Kesal karena Dicuekin? Gini lho Cara Biar Anak Mau Dengerin Omongan Orang Tua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 6 Juni 2020 15:15
Kesal karena Dicuekin? Gini lho Cara Biar Anak Mau Dengerin Omongan Orang Tua
Cobain trik ini yuk Moms..

Ada kalanya si kecil akan berubah sedikit nakal dengan melakukan pemberontakan. Jika sebelumnya mereka selalu mendengarkan ucapan orang tuanya, akan ada masanya mereka mulai tidak peduli dengan orang tuanya.

Meskipun sering bikin kesal, nyatanya orang tua harus tetap berjuang agar si kecil mau mendengarkan mereka lho. Tapi tenang aja, Mama dan Papa nggak perlu pusing.

Mengutip dari Times of India, berikut adalah trik agar si kecil mau mendengarkan ucapan orang tuanya.

1 dari 3 halaman

1. Persingkat Kalimat yang Diutarakan

Cara termudah yang bisa dilakukan yakni dengan menyampaikan instruksi yang singkat dan to the point. Semakin banyak kalimat yang disampaikan, si kecil justru tidak akan menangkap poin penting yang ingin disampaikan orang tua.

2. Minta Perhatian Penuh sebelum Berbicara

Sebelum menyampaikan sesuatu, ada baiknya jika Mama dan Papa memastikan bahwa si kecil benar-benar menaruh perhatian pada kalian. Jangan menyampaikan dari jauh dan dengan berteriak karena hal itu benar-benar nggak efektif. Mama dan Papa bisa mulai berbicara saat si kecil benar-benar sudah menaruh perhatian.

2 dari 3 halaman

3. Katakan dengan Lembut

Sebisa mungkin, sebaiknya Mama atau Papa menyampaikan instruksi dengan nada yang lembut. Cara semacam ini akan membuat si kecil lebih mudah menerima instruksi yang diberikan. Boleh juga ditambahkan ucapan terima kasih di akhir pembicaraan, sebagai apresiasi karena si kecil sudah mau mendengarkan.

4. Hindari Kalimat Perintah Negatif

Ada yang bilang, semakin dilarang maka akan semakin dilakukan oleh anak. Anak-anak memang selalu penuh dengan rasa penasaran. Nah, jika Mama atau Papa ingin melarang mereka melakukan sesuatu, sebaiknya hindari penggunaan kalimat perintah negatif ya.

3 dari 3 halaman

5. Gunakan Cara yang Menyenangkan

Salah satu cara penyampaian instruksi agar diperhatikan oleh si kecil yakni dengan menggunakan teknik yang menyenangkan. Alih-alih menyampaikan dengan perintah yang terdengar kasar, Mama dan Papa bisa menyampaikannya lewat media boneka dan tentu aja pakai suara yang terdengar ramah yaa..


Nah, cobain beberapa hal tersebut deh Moms. Siapa tau, si kecil jadi nggak cuek lagi deh!

Beri Komentar