Gak Banyak yang Sadar, Ini Penyebab Kita Sering Gendong Bayi di Lengan Kiri

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 19 Juni 2020 15:37
Gak Banyak yang Sadar, Ini Penyebab Kita Sering Gendong Bayi di Lengan Kiri
Ternyata ada alasannya lho Moms!

Menjadi orang tua adalah pengalaman yang sangat berharga. Banyak juga yang menyebutkan hal itu sebagai sebuah petualangan di mana setiap hari kita akan belajar hal baru.

Bagi beberapa orang, anak bisa menjadi sebuah misteri yang perlu kita pahami dan pecahkan. Selama mengurus anak mungkin banyak kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul dalam diri kita. Hal itu seringkali menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kebiasaan itu bisa terjadi.

Salah satunya adalah kebiasaan kita menggendong bayi di lengan kiri. Mungkin kita mengira bahwa itu hanyalah bagian dari ketidaksengajaan. Tapi tanpa kita sadari, kita melakukannya karena ada alasannya lho!

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Dilansir dari Times of India, sebuah studi yang diterbitkan dalan Journal of Neuroscience and Biobehavioral Reviews mengungkapkan bahwa sebagian besar orang tua menggendong bayi mereka di lengan kiri. Kalau kamu juga melakukannya dan penasaran mengapa hal itu bisa terjadi, penelitian ini bisa menjawabnya!

Studi yang dilakukan di Jerman itu menemukan bahwa sebanyak 66% sampai 72% orang menggendong bayi mereka di lengan kiri. Hal ini sangat umum di antara mereka yang kidal.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Sementara alasan mengapa banyak orang yang melakukan hal itu juga telah terungkap. Dengan menggendong bayi di tangan kiri, tangan kanan bisa bebas melakukan pekerjaan lain. Dan karena 70% sampai 95% orang di dunia nggak kidal, maka kemungkinan dari hal ini semakin besar.

Terdapat 73% wanita dan 64% pria yang menggendong bayi mereka di sebelah kiri. Hal ini karena secara statistik lebih banyak pria yang mengalami kondisi kidal daripada wanita.

Alasan lain dari kebiasaan ini adalah emosi terutama diproses pada belahan otak kanan. Itulah sebabnya orang cenderung memindahkan bayi mereka ke bidang visual kiri mereka yang terkait dengan sisi otak kanan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Studi lain yang dilakukan pada tahun 1996 menemukan bahwa gendongan kiri memberikan umpan balik penting ke otak emosional ibu. Selain itu hal ini juga mengarahkan komunikasi ibu ke belahan kanan bayi. Itu dapat membantu dalam perkembangan bahasa anak sejak dini.

Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kebiasaan ini bisa disebabkan oleh keinginan untuk menjaga bayi kita agar dekat dengan jantung. Tindakan ini bisa lebih menenangkan bagi bayi.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar