6 Hal yang Patut Dipertimbangkan Jika Orang Tua Berniat Mencari Babysitter bagi Si Kecil

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 19 Juni 2020 14:15
6 Hal yang Patut Dipertimbangkan Jika Orang Tua Berniat Mencari Babysitter bagi Si Kecil
Jangan asal pilih ya Moms..

Perkembangan zaman memang seolah mengharuskan kedua orang tua untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan. Hal ini kadangkala membuat orang tua mau tidak mau harus meninggalkan anak di rumah.

Ada beberapa pasangan yang bisa menitipkan anak di rumah kakek neneknya. Tapi ada juga yang tak ingin merepotkan dan lebih memilih menggunakan jasa baby sitter.

Jika memang Mama dan Papa ingin memanfaatkan jasa baby sitter, tentu aja nggak masalah. Tapi tentu ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan demi kenyamanan dan keamanan buah hati kalian.

1 dari 4 halaman

1. Pilih Rekomendasi dari Pihak Terpercaya

Ilustrasi Anak dan Pengasuh © Diadona

Jangan sampai kalian terjebak dengan baby sitter yang asal-asalan dan bisa membahayakan si kecil. Alangkah baiknya jika Mama dan Papa mencari baby sitter sesuai dengan rekomendasi orang-orang dekat atau bahkan langsung ke penyalur yang terpercaya.

2. Telusuri Riwayat Pekerjaannya

Saat hendak merekrut baby sitter, sebaiknya Mama dan Papa meluangkan waktu untuk bertemu secara langsung. Mama dan Papa bisa melakukan interview untuk mengetahui riwayat pekerjaannya, bahkan latar belakang sang pengasuh itu sendiri.

2 dari 4 halaman

3. Lakukan Tes Kepribadian

Ilustrasi Anak dan Pengasuh © Diadona

Jika sudah bertemu dengan orang yang tepat tapi masih ada keraguan, Mama dan Papa bisa melakukan tes kepribadian padanya. Mungkin tes semacam ini bisa meyakinkan kalian tentang bagaimana kepribadian calon pengasuh yang nantinya akan menjaga anak kalian.

4. Observasi Kinerja Selama 2 Minggu Awal

Saat baby sitter mulai bekerja, sebaiknya Mama dan Papa nggak langsung meninggalkannya berdua dengan si kecil. Observasi kinerjanya selama 2 minggu awal bekerja dan perhatikan interaksinya dengan si kecil.

3 dari 4 halaman

5. Diskusikan Aturan Kerja

Ilustrasi Ibu dan Anak, serta Pengasuh © Diadona

Aturan kerja sang pengasuh memang sebaiknya didiskusikan bersama. Jangan membuat kesepakatan sepihak yang bisa jadi justru berdampak buruk di kemudian hari.

6. Tetap Berikan Pengawasan

Meski sudah resmi bekerja, Mama dan Papa tetap bisa memberikan pengawasan. Perlu diingat bahwa sebaiknya kalian tidak menambah pekerjaannya di luar tugasnya sebagai baby sitter.

4 dari 4 halaman

Bagikan informasi mengenai anak selengkap mungkin, agar sang pengasuh tahu bagaimana harus bertindak. Yang nggak kalah pentingnya yakni sebisa mungkin buatlah baby sitter tetap nyaman berada di rumah.

Jagalah hubungan baik dengan sang pengasuh, karena bagaimana pun juga merekalah yang membantu Mama dan Papa untuk mengurus si kecil.

Beri Komentar