Tips Menghadapi Kritik Mertua Tentang Cara Membesarkan Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 9 November 2020 07:37
Tips Menghadapi Kritik Mertua Tentang Cara Membesarkan Anak
Pertimbangkan beberapa hal dulu sebelum emosi, Moms!

Menikah bukan hanya tentang menjalani kehidupan bersama dengan pasangan saja. Secara nggak langsung, kita juga harus bisa menghadapi keluarga pasangan, terlebih mertua kita.

Beberapa pasangan bahkan harus tinggal bersama mertua mereka dan menghabiskan waktu bersama setiap hari. Nggak heran kalau banyak kehidupan rumah tangga yang kemudian terlalu dicampuri oleh kehadiran mertua.

Emang sih, nggak semua ucapan mertua itu salah. Semua tentu sebenarnya disampaikan demi kebaikan kita.

Namun terkadang mertua juga mungkin secara nggak sadar mengkritik kebiasaan kita, terutama tentang cara kita membesarkan anak. Jika hal itu terjadi, dilansir dari Verywell Family, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

1 dari 4 halaman

Tanyakan pada diri sendiri

Ilustrasi Mertua © Diadona

Sebelum kamu mencela komentar mertua yang terdengar seperti kritik, sebaiknya pertimbangkan dulu tentang apa yang mereka sampaikan. Apakah sebenarnya kamu memang menanyakan hal itu pada mereka? Apakah itu benar-benar nasihat yang kamu minta?

Jika kita memang meminta nasihat dari mereka, maka terimalah kenyataan kalau kita memang memberi kesempatan pada mereka untuk menyampaikan pemikirannya. Akan sulit jika kita meminta bantuan tapi nggak suka dengan respon yang didapatkan. Makanya kembalilah bertanya pada diri sendiri sebelum terbawa emosi.

2 dari 4 halaman

Pahami niat mertua

ilustrasi mertua menantu © Diadona

Luangkan waktu sejenak untuk mengetahui niat dari mertua. Mungkin memang terasa menyebalkan saat kita menerima nasihat yang nggak diminta, apalagi jika jika hal itu menyinggung tentang sesuatu yang menyakitkan.

Namun kita harus berusaha memahami hati orang lain yang mengkritik cara parenting kita. Bisa jadi mereka sebenarnya ingin menunjukkan kepedulian dan ingin kita menjadi lebih baik.

3 dari 4 halaman

Berusaha menafsirkan nasihat dengan baik

ilustrasi mertua © Diadona

Seringkali kita mudah membuat penafsiran yang salah tentang nasihat yang diberikan oleh mertua. Bahkan beberapa di antara kita menambahkan makna atau emosi yang sebenernya nggak dimaksudkan oleh mertua.

Makanya pentung untuk menafsirkan nasihat mertua dengan baik. Jangan terbawa emosi dan ajak mertua berdiskusi dengan tenang.

4 dari 4 halaman

Tanyakan pendapat dokter anak

Ilustrasi Dokter © Diadona

Meski punya pengalaman, mertua tetap bukan seorang ahli anak. Mereka juga mungkin bisa memberikan saran yang salah pada kita.

Untuk itu, sebelum menelan bulat-bulat nasihat mereka, sebaiknya kita menanyakan hal itu pada dokter anak. Dengan begitu, kita punya alasan yang kuat jika nggak melakukan apa yang disarankan oleh mertua.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar