Jangan Dilarang, Baca Komik Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 16 Juli 2020 07:37
Jangan Dilarang, Baca Komik Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Anak
Ketahui manfaat membaca komik, Moms!

Siapa sih yang nggak suka membaca komik? Hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa pun masih gemar membaca buku cerita dengan gambar tersebut.

Sejak dulu banyak orang tua yang menganggap bahwa membaca komik bisa berdampak buruk pada anak. Hal itu biasanya karena anak yang keasyikan membaca jadi sering lupa waktu dan malas belajar.

Sesuatu yang berlebihan memang nggak baik bagi diri kita. Tapi sebenarnya jika dilakukan secukupnya, membaca komik itu punya banyak manfaat bagi anak lho! Dilansir dari Today.com, berikut manfaat membaca komik untuk anak.

1 dari 5 halaman

Menumbuhkan empati

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Gambar yang menarik memiliki efek cukup kuat pada diri anak. Seni dalam komik memudahkan pembaca untuk terhubung dengan karakter dan membayangkan bagaimana rasanya berada dalam situasi yang sama. Hal ini bisa membangun sikap empati dalam diri anak.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan minat membaca

Ilustrasi Anak Membaca © Diadona

Sebagian besar anak dan remaja bisa memahami dan mendiskusikan bacaan yang tingkatannya lebih tinggi di atas usia mereka. Kombinasi kata dan gambar dalam komik memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kegemaran mereka dalam membaca. Saat anak membaca cerita yang menyenangkan, lebih rumit, dan menarik, mereka akan termotivasi untuk membaca lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan kemampuan membaca

Ilustrasi anak membaca sambil tiduran © Diadona

Kemampuan membaca pada anak memang bukan indikator kecerdasan. Tapi dari pengalaman membaca komik dengan alur cerita yang lebih kompleks bisa membantu meningkatkan kemampuan anak dalam membaca. Hasilnya anak akan lebih terampil dan mudah memahami berbagai tema dan karakter dengan lebih cepat.

4 dari 5 halaman

Membangun kemampuan berpikir kritis

ilustrasi anak sekolah © Diadona

Membaca komik melibatkan lebih dari sekadar memahami kata dan gambar di tiap halaman. Membaca komik bisa membuat anak ikut memecahkan kode dan teka-teki dalam cerita yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian pun telah membuktikan bahwa membaca komik dapat membuat anak belajar dengan lebih baik.

5 dari 5 halaman

Lebih semangat membaca

Ilustrasi anak sekolah © Diadona

Sebuah penelitian menemukan bahwa komik merupakan jenis bacaan yang disukai oleh anak laki-laki maupun perempuan. Anak-anak cenderung semangat membaca komik karena nggak hanya tulisan saja, tapi juga terdapat visual menyenangkan di dalamnya. Bahkan penelitian juga menemukan bahwa anak sekolah menengah yang nggak tertarik membaca cenderung memilih komik sebagai bahan bacaan. Bagi mereka, format komik dianggap lebih menantang.

Itulah beberapa manfaat membaca komik untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Beri Komentar