Memijat Bayi Sebenernya Penting Gak sih?

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 20 Juni 2020 09:37
Memijat Bayi Sebenernya Penting Gak sih?
Sering dapet saran, tapi sebenernya perlu gak sih?

Pengalaman pertama menjadi orang tua tentu terasa sedikit lebih berat bagi para pasangan. Hal itu wajar karena kita baru saja punya anak dan harus belajar lebih banyak lagi tentang cara mengasuh anak dengan baik.

Terkadang saran-saran dari keluarga terdekat akan mulai memenuhi pikiran kita. Biasanya tentang mitos hingga larangan-larangan yang harus kita hindari agar nggak membahayakan anak.

Tapi ada satu hal yang selalu disarankan oleh setiap orang tua sejak dulu yaitu memijat bayi. Entah dari mana datangnya kebiasaan ini tapi banyak orang yang menyarankan pada ibu baru untuk melakukannya entah sendiri atau meminta pertolongan ahli pijat.

Beberapa dari kita mungkin penasaran. Sebenernya penting gak sih kebiasaan memijat bayi yang sudah ada sejak dulu ini?

1 dari 4 halaman

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Dilansir dari Boldsky, tubuh bayi cenderung sangat lunak dan kita harus sangat hati-hari dengan apa yang kita lakukan padanya. Tindakan kita bisa sangat mempengaruhi perkembangan bayi.

Sementara soal memijat bayi, sebenarnya hal itu bukan sebuah keharusan. Semua kembali pada pilihan orang tua untuk melakukannya atau tidak. Meski nggak harus, kebiasaan ini bisa membantu membantun ikatan dengan bayi sehari-hari.

2 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Banyak masyarakat yang percaya bahwa pijatan dapat membantu perkembangan tulang, sirkulasi darah yang baik, dan pembentukan tubuh bayi. Tapi hingga saat ini nggak ada penjelasan yang membuktikan anggapan tersebut.

Manfaat dari pijatan yang dilakukan dengan benar oleh orang tua pada bayi adalah menumbuhkan ikatan yang baik di antara mereka. Selain itu pijatan juga bisa membuat tubuh bayi lebih rileks.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Bayi biasanya akan tidur lebih nyenyak setelah dipijat. Sama seperti orang dewasa, bahka bayi pun menikmati pijatan yang bisa membantu mereka menghilangkan stres. Tapi manfaat lain dari memijat bayi belum terbukti secara ilmiah.

Saat nggak dilakukan dengan benar, pijatan pada bayi mungkin bisa sangat berbahaya. Misalnya, bayi bisa saja merasa kesakitan saat kita atau orang lain salah memijatnya. Bahkan saat tangan kita nggak bersih, bisa saja bayi terkena infeksi dan bakteri.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Bersin © Diadona

Tapi jika kita masih ingin memijat bayi dengan benar, sebaiknya gunakan baby oil biasa dengan sapuan halus menggunakan jari-jari kita. Ingat! Nggak semua jenis minyak bisa digunakan untuk memijat bayi.

Jangan lupa untuk mengamati reaksi bayi saat kita memijatnya. Jika mereka terlihat kesakitan artinya kita harus berhenti melakukannya.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar