Kenapa ya Bayi Sering Rewel Tiap Kita Ajak Duduk?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 5 Juni 2020 08:37
Kenapa ya Bayi Sering Rewel Tiap Kita Ajak Duduk?
Diajak duduk nangis, eh pas digendong sambil berdiri malah berhenti nangisnya. Kenapa ya?

Jadi orang tua memang menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam kehidupan pasangan yang berkeluarga. Apalagi jika anak kita masih bayi dan belum bisa melakukan banyak hal sendiri. Pada akhirnya di fase ini anak akan sangat bergantung pada orangtuanya.

Hal itu seringkali membuat kita nggak bisa bergerak bebas dan harus selalu memantau mereka. Ditinggal sebentar saja kadang-kadang anak sudah nangis kencang dan mencari keberadaan kita.

Tapi pernah nggak sih kalian mengalami situasi di mana anak menjadi rewel saat diajak duduk? Anehnya saat kita berdiri justru mereka akan berhenti menangis dan nggak rewel lagi. Kira-kira apa ya penyebabnya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Dilansir dari Times of India, secara naluriah orang tua akan menggendong bayi dan mengayunkannya saat mereka mulai menangis kencang. Menggendong bayi sambil berdiri merupakan cara yang paling mudah untuk menenangkan bayi. Tapi tahu nggak sih kenapa bayi tiba-tiba berhenti nangis saat digendong sambil berdiri?

Tentunya kondisi itu bukan karena bayi ingin nakal dan bikin kita kesel setiap waktu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Biology menunjukkan bahwa bayi berusia di bawah enam bulan akan berhenti menangis saat ibunya berjalan. Bahkan detak hantung mereka yang semula cepat justru menurun dibandingkan saat mereka duduk di pangkuang sang ibu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Yang mengejutkan lagi, ternyata reaksi bayi yang seperti ini nggak hanya terjadi pada manusia aja lho! Ternyata hewan spesies mamalia juga punya pola yang sama.

Penelitian ini dilakukan pada 12 bayi sehat berusia satu sampai enam bulan. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara paling efektif bagi ibu untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Ternyata setelah penelitian ini dilakukan, ditemukan bahwa bayi-bayi itu lebih santai dan senang saat digendong oleh ibu mereka.

3 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa perilaku anak ini adalah cara bawaan mereka untuk bertahan hidup. Hal ini merupakan gabungan peraturan pusat, motorik, dan jantung yang terkoordinasi sebagai bagian penting dari interaksi ibu dan bayi. Digendong dengan berdiri menimbulkan respon fisiologis yang membantu menenangkan anak.

Jadi saat bayi kita mulai menangis, tindakan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggendong mereka sebentar. Hal ini juga bisa membantu kita mengetahui alasan di balik tangisan mereka. Bisa aja mereka merasa takut atau sedang lapar.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar