Kaki Si Kecil Bengkok ke Dalam? Gini Moms Cara Mengatasinya

Reporter : Sofi
Rabu, 29 April 2020 17:47
Kaki Si Kecil Bengkok ke Dalam? Gini Moms Cara Mengatasinya
Mesti hati-hati ya Moms!

Kondisi di mana bayi memiliki kaki yang mengarah ke dalam ini adalah clubfoot. Kondisi ini buat kaki bayi bengkok ke samping dengan jari-jari yang tampak melengkung. Bayi yang memiliki clubfoot ini adalah anak yang sehat, hanya saja memiliki kelainan bentuk pada kakinya.

Clubfoot ini gak menimbulkan rasa sakit kok Moms, tapi kalau gak diobati bisa membuat bayi berjalan secara normal. Dalam banyak kasus, kaki yang bengkok ke dalam ini mudah ditangani dan kebanyakan bayi gak mengalami efek jangka panjang dari kondisi ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Clubfoot © Diadona

Menurut Dimas Radithya Boedijono, Dokter Spesialis Bedah Orthopedi menjelaskan jika clubfoot ini adalah suatu kelainan bawaan lahir di mana kaki memutar di pergelangan kaki ke arah dalam yang membuat kedua telapak kaki saling berhadapan. Kasusnya sebanyak 50% pasien dengan kondisi ini, mengalami bilateral clubfoot yang artinya kedua-duanya mengalami kelainan.

Clubfoot bisa terjadi karena adanya kelainan pada otak, atau tulang belakang. Kelainan ini bisa diketahui sejak bayi masih dalam kandungan.

" Jadi, posturnya memang sudah seperti itu sejak masih di dalam perut," kata dr. Dimas.

2 dari 4 halaman

Kelainan pada bentuk kaki ini bisa diperbaiki dengan treatment tertentu sejak anak masih berusia satu tahun. Pemasangan gips diperlukan sebagai langkah awal treatment. Ini berfungsi untuk memperbaiki posisi kaki yang bengkok.

" Setelah posisi kaki normal, baru dipakaikan sepatu khusus. Jika tidak dipakaikan, posisi kakinya akan kembali ke posisi awal," jelas dr. Dimas.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Kaki Anak © Diadona

Proses penyembuhan gak cuman sampai di situ aja, anak harus menggunakan sepatu khusus sampai setidaknya masuk masa puber atau saat masa pertumbuhannya berhenti. Dilansir dari parenting.orami.co.id, dokter berasumsi jika proses pertumbuhan berhenti, maka gak akan ada lagi perubahan posisi kaki.

" Tapi tetap dilakukan observasi hingga dia dewasa. Jika tidak ada kelainan lain, club foot bisa normal seperti biasa," tambah dr. Dimas.

4 dari 4 halaman

Jadi kalau memang si kecil menujukkan tanda-tanda di atas, segera konsultasi bersama dokter yang ahli ya. Meskipun ga berdampak bagi kesehatan, tapi perlu diketahui jika ini akan mempengaruhi pada cara berjalan sang buah hati nantinya. Stay healthy ya Moms!

Beri Komentar