Jangan Sampai Terlena, Yuk Ajari Anak untuk Berhemat Sejak Dini!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 29 April 2020 13:15
Jangan Sampai Terlena, Yuk Ajari Anak untuk Berhemat Sejak Dini!
Jangan biarkan si kecil jadi manja dan suka foya-foya, ya..

Prinsip hidup hemat memang perlu dilakukan sejak dini. Prinsip hidup yang satu ini rasanya wajib dimiliki siapapun dari rentang umur berapa pun.

Mengajarkan prinsip hidup hemat pada si kecil memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan. Mama tetap perlu kesabaran dan ketelatenan ekstra, agar si kecil bisa meniru pola hidup hemat tersebut.

1 dari 6 halaman

1. Biasakan Memasak Makanan Sendiri

Ilustrasi Ibu dan Anak Memasak © Diadona

Memasak makanan sendiri di rumah adalah salah satu cara termudah yang kadang terlupakan. Membiasakan anak untuk selalu makan di rumah dengan menu yang sehat adalah salah satu cara untuk mengajarkan prinsip hemat pada anak.

Jika Mama terbiasa mengajak si kecil untuk makan di luar rumah, hal ini akan membentuk perilaku hidup boros di kemudian hari. Tapi bukan berarti Mama dan Papa menghindari mengajaknya makan di luar ya. Sesekali boleh, tetapi jangan terlalu sering.

2 dari 6 halaman

2. Batasi Jalan-Jalan ke Pusat Perbelanjaan

Mendatangi pusat perbelanjaan memang hal yang lumrah belakangan ini. Apalagi dengan adanya spot yang menyediakan hiburan bagi anak kecil, tempat perbelanjaan akan terasa begitu menyenangkan bagi si buah hati.

Tapi jangan sampai terlena ya, Mama tetap perlu menjelaskan tujuan mendatangi pusat perbelanjaan pada di kecil. Jangan sampai si kecil justru meminta ini-itu hanya karena tergoda dengan pemandangan di etalase yang begitu menarik.

3 dari 6 halaman

3. Hindari Terlalu Sering Memberi Hadiah

Ilustrasi Orang Tua Memberi Hadiah © Diadona

Beberapa orang tua menerapkan sistem rewarding atau pemberian hadiah pada si kecil, ketika ia berhasil mencapai sesuatu. Boleh saja kok Moms, tapi perlakuan ini pun sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan.

Bisa jadi anak akan berubah jadi manja dan selalu mengharap imbalan atas apa yang dilakukannya. Akan lebih baik jika Mama dan Papa memberinya hadiah jika si buah hati berhasil menunjukkan prestasi yang paling besar. Penting untuk diingat, bahwa pemberian hadiah ini sebaiknya selalu disesuaikan dengan perekonomian keluarga ya.

4 dari 6 halaman

4. Tidak Semua Keinginan Anak Harus Dituruti

Setiap anak pasti punya keinginan masing-masing dan setiap orang tua pasti berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut. Boleh saja, asal dengan melakukan hal tersebut kondisi finansial keluarga tidak terganggu.

Namun akan lebih baik jika Mama dan Papa tidak serta merta memberikan apa yang mereka inginkan. Ajarkan anak untuk hidup hemat dengan tetap sabar dan tahu mana yang harus diprioritaskan.

5 dari 6 halaman

5. Ajarkan Menabung

Ilustrasi Anak Menabung © Diadona

Yang satu ini adalah kunci paling jitu untuk mengajarkan anak berhemat, yakni dengan menabung. Mama tentu harus memberi contoh pada mereka, dengan melakukan hal serupa.

Agar si kecil bersemangat untuk menabung, Mama bisa mulai denga membelikannya celengan dengan bentuk yang lucu.

Beri Komentar