Bener Nggak sih, Payudara Kecil Cuma Bisa Hasilkan ASI Sedikit?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Juli 2020 15:17
Bener Nggak sih, Payudara Kecil Cuma Bisa Hasilkan ASI Sedikit?
Apa bener?

Pernah nggak sih Mom mendengar mitos tentang payudara yang kecil akan menghasilkan ASI yang lebih sedikit dibandingkan payudara yang besar? Kira-kira hal tersebut benar atau enggak ya?

Mungkin hal itu akan menjadi kekhawatiran tersendiri untuk ibu. Lebih lanjut, mari kita mengenal tentang payudara terlebih dahulu. Dilansir dari laman klikdokter.com (11/04), payudara tersusun dari kelenjar penghasil ASI (alveoli) dan salurannya, jaringan lemak serta pembuluh darah.

1 dari 2 halaman

Dalam sel alveoli itulah tempat di mana ASI diproduksi. ASI yang sudah dihasilkan ini pun akan disimpan dulu dan nanti akan keluar saat dihisap bayi atau dipompa melalui saluran alveoli.

Itulah kira-kira bagaimana ASI bisa keluar dari payudara wanita. Kabar baiknya yaitu jumlah alveoli ini tidak bergantung pada ukuran payudara. Hal ini pun sudah dibuktikan dengan banyak penelitian. Dengan kata lain, payudara yang kecil tak akan memengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Yang mungkin terjadi adalah payudara yang besar memiliki tempat penyimpanan ASI yang lebih lebar tetapi itu sebenarnya juga bukan masalah karena tiap kali tempat penyimpanan ini kosong, syaraf akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memproduksi ASI kembali.

Jadi, Mom tak perlu khawatir tentang ukuran payudara karena tak akan memengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan. Itulah penjelasannya, semoga bermanfaat.

Disadur dari laman klikdokter.com (dr. Sepriani Timurtini Limbong)

Beri Komentar