Mengapa Anak Sering Menangis pada Malam Hari?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 8 Maret 2024 16:43
Mengapa Anak Sering Menangis pada Malam Hari?
Berikut ini beberapa alasan anak kerap menangis pada malam hari.

Ketika anak kerap menangis pada malam hari, itu bisa menjadi hal yang melelahkan apalagi jika seharian ibu sudah capek mengurus anak tetapi di malam hari tidak bisa tidur nyenyak karena anak terus menangis.

Namun, perlu dipahami bahwa menangis adalah salah satu cara komunikasi yang normal bagi bayi dan anak kecil. Daripada terus mengeluh dan merasa lelah, mari cari tahu kira-kira apa penyebab anak suka menangis di malam hari. Berikut ini beberapa alasan yang mungkin jadi penyebabnya.

1 dari 5 halaman

Kelaparan atau Kedinginan

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona© pinterest.com/Sheila Williams

Anak mungkin menangis karena merasa lapar atau kedinginan pada malam hari. Terkadang, buah hati akan menangis jika merasa lapar saat tidur di malam hari.

Pastikan anak segera diberi makan atau susu yang cukup saat ia menangis di malam hari dan diberi pakaian atau selimut yang sesuai untuk mengatasi kondisi suhu dingin.

2 dari 5 halaman

Perut Kembung atau Kolik

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona© shutterstock

Perut kembung atau kolik bisa menjadi penyebab umum anak menangis pada malam hari. Ini terjadi ketika gas terjebak di dalam perut, menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Pijatan lembut atau menggendong anak dalam posisi yang tegak bisa membantu meredakan gejala.

3 dari 5 halaman

Kenyamanan Tidur yang Terganggu

ilustrasi bayi © Diadona©https://www.diadona.id / @ asiachiropractic

Anak mungkin menangis karena kenyamanan tidur yang terganggu, seperti popok yang basah, kurangnya kasur yang nyaman, atau gangguan tidur lainnya. Pastikan lingkungan tidur anak nyaman dan tenang.

4 dari 5 halaman

Sakit atau Ketidaknyamanan Fisik

ilustrasi anak menangis © Diadona© Shutterstock.com

Anak mungkin menangis karena merasa sakit atau mengalami ketidaknyamanan fisik, seperti gigi tumbuh atau infeksi telinga. Perhatikan tanda-tanda ketidaknyamanan atau sakit dan konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

5 dari 5 halaman

Kebutuhan Emosional

ilustrasi anak menangis © Diadona© Shutterstock.com

Anak mungkin menangis karena merasa takut, cemas, atau perlu diperhatikan secara emosional. Memberikan kasih sayang dan perhatian ekstra kepada anak pada malam hari bisa membantu meredakan kecemasan dan membuatnya merasa aman.

Ibu bisa tidur di samping anak jika ia menangis karena takut tidur sendirian seperti ini. Dampingi anak sampai ia terlelap kembali, kemudian anak bisa ditinggal lagi jika Mom memang sedang melatih anak untuk tidur sendirian.

Itulah beberapa alasan yang bisa menyebabkan anak kerap menangis di malam hari. Dengan mengetahui penyebabnya seperti ini, tangisan anak pun tidak akan berlarut-larut dan ia bisa kembali tidur lelap. Semoga ulasan ini membantu ya Mom.

Beri Komentar