Selain Melatih Kesabaran, Ini 5 Alasan Memelihara Kucing Baik untuk Perkembangan Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 10 November 2020 12:37
Selain Melatih Kesabaran, Ini 5 Alasan Memelihara Kucing Baik untuk Perkembangan Anak
Pelihara kucing ada manfaatnya lho, Moms!

Kucing menjadi salah satu hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah. Banyak pecinta hewan yang memilih kucing sebagai sahabat untuk menemani kehidupan mereka.

Ternyata memelihara kucing juga punya manfaat yang baik untuk anak lho. Dilansir dari Practical Parenting, kucing bahkan menjadi hewan yang cocok dipelihara oleh anak untuk pertama kalinya.

Nggak hanya cocok untuk dipeluk, kucing juga bisa mengajari anak tentang tanggung jawab dan cara merawat. dr. Jo Righetti, seorang ahli perilaku hewan, juga mengungkapkan beberapa alasan mengapa kucing menjadi peliharaan yang sempurna untuk anak.

1 dari 5 halaman

Kucing membantu anak belajar merawat

Ilustrasi Kucing © Diadona

Anak-anak sebenarnya secara alami punya kemampuan merawat. Kehadiran kucing memberikan kesempatan bagi anak untuk merawat kehidupan lain.

Dengan merawat kucing, anak-anak belajar tentang tanggung jawab seperti memberi makan hingga membersihkannya. Keterampilan merawat kucing bisa dipelajari oleh anak bahkan di usia cukup dini.

2 dari 5 halaman

Kucing membantu anak belajar menghargai

Ilustrasi Kucing © Diadona

Punya kucing sebagai peliharaan di rumah membantu anak menghormati hewan. Hal ini kemudian akan membantu anak menghormati manusia juga.

Saat kita memberikan contoh perilaku kita kepada hewan, anak akan belajar dari melihat hal itu. Menunjukkan pada anak bagaimana memperlakukan kucing dengan baik bisa mengajari mereka tentang menghargai preferensi makhluk hidup.

3 dari 5 halaman

Kucing mendorong keseimbangan antara bekerja dan bermain

Ilustrasi Kucing © Diadona

Kehidupan keluarga sehari-hari bisa berjalan dengan sangat sibuk. Tapi punya hewan peliharaan bisa bikin anak menyeimbangkan tugas sekolah, olahraga, penggunaan gadget, dan kehidupannya sebagai seorang anak.

Seekor kucing adalah alasan yang menyenangkan untuk mematikan gadget mereka. Sebagian besar anak cenderung senang bermain dengan hewan peliharaan mereka.

4 dari 5 halaman

Belajar sabar

Ilustrasi kucing © Diadona

Kebanyakan kucing cenderung punya sifat introvert. Hal ini akan membantu anak belajar untuk tetap tenang dan rileks sampai kucing siap berinteraksi dan bermain dengan mereka.

Selain itu, merawat kucing membutuhkan banyak kesabaran. Tingkah kucing bisa tiba-tiba sangat menjengkelkan dan anak harus bisa menghadapi hal itu.

5 dari 5 halaman

Kucing adalah pendengar yang pendiam

Ilustrasi kucing sedih © Diadona

Kucing pada umumnya adalah hewan yang pendiam. Sifat ini memberikan rasa tenang dan tentram pada orang yang memeliharanya.

Banyak anak yang senang mengobrol dengan kucing dan berteman akrab dengan mereka. Hal ini juga bisa memberikan rasa tenang pada anak-anak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar