Nikita Willy Pilih Terapkan Metode BLW untuk MPASI Baby Izz, Ini Manfaatnya

Reporter : Riza Umami
Senin, 24 Oktober 2022 21:04
Nikita Willy Pilih Terapkan Metode BLW untuk MPASI Baby Izz, Ini Manfaatnya
Ini nih manfaat dari metode BLW untuk MPASI anak.

Cara MPASI Nikita Willy untuk anaknya sempat mendapatkan sorotan dari netizen. Hal ini karena ia langsung mengenalkan makanan yang bertekstur untuk Baby Izz yang usianya masih 6 bulan.

Dilansir dari laman kumparan.com, BLW atau Baby Led Weaning ini adalah metode MPASI di mana anak dibiarkan makan sendiri menggunakan tangannya tanpa bantuan dari mama atau yang lain. Makanan pun biasanya dibuat atau dipotong menjadi ukuran yang mudah dipegang oleh anak.

1 dari 4 halaman

Nikita Willy pun mempunyai alasannya sendiri mengapa ia memilih metode BLW untuk MPASI anaknya yaitu karena ia dan suaminya sering travelling sehingga cara makan seperti ini dirasa lebih memudahkannya untuk menyiapkan makanan untuk sang buah hati.

Hal ini pun sudah ia konsultasikan dengan dokter anaknya. Demi menambah pengetahuan tentang metode BLW, Nikita Willy pun mengikuti workshop, virtual course dan membaca buku tentang metode BLW untuk MPASI.

2 dari 4 halaman

Metode BLW untuk MPASI ini pun mempunyai beberapa manfaat untuk anak. Yang pertama yaitu mengenalkan tekstur dan rasa kepada buah hati. Dengan metode BLW ini, anak dapat memilih sendiri makanan mana yang ingin ia makan di atas piring. Buah hati pun bisa mengenal tekstur, warna dan rasa dari berbagai bahan makanan.

ilustrasi bayi makanilustrasi bayi makan © sleepbaby.org

3 dari 4 halaman

Manfaat yang kedua yaitu metode ini bisa digunakan untuk mendukung kemampuan motorik bayi. Kedua tangan anak memang aktif bergerak saat makan dengan metode BLW ini. Ia harus menjangkau makanan di atas meja dengan tangannya, memegang dengan tepat supaya tak jatuh dan memasukkan makanan tersebut ke mulutnya. Kegiatan inilah yang bisa melatih motorik buah hati.

Manfaat yang berikutnya yaitu anak bisa menikmati makanannya. Makan sendiri mungkin terasa lebih menyenangkan untuk buah hati karena ia bisa mengambil makanan apa yang ingin dimakan sambil merasakan tekstur dari tiap bahan makanan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Anak tak perlu dipaksa menghabiskan makanannya saat makan sendiri seperti ini. Dia bahkan bisa memainkan makanannya sepuasnya. Tentu, ibu perlu banyak bersabar dalam proses ini, tetapi lama-kelamaan anak akan terbiasa dan mau makan sendiri seperti ini.

Itulah ulasan seputar metode BLW untuk MPASI serta manfaatnya yang juga diterapkan oleh Nikita Willy. Siapa nih yang juga menggunakan metode ini untuk MPASI buah hatinya, Mom? Share cerita Mom di kolom komentar ya.

Beri Komentar