4. Meregulasi Emosi Orang Tua

ilustrasi ibu marah pada anak © Diadona

Buah hati pun tak bertanggung jawab atas emosi yang dialami oleh orang tuanya. Anak bukanlah tempat orang tua meluapkan segala emosi yang dia rasakan. Meluapkan emosi kepada anak seperti itu hanya akan berdampak negatif untuk buah hati ke depannya.

5 dari 5 halaman

5. Membahagiakan Orang Tua

ilustrasi ibu dan anak perempuan © Diadona

Tiap anak tentu ingin membahagiakan orang tuanya, tetapi bila orang tua terlalu menggantungkan kebahagiaannya kepada anak, hal ini hanya akan membuatnya tertekan bahkan sampai stres. Anak sebenarnya tak memiliki tanggung jawab untuk membahagiakan orang tuanya apalagi kalau ia merasa terpaksa melakukannya.

Beri Komentar