Anak Memiliki Kaki Berbentuk X atau O Kok Kelihatan Aneh, Mesti Gimana Nih?

Reporter : Sofi
Selasa, 28 April 2020 17:47
Anak Memiliki Kaki Berbentuk X atau O Kok Kelihatan Aneh, Mesti Gimana Nih?
Coba cari tahu dulu sebelum panik Moms!

Orang tua sering khawatir dengan bentuk kaki bayi seperti X, atau kaki O, hingga flat feet atau telapak kaki datar. Tapi jangan khawatir Moms, ini kondisi yang normal kok. Bahkan banyak anak punyak bentuk kaki O sampai umur sekitar dua tahun, dan kaki X hingga umur sekitar enam tahun.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari parenting.orami.co.id, menurut dr. Faisal Miraj, dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi, sebelumnya kita harus mengetahui bahwa kaki atau yang lebih tepatnya tungkai pada anak mengalami perubahan itu normal atau enggak. Sampai usia dua tahun, bentuk tungkai pada anak kebanyakan melengkung membentuk huruf O. Hal ini lebih banyak dipengaruhi oleh posisi janin saat di dalam rahim.

" Bentuk ini akan berangsur-angsur berkurang sejalan dengan mengencangnya urat-urat di sekitar sendi lutut dan melurusnya tulang kering," kata dr. Faisal Miraj.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak-anak © Diadona

Bahkan di usia 3-4 tahun menjadi melengkung keluar atau membentuk hirif X, yang biasa disebut kaki X. Kemudian bentuk ini akan bertahap sampai usia 6-7 tahun, dan setelah itu tungkai akan berangsur-angsung melurus kembali. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bentuk tungkai yang gak sesuai dengan siklus di atas. Atau kalau diperhatikan besarnya sudut kelengkungan cukup besar sampai bikin gaya berjalan aneh, juga apabila tungkai yang melengkung hanya satu sisi.

Untuk penanganan kelainan bentuk kaki ini, tergantung dari penyebabnya. Ada keadaan yang memperparah seperti obesitas, usia berjalan yang terlalu cepat, kelainan tulang yang menyebabkan tulang rapuh, atau kekurangan gizi (vitamin D dan C).

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Bermain Hujan © Diadona

Selain itu, besarnya sudut lengkungan juga mempengaruhi pilihan terapi seperti penggunaan sepatu khusus, yaitu sepatu brace. Biasanya digunakan untuk sudut kaki yang gak terlalu besar, dan bertujuan untuk mencegah kelainan menjadi semakin parah. Tindakan operasi diperlukan untuk sudut kelngkungan yang cukup besar.

Untuk mengetahui diagnosis anak lebih lanjut mengenai bentuk kaki anak ini, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatology khususnya yang sering menangani kasus ortopedi anak.

Gimana nih Moms, jadi jangan panik dulu ya. Kenali terlebih dahulu, dan konsultasikan pada ahli ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar