Tips Asyik Menasihati Anak Supaya Masuk ke Relung Hati

Reporter : Riza Umami
Senin, 10 Oktober 2022 22:20
Tips Asyik Menasihati Anak Supaya Masuk ke Relung Hati
Ini nih beberapa tipsnya Mom.

Menasihati anak gampang-gampang susah untuk dilakukan oleh orang tua. Apalagi pada anak yang beranjak remaja, biasanya mereka lebih sulit untuk dinasihati oleh orang tuanya.

Lantas bagaimana supaya anak tidak kesal dan mau mendengarkan saat orang tua memberikan nasihat yang baik kepadanya. Dilansir dari akun TikTok @sekolahorangtua, ini beberapa tips asyik dalam menasihati anak.

1 dari 4 halaman

1. Hindari Berteriak dan Memaksa Anak

Jangan sampai ibu menasihati anak dengan keras dan malah berteriak-teriak kepada buah hati. Hal ini hanya akan menyakiti perasaannya saja, bahkan nasihat ibu tak akan didengarkan oleh anak.

Sesuatu yang dilakukan dengan memaksa tidak akan berakhir dengan baik. Yang ada malah memperkeruh suasana sampai menyebabkan anak jadi ngambek dan tak marah pada orang tua.

2 dari 4 halaman

2. Gunakanlah Bahasa yang Lembut Saat Memberikan Nasihat

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ibu dan ayah sebaiknya menggunakan bahasa yang lembut saat menasihati anak. Nasihat yang disampaikan dengan lembut seperti ini, biasanya akan lebih didengarkan oleh anak daripada nasihat yang penuh emosi.

Selain itu, ibu juga bisa sambil memberikan sentuhan pada anak misalnya mengelus-elus kepalanya saat memberikannya nasihat dengan lembut. Hal ini supaya anak menjadi lebih nyaman dan tenang.

3 dari 4 halaman

3. Dengarkanlah Perkataan Anak dan Berikan Perhatian

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Bila ibu ingin supaya nasihatnya didengarkan oleh anak, terlebih dahulu ibu harus mendengarjan perkataan yang disampaikan oleh anak. Ketika anak merasa dihargai oleh orang tua, maka ia juga akan menghargai orang tuanya.

4 dari 4 halaman

4. Sampaikan Nasihat dengan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Ketika berbicara dan menasihati anak, sebisa mungkin orang tua menggunakan bahasa yang mudah untuk ia pahami. Jangan sampai malah menggunakan sindiran atau yang sejenisnya dan berharap anak mengerti akan hal tersebut.

Bila orang tua menyampaikan nasihat dengan jelas dan lembut, anak pun akan lebih mendengarkan nasihat tersebut dan masuk ke relung hatinya. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Beri Komentar