5 Cara Mengatasi saat Ibu Merasa Kewalahan Mengurus Anak

Reporter : Riza Umami
Kamis, 29 Februari 2024 18:00
5 Cara Mengatasi saat Ibu Merasa Kewalahan Mengurus Anak
Merawat anak terkadang terasa begitu melelahkan, berikut ini beberapa cara mengatasinya.

Kehidupan sebagai seorang ibu dengan beberapa anak sering kali penuh dengan tantangan dan ada saja momen yang terkadang membuat ibu merasa kewalahan.

Menjaga anak-anak, melakukan pekerjaan rumah tangga, bekerja, dan memenuhi berbagai tanggung jawab lainnya sering kali dapat menimbulkan kelelahan dan stres.

Namun, penting untuk diingat bahwa merasa kewalahan adalah hal yang wajar dalam mengurus anak. Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk mengatasi saat Mom merasa kewalahan dalam mengurus anak-anak.

1 dari 5 halaman

Terimalah Perasaan Mom

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona© shutterstock

Langkah pertama yang penting adalah menerima perasaan Mom dengan tulus. Merasa kewalahan adalah reaksi alami terhadap tekanan dan stres yang ibu alami.

Jangan merasa bersalah karena merasa kewalahan, dan ingatlah bahwa Mom tidak sendirian. Coba komunikasi dengan pasangan, teman, atau keluarga tentang apa yang dirasakan. Terbuka tentang perasaan Mom dapat membantu mengurangi beban yang dirasakan tersebut.

2 dari 5 halaman

Ambil Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi Perempuan Membaca Buku © Diadona© Shutterstock.com

Meski terdengar sulit di tengah kesibukan yang luar biasa, penting untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Carilah momen-momen kecil di sepanjang hari untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dan melepas stres.

Ini bisa berupa meditasi singkat, main HP, menonton film atau sekadar berjalan-jalan di luar rumah. Memberi diri sendiri kesempatan untuk istirahat bisa membantu Mom melakukan pekerjaan rumah sehari-hari dengan lebih baik.

3 dari 5 halaman

Mintalah Bantuan

Ilustrasi Keluarga Kecil © Diadona© shutterstock.com/id/g/aslysun

Jangan ragu untuk meminta bantuan jika kamu merasa terlalu kewalahan. Banyak orang tua merasa bahwa mereka harus melakukan segalanya sendiri terutama mengurus anak.

Padahal tidak ada yang salah dengan meminta bantuan dari pasangan, anggota keluarga, atau teman-teman terdekat. Berbagi tanggung jawab dengan orang lain dapat membantu mengurangi beban Mom dan memberi waktu untuk merasa lebih seimbang.

4 dari 5 halaman

Tetapkan Prioritas

ilustrasi ibu dan anak © Diadona© Shutterstock.com

Saat merasa kewalahan, penting untuk tetap fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Buat daftar tugas yang perlu diselesaikan dan prioritaskan berdasarkan urgensi dan pentingnya.

Ingatlah bahwa tidak semua hal harus dilakukan dengan sempurna, dan kadang-kadang cukup baik sudah cukup. Tetapkan batasan untuk diri sendiri dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika ada sesuatu yang terlewat atau tidak sempurna.

5 dari 5 halaman

Beri Perhatian pada Kesehatan Mental dan Emosional Diri Sendiri

ilustrasi ibu sedih © Diadona© womensmentalhealth.org

Merawat kesehatan mental dan emosional Mom sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik. Carilah cara untuk merawat diri sendiri secara emosional, seperti melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menjaga pola tidur yang sehat.

Mom juga bisa berbicara dengan seorang profesional jika diperlukan. Ingatlah bahwa merawat kesehatan mental dan emosional diri sendiri adalah investasi jangka panjang dalam kesejahteraan Mom dan keluarga.

Beri Komentar