Kapan Anak Perlu Minum Obat Cacing?

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 10 April 2021 07:37
Kapan Anak Perlu Minum Obat Cacing?
Yuk, ketahui apa yang bisa dilakukan untuk cegah anak dari masalah kecacingan.

Menjaga kesehatan anak adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Kita harus selalu memperhatian kondisi tubuh si kecil dan memastikan bahwa dia dalam keadaan sehat.

Sementara itu, kecacingan masih menjadi masalah yang terjadi pada anak-anak. Kita harus memerhatikan kapan waktu yang tepat bagi anak untuk diberi obat cacing.

Dilansir dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, hasil survei yang dilakukan Subdit diare pada tahun 2002 dan 2003 menunjukkan angka prevalensi infeksi cacing sebanyak 2,2%-96,3% pada 40 desa di 10 provinsi. Masalah kecacingan paling banyak terjadi pada anak usia 5-14 tahun.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Perlu diketahui bahwa penyakit kecacingan bisa ditularkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui makanan atau minuman yang tercemar telur cacing atau melalui tanah yang disebut soil transmited helminthiasis.

Gejala infeksi kecacingan bisa ringan hingga berat. Gejala umum yang biasanya terjadi adalah anak yang menjadi lesu, nggak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi.

2 dari 4 halaman

Infeksi cacing akan memengaruhi pencernaan, penyerapan, hingga pengolahan makanan. Akibatnya anak akan kehilangan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar.

Hilangnya nutrisi bisa membuat anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan serta penurunan prestasi belajar. Selain itu, anak juga berisiko mengalami anemia, diare dan gangguan respon imun.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Sakit Perut © Diadona

Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menuliskan bahwa Indonesia memiliki angka kecacingan yang tinggi yaitu sebesar 28%. Faktor-faktor yang memengaruhi hal tersebut adalah kurangnya kebersihan, sanitasi, pasokan air, kepadatan penduduk, dan tanah yang lembab.

Namun kita nggak perlu khawatir karena hal ini bisa dicegah. Kita bisa bisa menurunkan risiko kecacingan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Beberapa hal seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, rutin mengguntik kuku, menggunakan alas kaki, dan mencuci buah dan sayur sebelum dimakan bisa menjadi cara yang tepat untuk mencegah kecacingan. Selain itu, jika anak atau anggota keluarga menderita kecacingan maka disarankan untuk mengonsumsi obat cacing.

4 dari 4 halaman

Kapan anak bisa diberi obat cacing?

anak minum obat © Diadona

Setelah menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kita bisa melakukan pencegahan infeksi cacing dengan memberikan obat cacing pada anak. Kita bisa mulai memberikannya sejak anak berusia 2 tahun.

Pada usia 2 tahun biasanya anak sudah melakukan kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing. Pemberian obat cacing bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat cacing. Hal yang perlu kita perhatikan saat memberikan obat cacing pada anak adalah jika hasil pemeriksaan tinja ditemukan telur cacing atau cacing, anak mengalami gejalan anemia, serta gangguan nutrisi yang menyebabkan letih dan lesu.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

 

Beri Komentar